in

7 Hal Unik ini yang Pernah Dilakukan Astronot di Medan 0 Gravitasi

Video klip [image source]

Astronot sampai saat ini sepertinya masih menjadi pekerjaan yang menantang sekaligus menyenangkan. Siapa coba orang yang tidak ingin mencoba sensasi traveling ke luar angkasa yang katanya penuh dengan hal-hal mendebarkan? Siapa juga yang tidak penasaran kira-kira hal seru apa saja yang bisa di lakukan untuk menghabiskan waktu di medan tanpa gravitasi itu.

Apalagi melihat banyak fakta yang menyebutkan bahwa para astronot selalu saja menemukan hal baru untuk dicoba dilakukan sewaktu menjalankan misi. Hal tersebut yang ada malah membuat masyarakat penasaran untuk mencoba secara langsung. Dan berikut ini ada tujuh kegiatan atau hal-hal unik pernah dilakukan para angkasawan yang bahkan kita tidak pernah membayangkannya sebelumnya.

Menyelesaikan Triathlon

Siapa bilang astronot kerjaannya hanya tidur di luar angkasa? Buktinya mereka bisa sampai menyelesaikan triathlon atau olahraga yang meliputi berenang, bersepeda, dan juga sprint. Pada tahun 2007, Sunita Williams berhasil melakukan triathlon di luar angkasa yang dinamakan spaceathlon.

Olahraga [image source]
Astronot Amerika ini menggunakan sepeda yang sudah disediakan di stasiun ruang angkasa, serta perlengkapan treadmill, dan juga sebuah mesin yang bisa menstimulasikan seseorang berenang di lautan. Astronot wanita itu membutuhkan waktu selama hampir dua jam untuk melakukan hal itu. Wah daripada hanya memandang bumi dari kejauhan ide melakukan olahraga ala Sunita bagus juga.

Bermain air

Beberapa tahun lalu, astronot NASA bernama Steve Swanson, Gerst, dan Wiseman mencoba mempelajari fenomena permukaan air di luar angkasa. Kalian semua pasti pernah menyaksikan tayangan televisi tentang bagaimana air akan berubah menjadi serupa gelembung bila dikeluarkan pada medan tanpa gravitasi.

Bermain air [image source]

Itulah hal yang ditemukan oleh astronot-astronot tersebut. Mereka hanya menggunakan air minum yang kemudian berubah menjadi sebuah gelembung air besar dan melayang-layang. Kemudian mereka melemparkan kamera GoPro ke dalamnya untuk melihat seperti apa tampak visual lingkungan sekitar bila di lihat dari dalam gelembung air. Cukup menarik juga ya idenya.

Membuat video musik

Seorang astronot dari Kanada melakukan sebuah ide luar biasa saat misinya di 2013 lalu. Chris Hadfield ketika itu mencoba merekan sebuah video yang memperlihatkan dirinya bermain gitar sambil menyanyikan lagu milik David Bowie yang berjudul Space Oddity.

Video klip [image source]
Video karya Chris merupakan video musik pertama yang dibuat di luar angkasa. Karya yang kemudian disebar luaskan itu mendapatkan apresiasi positif dari David Bowie dan tentu saja banyak pujian dari netizen. Pantas saja jika setelah itu ada saja band luar negeri yang ingin membuat klip vdeo di luar angkasa, karena hal tersebut memang sangat memungkinkan.

Salat

Menjalankan misi keluar angkasa memang harusnya bukan menjadi penghalang bagi para astronot untuk beribadah. Itulah mungkin hal yang diingat oleh Dr. Sheikh Muszaphar Shukor, seorang astronot asal Negeri Jiran Malaysia. Ilmuwan ini pada tahun 2007 lalu berkesempatan melakukan penjelajahan ke luar angkasa bersama astronot asal Amerika dan Rusia untuk program kerjasama dengan Rusia.

Salat [image source]
Muslim ke sembilan yang berhasil terbang ke luar angkasa itu menghebohkan masyarakat dengan memposting video dirinya sedang melakukan salat. Dalam tayangan itu tampak Dr. Sheikh Muszaphar Shukor sangat berhati-hati dalam setiap gerakannya. Tidak sulit menurutnya untuk menjalankan salat di luar angkasa karena yang harus dilakukan hanyalah menghadap bumi dengan keyakinan dirinya sedang menghadap ka’bah.

Selfie

Ternyata tidak hanya kita di bumi saja yang gemar melakukan selfie, tetapi astronot-astronot juga tak mau kalah eksis ketika sedang melayang-layang di atas sana. Beberapa waktu lalu Nasa mengirimkan orang terbaiknya Reid Wiseman dan Alexander Gerst yang salah satu tugasnya adalah mengambil sebanyak mungkin gambar sebagai dokumentasi.

Selfie [image source]
Namun ternyata sang astronot tidak hanya ingin mengabadikan apa yang ada di sekeliling bumi, tetapi juga mengabadikan gambar diri sendiri dengan selfie. Ya meskipun wajah mereka tertutup helm luar angkasa khas itu, namun tetap saja astronot-astronot tersebut terlihat keren.

Foto bersama

Pada bulan April 2001 sebuah misi luar angkasa yang dilakukan oleh Expedition Two dan juga STS-100 membawa oleh-oleh yang tak biasa untuk rekan-rekannya di bumi berupa foto bersama. Foto tersebut memperlihatkan para awak kapal yang terdiri dari Kent V. Rominger, Yuri V. Lonchakov, Yury V. Usachev, Umberto Guidoni, James S. Voss, Jeffrey S. Ashby, Scott E. Parazynski, John L. Phillips dan Chris A. Hadfield, serta Susan J. Helms.

Foto bersama [image source]
Dalam gambar itu bisa dilihat bahwa sebelum melakukan sesi foto nampaknya mereka masih sempat berganti pakaian santai ala hawai. Beberapa diantaranya juga mengenakan kacamata hitam seakan mereka benar-benar sedang berlibur di tepi pantai. Benar-benar seru astronot ini ya.

Nonton film

Melayang-layang di luar angkasa dengan pemandangan sekitar hanya bumi dan bintang mungkin jadi hal yang sedikit membosankan bagi beberapa astronot ya. Misalnya saja sosok Michael Barratt yang secara khusus meminta tim NASA untuk menyiapkan laptop dalam kapalnya agar dia dapat menonton tayangan Star Trek favoritnya.

Star trek [image source]
Permintaan dari Astronot Amerika itu kemudian dipenuhi oleh timnya yang membutuhkan waktu kurang lebih lima jam untuk memastikan Michael Barrat benar-benar dapat menonton Star Trek. Mungkin film-film tentang luar angkasa ini jadi tontonan wajib para angkasawan agar bersemangat saat menjalankan misi ya.

Tidak seperti yang tertera di cerita-cerita film sci-fi yang memperlihatkan betapa seringnya astronot tidur dalam kapsul saat di luar angkasa atau betapa sibuknya mereka menatap monitor-monitor dalam kapal. Ternyata ada banyak hal seru yang juga bisa dilakukan sembari menilik bumi dari atas sana. Bagaimana dengan kalian? Tertantang untuk mencoba peruntungan menjadi astronot?

 

Written by Faradina

Leave a Reply

Hyperloop, Teknologi Transportasi Super Canggih yang Bakal Segera Dimiliki Indonesia

Kappa Makhluk Jepang

Kappa, Makhluk Mitologi asal Jepang Penguasa Perairan yang Tak Segan Memangsa Anak-Anak