in

Haryanto, Supporter Bulutangkis yang Selalu Dukung Indonesia di Luar Selama 38 Tahun

Umumnya, cabang olahraga sepak bola selalu dikenal memiliki supporter yang sangat fanatik. Bagaimana tidak, bukan hanya berkorban waktu dan uang, tak jarang yang sampai mengecat tubuhnya hanya demi menunjukkan totalitas dalam mendukung timnya. Jadi bukan hal yang aneh kalau pertandingan olahraga selalu berlangsung panas, lantaran ulah para fans yang “membakar” semangat para pemainnya.

Namun siapa sangka, dalam cabang bulutangkis juga ada fans yang tak kalah “Edan”-nya. Bahkan dirinya sampai rela keluar banyak kocek hanya demi mendukung tim Indonesia ke luar negeri. Lalu setotalitas apa sih supporter bulutangkis itu? Kita bisa melihatnya pada sosok Haryanto di bawah ini.

Supporter paling setia yang dukung Indonesia di mana-mana

Mungkin bagi orang awam, nama Haryanto bukanlah sosok orang terkenal. Tetapi bagi atlet atau pencinta bulu tangkis, namanya adalah sebuah legenda. Bukan jadi pemain atau dewan pengurus, Haryanto hanya supporter biasa namun cinta mati dengan olahraga yang satu ini.

Haryanto [image source]
Ya, pria yang satu ini bisa dibilang jarang sekali absen saat ada pertandingan atlet Indonesia dengan negara lain. Lengkap dengan segala atribut nyeleneh khas Indonesia, Haryanto selalu berada di tribune paling depan. Bukan hanya karena dirinya cinta dengan bulu tangkis, namun juga demi negara Indonesia. Jadi bukan hal yang aneh kalau banyak orang menganggapnya sebagai legenda di dunia bulu tangkis Indonesia.

Tidak hanya di dalam negeri, di luar pun dirinya selalu hadir untuk Indonesia

Siapa sangka totalitas dalam mendukung kontingen Indonesia tidak hanya dilakukan di dalam negeri, namun saat bertanding di luar pun dia ladeni. Entah sudah terhitung berapa negara yang sudah dia singgahi hanya untuk mendukung para atlet Indonesia. Uniknya, segala biaya yang dikeluarkan tidak ditanggung negara atau pun pihak lain, melainkan dengan uang sendiri.

Totalitas saat mendukung [image source]

Ya, dengan menyisihkan hasil usahanya di Malaysia, Haryanto siap berangkat ke negara mana pun Indonesia akan bertanding. Entah sudah berapa banyak kocek yang dia keluarkan demi mendukung para atlet tanah air.

Selama 38 tahun berjuang, tidak selalu enak yang dirasakan

Meskipun mungkin sudah hampir 38 tahun mendukung Indonesia di luar, siapa sangka selalu ada saja kejadian tak mengenakkan yang sempat terjadi padanya. Misalnya saja dalam suatu pertandingan Haryanto sempat kehabisan tiket perjalanan, dan hampir saja membuat niatannya mendukung tim merah putih gagal. Beruntung dibantu PBSI, sehingga masih bisa berangkat ke negara tujuan.

Rela berkorban apapun [image source]
Dirinya juga mengaku sempat diusir pihak keamanan stadion, dihina oleh pendukung negara lain, hingga tidur di emperan toko karena tak bisa tidur di penginapan. Namun baginya itu semua memang pengorbanan demi mendukung tim tercinta.

Berkat totalitasnya, Haryanto mendapatkan hadiah tak terlupakan

Lantaran totalitas serta kesetiannya dalam mendukung tim merah putih di luar negeri, dirinya mendapatkan hadiah yang tak terlupakan. Bukan dalam bentuk uang atau pun penghargaan, namun Haryanto diberikan kesempatan untuk naik ke podium dan mengangkat piala yang berhasil didapatkan oleh tim Indonesia beberapa waktu yang lalu. Alhasil, banjir air mata pun sempat mewarnai aksi pengangkatan piala olehnya itu.

Kesempatan mengangkat piala [image source]
Selain itu PBSI juga sempat memberikan hadiah sebagai apresiasi terhadap segala jasanya atas bulutangkis Indonesia. Meskipun hanya sekedar raket serta baju timnas, namun hal itu bernilai sangat lebih di mata Haryanto. Diharap ke depannya pun dirinya dapat terus mendukung Indonesia.

Melihat kisah Haryanto ini, kita jadi tahu bagaimana totalitas para supporter saat mendukung timnya untuk berlaga. Rela mempertaruhkan waktu dan uang hanya untuk melihat Indonesia jadi juara. Sosok-sosok inilah yang sejatinya diperlukan, bukan hanya untuk penyemangat namun juga meningkatkan optimisme para atlet.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

Sempat Bangkrut 5 kali, Kuli Bangunan ini Akhirnya Mampu Beli Pulau Pribadi

Inilah 4 Pejabat dan Pemimpin Dunia yang Punya Cara “Edan” Buat Menghukum Para Pelanggar Aturan