Hal-hal supranatural di luar nalar memang telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia. Tak jarang, semua kejadian dan fenomena yang ada sering dikaitkan dengan kegaiban yang ada. Bahkan, para Presiden RI pun juga tak lepas dari sesuatu yang bersifat supranatural.

Salah satunya yang sempat menjadi perhatian adalah Pernyataan Sekretaris Kabinet Pramono Anung beberapa waktu lalu (15/2/2020), yang mengaku melarang Presiden Jokowi berkunjung ke Kediri. Tak hanya itu, beberapa Presiden RI sebelumnya juga kerap bersentuhan dan mempercayai dunia gaib. Selengkapnya, Simak ulasan berikut ini.

Sosok Presiden Sukarno yang kerap dikaitkan dengan hal-hal berbau mistis

Presiden pertama RI Sukarno kerap digambarkan sebagai sosok yang lekat dengan hal-hal berbau klenik. Mulai dari benda-benda miliknya seperti tongkat komando yang dianggap memiliki tuah tersendiri, keris, dan segala hal yang terkait dengan sosok sang Putra Fajar itu dianggap memiliki daya linuwih tersendiri.

Sukarno dan tongkat komando miliknya [sumber gambar]
Meski dianggap sebagai sosok yang memiliki ‘kesaktian’ oleh masyarakat yang mempercayainya, hal tersebut ditepis oleh istri ketujuh Sukarno, Yurike Sanger. “Benda keramat pun tidak pernah ada, saya tidak lihat beliau bawa benda keramat. Isu soal tongkat ajaib Bung Karno, itu saking rakyat itu terlalu memuji sehingga muncul perasaan itu,” jelasnya yang dikutip dari Monitortoday.com (28/10/2018).

Wilayah Kediri yang dianggap ‘angker’ oleh beberapa Presiden RI

Tagar #JokowiTakutKediri sempat menjadi trending topic di Twitter dan menjadi sorotan netizen Tanah Air. Sebabnya, Sekretaris Kabinet Pramono Anung sempat menyarankan agar Jokowi tak berkunjung ke Kediri. “Pak Kiai, terus terang saya termasuk yang menyarankan Bapak Presiden (Jokowi) tidak ke Kediri. Saya yang menyarankan,” kata Pramono yang dikutip dari Suara.com (16/02/2020).

Ilustrasi Kota Kediri [sumber gambar]
Usut punya usut, hal tersebut dipicu oleh mitos yang dipercaya oleh masyarakat sekitar bahwa presiden RI yang mengunjungi Kediri akan dilengserkan. Hal ini tak lepas dari kejadian di masa lalu, di mana presiden RI sebelumnya yakni Sukarno dan Abdurahman Wahid (Gus Dur), yang lengser tak lama setelah berkunjung ke Kediri.

Presiden Soeharto yang terobsesi dengan topeng Gajah Mada

Presiden Soeharto dulu sempat dikabarkan sempat meminjam topeng Gajah Mada yang disimpan di Pura Penopengan, Belah Batu, Bali, pada tahun 1967 silam. Benda keramat itu sendiri merupakan milik Aria Rohaya yang panglima perang Mahapatih Gajah Mada yang ikut menaklukkan Pulau Bali.

Presiden Soeharto dalam sebuah kesempatan [sumber gambar]
Menurut Arwan Tuti Artha dalam Dunia Spiritual Suharto yang dilansir dari Historia.id, topeng keramat tersebut disimpan selama seribu hari di Istana. Harapannya, tentu saja Soeharto bisa menggunakan kekuatan supranatural dari benda tersebut. Serupa Gajah Mada yang menyatukan nusantara. “Setiap malam doa khusus dilakukan menghadap topeng itu,” kata Khoon Choy Lee, duta besar Singapura di Indonesia pada 1970.

BACA JUGA: Menguak 4 Misteri Kesaktian dan Pusaka Soekarno yang Sangat Melegenda

Percaya atau tidak, yang jelas perkara gaib itu memang nyata adanya. Hal ini pula yang sempat melekat pada sosok Presiden RI dari masa ke masa dan menyertai perjalanan mereka sebagai pemimpin bangsa. Namun demikian, keberadaannya tentu tersembunyi dan disamarkan dari penglihatan manusia biasa.