in

Menguak Fakta Gunung Hejo, Titik Utama Penyebab Semua Kecelakaan di Tol Cipularang

Jalan masuk dan petilasan Prabu Siliwangi [Sumber gambar]

Sudah bukan rahasia lagi kalau Cipularang dinobatkan sebagai salah satu tol paling banyak menelan korban di Indonesia. Jalan yang menghubungkan Cikampek – Purwakarta –Padalarang ini selalu diwanti-wanti oleh para pengendara.

Jika dicatat dari awal korban meninggal, ada banyak sekali nyawa yang melayang sia-sia, terutama di ruas jalan Km 97-90 menuju Bandung. Nah, dari banyak cerita masyarakat konon ada kekuatan mistis yang melingkupi jalan tol ini. Pusatnya ada di Gunung Hejo, yang disebut penyebab semua kecelakaan yang terjadi.

Gunung Hejo adalah petilasan Prabu Siliwangi

Jalan masuk dan petilasan Prabu Siliwangi [Sumber gambar]
Bagi yang sering melewati tol ini, maka tidak akan asing dengan Gunung Hejo. Terletak di Km 97, Gunung Hejo sebenarnya lebih mirip perbukitan yang ada di sebelah kiri jalan dari arah Bandung ke Jakarta. Dikisahkan oleh sang juru kunci bahwa tempat ini dulunya pernah didatangi oleh Prabu Siliwangi saat sedang kalut karena kondisi Kerajaan Padjajaran yang semakin meredup. Prabu Siliwangi bertapa dan meninggalkan jejak berupa seonggok batu yang katanya menutupi lubang yang sangat dalam sekali.

Gunung Hejo dijadikan tempat ritual pemujaan

Dijadikan tempat mencari wangsit [Sumber gambar]

Untuk menuju Gunung Hejo, pengunjung bisa menaiki anak tangga yang letaknya di samping jalan tol. Menurut sang penjaga, di tempat petilasan Prabu Siliwangi didirikan bangunan yang mirip dengan makam sebagai pertanda. Tugu tersebut tertutupi oleh kain berwarna putih dan selalu dibersihkan oleh sang penjaga. Tempat tersebut sering didatangi oleh orang dari berbagai penjuru Indonesia. Mereka datang ke Gunung Hejo tak lain untuk meminta wangsit, selain berziarah.

Keanehan yang terjadi di Gunung Hejo saat tol dibangun

Jalan tol Cipularang [Sumber gambar]
Ketika awal tol Cipularang dibangun, pihak kontraktor sebenarnya bermaksud untuk membelah dan menembus Gunung Hejo. Anehnya,  Gunung ini tak bisa dirobohkan sekalipun sudah menggunakan alat berat. Akhirnya, mereka membuat jalan melingkar memutari gunung. Selama proses pembangunan, konon para pekerja juga sering melihat penampakan di daerah tersebut. Sang penjaga mengatakan untuk selalu hati-hati karena wilayah sekitar Gunung Hejo memang sudah dijaga sejak zaman dahulu.

Janji kontraktor yang telat direalisasikan

Kecelakaan di Tol Cipularang [Sumber gambar]
Dilansir dari tanahnusantara.com, salah satu penyebab sering terjadinya kecelakaan adalah janji para kontraktor yang telat mereka realisasikan. Pihak kontraktor berjanji untuk membuat akses jalan menuju ke petilasan Prabu Siliwingi. Nyatanya, mereka tidak pernah membuat jalan, sampai akhirnya ada kecelakaan yang disebut masyarakat sebagai tumbal. Setelahnya, barulah tangga menuju petilan itu dibangun. Hasilnya, sama saja. Tol Cipularang tetap tampak menyeramkan bagi para pengendara.

BACA JUGA: 5 Kisah Horor Bikin Merinding Ini Jadi Bukti Kalau Tol Cipularang Adalah Tempat yang Super Angker

Selain Gunung Hejo yang dianggap menyimpan banyak mistis, jalan di sekitar jalan memang menurun dan berbelok, sehingga para pengemudi harus super hati-hati. Ada atau tidaknya makhluk yang menghuni kawasan tol, harap sebelum bepergian lebih baik memanjatkan doa sebagai tameng dan perlindungan.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Korban Kecelakaan Malah jadi Objek Tontonan, Ini Jerat Hukum Bagi yang Melakukannya

Dianggap Lebih Makmur dari Indonesia, Begini Potret Kemiskinan di Papua Nugini