in

Menyisir Rambut Murid dengan Ribuan Kutu, Guru SD Ini Banjir Pujian Netizen

Murid SD yang kutuan [sumber gambar]

Guru itu memang selayaknya menjadi panutan untuk para murid-muridnya. Seorang guru tidak hanya menjadi orang yang mengajar dan memberikan ilmu di bangku sekolah saja. Lebih dari itu, mereka adalah pengganti orang tua untuk para murid-muridnya. Terkait dengan peran seorang guru, belum lama ini terdapat sebuah video viral, di mana seorang guru di SDN 01 Suworejo, Karanganyar, menyisiri rambut muridnya yang penuh dengan kutu rambut. Video ini diunggah oleh guru yang bernama Zera Ayu Fatmawati, yang kemudian banyak mendapatkan tanggapan dari netizen.

Dalam video yang berdurasi lebih dari 3 menit ini, sang guru menceritakan dirinya saat mengajar murid kelas IV. Ia menemukan salah satu murid yang terus menggaruk kepalanya selama jam pelajaran. Saat ditanya, sang murid mengatakan kalau kepalanya gatal. Teman-temannya menyebut bahwa murid tersebut menggaruk karena kutu yang ada di kepalanya. Karena kepo, Zera langsung memeriksa, dan benar saja, kutu-kutu tersebut sampai keluar dari jilbab bahkan berjalan di baju muridnya. Saat jilbabnya dibuka, rambut si murid juga mengeluarkan bau yang apek. Di sekitar leher bagian bawah juga terdapat darah, karena gigitan kutu.

Murid SD yang kutuan [sumber gambar]
Prihatin dengan keadaan muridnya, Zera lalu mengajak guru yang lain untuk menyisiri kutu-kutu muridnya menggunakan suri (sisir kutu). Kutu tersebut diobati dengan kapur semut agar mati. Zera juga mengatakan kalau hampir di semua helai rambut muridnya tersebut terdapat telur-telur kutu. Dengan bantuan guru lain dan juga persetujuan sang murid, rambut murid tersebut dipotong pendek untuk mengurangi kutu-kutunya.

Zera Ayu Fatmawati [sumber gambar]

Orang tua sang murid sendiri tahu akan hal tersebut, akan tetapi saat ditanya, ia hanya menjawab bahwa orang tuanya tidak sempat memperhatikan karena sibuk bekerja. Sehingga dari hari ke hari, karena terus memakai jilbab dan lembab, kutu-kutu tersebut berkembang biak dengan pesat. Netizen yang melihat video ini pun mendadak kepalanya ‘langsung gatal’ karena kutu yang mencapai ribuan jumlahnya. Di akhir video, Zera memberikan semangat kepada sang murid.

BACA JUGA: Aksi ‘Curhat’ Guru Tentang Kelakuan Kocak Murid Ini Dijamin Membuatmu Senyum Sendiri

Tindakan guru-guru yang ada di SDN Karanganyar ini pun mendapatkan komentar positif dari netizen. Mereka mengatakan bahwa begitulah seharusnya peran seorang guru, peduli dan memperhatikan murid-muridnya. Ada pula yang berterima kasih kepada Zera dan temannya, karena sudah menjadi ibu guru yang sayang dan membantu muridnya yang mengalami kesulitan. Terima kasih Ibu Zera!

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Suster Rayap, Urban Legend yang Nyamar Jadi Perawat dan Dikenal Memakan Bayi Baru Lahir

Bikin Heboh, Wagub Jabar Sebut Poligami Bisa Jadi Solusi Atasi Peningkatan HIV/AIDS