in

Cosplay Hingga Selfie Nicholas Saputra, Inilah 5 Hal Unik yang Mewarnai Pilkada 2019

Pesta demokrasi yang dilaksanakan selama lima tahun sekali ini memang membuat tegang banyak pihak, terutama yang maju sebagai calon wakil rakyat. Beberapa hari sebelum pencoblosan mereka diberikan hari tenang, agar bisa kembali fresh dan siap menerima –kemenangan ataupun kekalahan – pasca penghitungan suara.

Indonesia sendiri secara serentak melaksanakan pemilu, kemarin (17/4). Ada banyak sekali hal yang menjadi warna yang membuat gempar Indonesia, mulai dari peristiwa receh hingga nyawa yang melayang. Kepo enggak nih bagaimana keseruan pemilu 2019? Yuk, pantengin terus Boombastis.com.

Banyaknya TPS dengan tema unik nan mneggemaskan

Cosplay di pemilu [Sumber gambar]
Tak lengkap rasanya kalau pemilu Indonesia lempeng-lempeng aja. Setiap pemungutan suara pasti ada hal unik, salah satunya desain tempat pencoblosan yang mengusung tema tertentu. Di sejumlah tempat, semarak pemilu semakin terasa dengan cosplayer yang berkeliaran di arena pemilihan. Contohnya saja, beberapa foto dan video yang tersebar di timeline Twitter, di mana panitia dan pemilih memakai baju superhero. Seru nih pasti kalau melihat Thor atau Captain America nyoblos, awto minta foto dong pastinya.

Adanya sejumlah kerusuhan di berbagai tempat

Kerusuhan selama pemilu 2019 [Sumber gambar]

Jika di beberapa tempat aman damai sentosa, beberapa lapak pemilu malah diwarnai dengan kerusuhan. Miris sih, pasalnya yang menjadi penyebab timbulnya adegan yang bikin takut ini hanya karena hal sepele. Di Blitar misalnya, seorang warga membacok petugas KPPS karena menolak untuk celup jari di tinta ungu. Atau di Sampang Madura, salah seorang warga dari kubu 02 tertembak akibat adu mulut dengan kubu 01. Walaupun tak ada korban jiwa selama pemilu ini, tapi adegan baku hantam tersebut cukup membuat kita bertanya ‘kapan ya Indonesia selalu aman-aman saja?’

Nyoblos di Bantul bisa dapat dorprize cincin berlapis emas

Nyoblos dapat dorprize [Sumber gambar]
Enggak mau kalah dengan kedai makanan yang menawarkan diskon hanya dengan menunjukkan jari ungu bukti habis memilih, TPS di Bantul juga memberikan banyak hadiah dorprize kepada para peserta pemilih. Dilansir dari krjogja.com, hadiah yang disediakan bermacam-macam seperti, 5 buah cincin lapis emas, 5 buah kalung lapis emas, voucher makan gratis, dan bingkisan sembako. Salah satu warga mengatakan bahwa hadiah tersebut merupakan hasil sumbangan suka rela dari warga setempat. Ini namanya nyoblos sekalian menjemput rezeki, bosque.

Waria yang ‘ngambek’ karena dipanggil dengan nama aslinya

https://www.instagram.com/p/BwWB7-7nedi/?utm_source=ig_embed

Nah, kalau yang satu ini kocak nih. Salah seorang waria bernama Stefi, warga Kabupaten Mamasa, Sulawesi Selatan ikut berpartisipasi mencoblos di TPS dekat rumahnya. Uniknya, aksi kocak Stefi sempat menjadi pembicaraan warganet, mengapa? Ia dipanggil maju untuk memilih dengan nama asli alias nama KTP nya Rudi Wahyu, bukan Stefi. Sempat tak percaya, panitia berusaha meyakinkan bahwa yang mereka panggil adalah lelaki. Setelah bilang bahwa dirinya-lah yang bernama Rudi, Stefi baru dituntun masuk ke bilik pencoblosan, diiringi dengan gelak tawa teman-temannya.

Foto selfie Nicholas Saputra, satu-satunya hal yang menyatukan pemilu tahun ini

Foto selfie Nicholas Saputra [Sumber gambar]
Nah, yang paling bikin heboh adalah foto selfie Nicholas Saputra –dengan jari kelingking ungu – yang ia unggah di Instagram pribadinya. Terkenal tak pernah sekalipun menampakkan wajah di depan kamera, postingan itu dianggap sebagai catatan baru dalam sejarah. Foto keindahan alam yang biasanya hanya dikomentari oleh ratusan orang, kini dipenuhi oleh hampir 49 ribu netiyjen berbagai kalangan, dari artis, emak-emak, anak perawan, bahkan yang enggak atu sama si babang Nicho pun ikut nimbrung. Kalau kata Mbak Adinia Wirasti, selain pemilu 17 April adalah ‘Hari mengcapture ig Nico se Indonesia’. Sesuai janji, kini fotonya sudah dihapus, tetapi yang bikin gemas warganet adalah dijadikan sebagai avatar profilenya.

BACA JUGA: Tidak Kalah dengan 2014, 5 TPS di Pemilu 2019 Ini Juga Punya Konsep Unik dan Menarik

Yap, begitulah serba-serbi pemilu 2019 yang turut membuat heboh tanah air. Dari beberapa kejadian di atas mana nih yang paling akan melekat di hati? Kalau mimin sih pilih fotonya babang Nicho lah ya. mau itu dari kubu Pak Jokowi, Prabowo, Emak-emak, atau siapapun sepakat bersatu mengabadikan foto selfie itu dalam hape masing-masing.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Di Balik Kemeriahan Pilpres, Ada 5 Kisah Miris yang Terjadi di Beberapa TPS

Mengenang Arif Rahman Hakim, Mahasiswa yang Kematiannya Sanggup ‘Melengserkan’ Sukarno