in

Heboh Emak-emak Menggoreng Pakai Tangan Kosong, Ternyata Ini Rahasia di Baliknya

Beberapa waktu lalu, ada sebuah video viral gara-gara kelakuan emak-emak. Bukan tentang kegilaannya di jalan raya, tapi dari cara menggoreng masakan. Ibu-ibu yang diketahui bernama Tante No’u tersebut menggoreng pisang dengan tangan kosong. Bahkan, tangannya terlihat baik-baik saja meski sudah dicelupkan berulang kali ke minyak panas.

Memang kalau fenomena satu ini sudah tidak asing lagi di mata kita. Sebab, sudah banyak orang yang menerapkannya terutama penjual gorengan dan semacamnya. Dari peristiwa satu ini biasanya orang-orang berpendapat kalau sebelum menggoreng, ada ritual-ritual tertentu yang dilakukan. Pembacaan mantra untuk kekebalan tangan misalnya.

https://www.youtube.com/watch?v=DSrM5JIAdC0

Padahal, fenomena unik satu ini bisa dijelaskan secara ilmiah Sahabat Boombastis. Orang-orang yang bisa melakukan aksi ‘debus’ satu ini ternyata telah melakukan percobaan kimia yaitu efek leidenforst. Secara garis besar, efek leidenforst menurut idntimes.com merupakan formasi dari pembatas gas antara permukaan panas dan cairan mendidih jika perbedaan temperaturnya cukup besar.

Menggoreng pakai tangan [Sumber Gambar]
Lalu untuk penjelasan ringannya adalah manusia dapat mencelupkan tangan ke cairan panas tanpa takut cedera. Disebabkan sebelumnya tangan telah dimasukkan ke air dingin. Nah, dengan cara itu, minyak hanya akan memanaskan air pada kulit dan kemudian mengubahnya menjadi uap. Nah, dilansir dari wikipedia.org, jika uap tersebut akan menciptakan lapisan pelindung yang mencegah cairan melakukan kontak dengan kulit. Jadi, orang-orang yang menggoreng dengan tangan kosong tersebut tak merasakan panas sedikitpun.

Celup tangan ke air dingin [Sumber Gambar]

Namun perlu kalian ketahui Sahabat Boombastis, jika fenomena satu ini hanya berlangsung singkat. Sebab, uap tersebut akan cepat menghilang setelah bersentuhan dengan minyak atau cairan panas. Sehingga bisa disimpulkan jika emak-emak atau bapak-bapak yang melakukan aksi tersebut melakukannya dengan gerakan cepat. Alhasil, tangan mereka tak terluka karena menyentuh minyak yang sudah meletup-letup tersebut.

Oleh karena itu, fenomena ‘debus’ mini ini sebaiknya jangan dilakukan sendiri di rumah. Jika kalian ingin mencobanya, harus ada ahli kimia atau orang yang berpengalaman untuk mendampingi kalian. Memang kelihatannya cukup mudah untuk menerapkannya. Namun hal ini sungguh berbahaya ketika dilakukan oleh orang yang tidak paham akan teori dari reaksi kimia tersebut.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Karyawan Ini Resign Seketika Karena Bendera RI Dilecehkan, Gimana Nih Pemerintah?

Bukan Penjara, Begini Cara Penguasa Zaman Dulu Menghukum Orang yang Membangkang