Keselamatan selama berkendara di jalanan, memang menjadi tanggung jawab dari masing-masing pengemudi. Salah satunya adalah memakai kelengkapan seperti memakai helm, yang berguna untuk melindungi kepala dari benturan. Dari segi kaidah safety riding, helm merupakan komponen yang sangat vital. Wajar jika harganya terkadang lebih mahal dibanding aksesori keamanan lainnya seperti jaket dan protektor.

Saat membeli unit baru, pihak dealer biasanya memberikan bonus berupa helm dan jaket. Yang jadi permasalahan, barang yang ada terkesan apa adanya dan dari segi kualitas memang meragukan, utamanya adalah helm. Meski telah memiliki logo Standar Nasional Indonesia (SNI), tetap saja pelindung kepala tersebut terlihat ringkih meski secara fisik terlihat bagus layaknya helm kebanyakan.

Terlihat bagus tapi belum terjamin kualitasnya

Ilustrasi helm bawaan motor [sumber gambar]
Rata-rata, helm yang diberikan pada konsumen memang terlihat rapi dan bagus secara tampilan. Meski demikian, belum tentu terjamin secara kualitas meski ada logo SNI yang terpasang pada helm. Memang, masing-masing produsen motor memiliki kualitas yang berbeda antara satu dengan lainnya. Meski demikian, semua tergantung pilihan masing-masing.

Beberapa komponen terkadang masih belum terpasang dengan baik

Ilustrasi helm terlepas [sumber gambar]
Selain kualitas helm yang belum tentu terjamin, terkadang beberapa bagian seperti baut dan kaca tidak terpasang dengan baik. Meski terlihat sepele, hal semacam ini juga terkadang membuat orang meragukan helm yang diberikan. Selain itu, kenyamanan juga bakal terganggu karena beberapa fungsi yang seharusnya terpasang dengan baik, malah nantinya merepotkan saat digunakan berkendara.

Model helm diberikan seusai unit kendaraan yang dibeli

Ilustrasi helm bawaan motor [sumber gambar]
Unit kendaraan roda dua yang dibeli, menjadi tolak ukur dari helm dan jaket yang diberikan. Sederhananya, apa yang dibeli akan disesuaikan dengan helm dan jaket yang diterima. Contoh sederhananya, pembeli motor Scoopy tentu akan memperoleh jaket dan helm yang berbeda dengan mereka yang membeli kendaraan sport seperti Honda CBR 150. Sekali lagi, ingin memakai atau tidak, kembali kepada selera masing-masing.

Ada baiknya membeli helm baru demi keselamatan diri

Helm KYT DJ Maru half face [sumber gambar]
Jika masih ragu dengan kualitas helm bawaan dealer, opsi lain yang bisa dipilih adalah membeli unit baru. Salah satu rekomendasi yang bisa menjadi pilihan adalah helm KYT DJ Maru half face. Selain telah mengantongi sertifikasi SNI dan DOT, helm ini juga menggunakan material berkualitas tinggi. Untuk harga, biasanya dijual dikisaran Rp300.000. Untuk wanita, bisa mencoba KYT Hellcat seharga Rp330.000. Helm ini juga telah dilengkapi pelindung UV 380 dan antigores.

BACA JUGA: Helm Berbentuk Kepala Manusia Asli, Unik atau Mengerikan?

Semua memang kembali pada pilihan masing-masing. Jika merasa yakin dengan helm bawaan yang diberi setelah membeli unit kendaraan baru, ya silahkan saja. Namun jika masih ragu, ada baiknya membeli helm baru sesuai kebutuhan dengan kualitas yang lebih terjamin.