in

4 Hal Unik yang Hanya Akan Kamu Temukan di Filipina, Salah Satunya Jual Ulang Puntung Rokok

Jika selama ini kita hanya membahas keunikan yang ada di tanah air, maka kali ini kita akan membahas yang yang nyeleneh dari negara lain, tepatnya Filipina. Filipina adalah salah satu negara yang dianugerahi bentang alam yang eksotis, pantai hingga perbukitan yang menjulang tinggi.

Tak kalah dari Indonesia, Filipina juga punya banyak budaya unik yang membuat mereka bangga akan hal tersebut. Namun, dari banyaknya adat yang ada, kali ini Boombastis akan membahas 4 ha yang akan mungkin selama ini belum pernah Sahabat semua dengar. Cekidot!

Kuburan gantung

Kuburan Gantung Filipina [Sumber gambar]
Di Indonesia sendiri, kita punya kuburan yang terletak di tebing dan Pohon Tarra. Tradisi seperti ini bisa kita temukan di Tana Toraja. Begitupun dengan Filipina, kamu bisa melihat kuburan gantung di pinggir tebing Lembah Echo, Pulau Luzon. Kuburan gantung ini adalah tradisi dari Suku Igorot dan sudah mereka lakukan sejak 2000 tahun silam. Menurut kepercayaan nenek moyang mereka, dengan menguburkan jasad di tebing-tebing, arwah orang yang meninggal akan cepat sampai surga. Cara ini juga melindungi jenazah dari serangan binatang buas dan banjir.

Bukit berwarna coklat yang masuk warisan UNESCO

Bukit Cokalat [Sumber gambar]

Sesuai dengan namanya Bukit Cokelat atau Chocolate Hills adalah perbukitan (bukit kapur) yang warnanya seperti cokelat, bukan terbuat dari cokelat ya. Luasnya sekitar 50 hektare, di sana kamu bisa menikmati pemandangan indah dengan jumlah keseluruhan bukit tersebut mencapai 1.260 buah. Terletak di kawasan Privinsi Bohol, Chocolate Hills ini dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia versi UNESCO. Berada di sini serasa lagi tamasya di negeri dongeng, Sahabat.

Restoran di bawah air terjun

Restoran bawah air terjun [Sumber gambar]
Kamu mungkin sudah sering makan di restoran, tapi pernahkah menjumpai yang lokasinya berada di bawah air terjun? Sebuah restoran di Filipina menawarkan sensasi makan yang luar biasa. Setiap pengunjung bisa merasakan gemericik air dan berkecipak di bawah genangan air. Terletak di Villa Escudero di San Pablo, Provinsi Quezon, Filipina, tempat makan ini menyajikan kuliner khas Filipina. FYI, Air Terjun Labasin sendiri sebenarnya air terjun buatan yang berasal dari Bendungan Labasin. Mengunjungi tempat tersebut pastinya membuat setiap pelancong ingin kembali lagi dan lagi.

Puntung rokok yang dijual kembali

Puntung rokok yang dijual ulang [Sumber gambar]
Jika tadi sudah melihat uniknya alam Filipina, sekarang ada hal yang enggak kalah nyeleneh yaitu puntung rokok yang bisa dijual ulang. Selama ini, para perokok hanya menghisap rokok mereka yang berisi tembakau, selanjutnya membuat ountungyang sudah tidak berguna. Nah, di Filipina limbah ini bisa dijadikan uang dan disulap menjadi produk bernilai tinggi. Pembelian puntung rokok ini merupakan inovasi dari Pusat Ekologi Metropolitan Otonomi Teluk Subic (SBMA).

BACA JUGA: 7 Fakta Unik yang Hanya Ada di Jepang

Keunikan-keunikan tersebutlah membuat Filipina menjadi tujuan banyak wisatawan seluruh dunia. Mengetahui perbedaan budaya di tiap negara memang bisa membuat kita takjub, ternyata ada banyak sekali hal yang Tuhan ciptakan indah di dunia ini, ya, Sahabat.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Mengenal Sepak Bola Api, Olahraga Ekstrem yang Digemari Para Santri

Hobi Gonta-ganti Gaya Rambut, Begini Transformasi Mahkota Lisa Blackpink dari Pradebut Sampai Sekarang