in

Gundul Pringis, Hantu Kepala Menakutkan Si Penebar Teror

Gangguan Gundul Pringis [Image Source]

Tak hanya kaya akan sumber daya alam dan obyek wisata, Indonesia pun juga bejibun untuk urusan klenik, khususnya makhluk gaib. Kalau mau mendata nih, setidaknya ada puluhan jenis hantu di Indonesia. Masing-masing dari mereka memiliki ciri khas tersendiri serta daerah hunian. Tapi, meskipun berbeda, hantu-hantu ini memiliki kesamaan. Ya, apalagi kalau bukan keseraman yang dipunyainya. Hampir semuanya tidak ada yang menyenangkan.

Masih soal hantu, di Indonesia ada satu jenis dedemit yang dinamai dengan Gundul Pringis. Kamu mungkin jarang mendengarnya, namun yang jelas keseraman hantu ini sudah tersebar seantero Indonesia. Hantu ini bentuknya hanya kepala saja, namun sungguh menakutkan. Meskipun hanya bisa menggelinding di tanah dengan ekspresi mukanya yang penuh tawa, taruhan deh kamu bakal terbirit-birit ketika melihatnya.

Tak hanya punya bentuk yang bikin ketakutan, hantu ini juga sangat sering menganggu manusia. Lebih jauh soal si hantu fenomenal menakutkan, berikut adalah fakta tentang si Gundul Pringis.

Sosok Gundul Pringis

Gundul Pringis merupakan makhluk astral berwujud kepala manusia tanpa badan. Lengkap dengan mata, hidung, mulut, dan telinga. Namun ada tiga versi tentang model sosok ini. Versi pertama adalah makhluk ini plontos alias gundul. Versi kedua mengatakan makhluk ini ada rambutnya.

Sosok Gundul Pringis [Image Source]
Menurut versi lain makhluk ini bukan hanya kepala melainkan ada jeroan badannya. Gundul Pringis diketahui berasal dari golongan jin yang dipercaya paling dekat dengan manusia seperti kuntilanak, pocong, dan sejenisnya.

Ciri Khas Gundul Pringis yang Bikin Bergidik

Penampakannya sering terlihat sumringah, terkadang berekspresi marah. Memiliki julukan lain yaitu Ndas Glundung, Gulutuk Cengir, dan Gundul Ceringis. Lokasi keberadaannya diperkirakan ada di desa-desa, pinggiran kota, tempat sepi atau kosong, dan tempat-tempat yang dipenuhi pohon rindang seperti perkebunan bahkan pekarangan.

Ciri khas Gundul Pringis [Image Source]
Konon katanya, makhluk ini berbahaya karena bisa saja membuat orang yang diganggunya celaka. Kebanyakan cara mengganggunya adalah mengejar korban dengan menggelinding sambil cengengesan.

Rumor Mengenai Penampakannya

Wujudnya yang berupa kepala sering tanpa sadar dianggap sebagai buah kelapa. Di malam hari saat menakut-nakuti, makhluk ini jatuh dari atas dengan suara keras. Orang yang kebetulan lewat di dekatnya akan dibuat penasaran, kemudian mencari-carinya di kegelapan. Begitu ketemu dan dipegang barulah makhluk ini akan disadari wujud aslinya yang tiba-tiba menyeringai.

Rumor Mengenai Penampakannya [Image Source]
Rumor lain mengatakan bahwa jika makhluk ini muncul saat menjelang maghrib, biasanya menyamar sebagai ayam yang minta dikandangkan. Siapapun yang mengalami teror makhluk ini pasti terbirit-birit, bahkan tak sedikit pula yang jatuh pingsan. Dan bagi korban yang lari ketakutan, makhluk ini tak segan untuk mengejar.

Gangguan Gundul Pringis

Tak cukup sampai di situ kejahilan si Gundul Pringis.  Kabarnya, kehadiran makhluk ini bisa dirasakan saat mencuci piring di wastafel, akan terasa hembusan napas atau raba-rabaan di sekitar kaki. Saat berbaring, bayangan kepala plontos terlihat di sudut langit-langit rumah. Dan jika jatuh, sosoknya akan menggelinding bersembunyi di bawah rak atau kolong ranjang.

Gangguan Gundul Pringis [Image Source]
Mengenai tanda-tanda kehadirannya yang lain bisa berupa suhu tubuh meningkat menjadi panas disertai dengan telinga berdenging. Di kegelapan, kehadirannya akan tampak berupa sepasang sinar merah seperti sorot mata menyala.

Percaya atau tidaknya mengenai kebenaran eksistensi dan rumor makhluk semacam ini bergantung pada masing-masing orang. Namun sejatinya makhluk-makhluk astral yang mengganggu tidak akan mampu mempengaruhi manusia selama iman kuat dan akal sehat tetap terjaga. Keberadaan mereka cukup dianggap sebagai ujian Tuhan semata.

Written by Nikmatus Solikha

Leave a Reply

Adu Kuat Antara Militer Indonesia dan Australia, Siapa yang Lebih Sangar?

Larantuka, Kerajaan Katolik Satu-satunya di Nusantara yang Nyaris Dilupakan Sejarah