in

Tak Hanya Maradona, Pemain di Kompetisi Indonesia Ini juga Ciptakan Gol Tangan Tuhan

Kendati sudah menjadi momen yang usang dan telah terjadi bertahun-tahun lalu, gaung gol tangan tuhan yang diciptakan oleh Maradona terus saja bergema di telinga pencinta bola. Bahkan tak jarang jika ada pemain lain yang melakukan hal tersebut langsung dijuluki sebagai titisan sang legenda Argentina tersebut. Berbicara mengenai gol tangan tuhan rupanya pemain yang ada kompetisi Indonesia juga sempat menciptakannya.

Walaupun sebenarnya hal tersebut sangatlah dilarang, tapi tetap saja ada pesepakbola tanah air yang menjebol gawang lawannya dengan cara itu. Entah apa alasan mereka rela melanggar sportivitas, yang pasti banyak klub yang dirugikan oleh aksi nakal tersebut. Dan beginilah pemain-pemain itu menciptakan gol tangan tuhan.

Mengenang Gol Tangan Tuhan Maradona di Piala Dunia

https://www.youtube.com/watch?v=VEIUx1IPjgc

Sebelum menjadi momen epic layaknya sekarang, gol tangan tuhan yang diciptakan oleh Maradona pertama kali muncul di Piala Dunia 1986. Ketika Timnas yang menjadi korban aksi tersebut adalah Inggris. Berlaga di babak semifinal, mantan pemain Barcelona menciptakan gol tangan tuhan setelah menerima bola liar hasil umpan rekannya Jorge Valdano. Maradona yang kebetulan maju ingin meraih bola tersebut langsung saja melompat dan menyentuh bola dengan tangannya tanpa dosa sebelum mencipta gol. Kecepatan gerak yang ia lakukan membuat jebolnya gawang Inggris seperti terjadi lantaran sundulan kepala.

Berkat gol tangan tuhan Gonzales Arema memenangi pertandingan

Cristian Gonzales sempat ciptakan gol dengan tangan [Sumber Gambar]
Apa yang dicatatkan Maradona dengan tangannya, ternyata juga pernah dilakukan oleh Cristian Gonzales di pertandingan antara Bali United Vs Arema 2017 lalu. Kendati pada akhirnya menyangkal perbuatan tersebut, namun apabila kita melihat tayangan ulangnya begitu terlihat jelas pemain berjuluk El-Loco menggunakan tangan untuk menciptakan sebuah gol. Momen kontroversial itu terjadi ketika ada tendangan sudut yang dilakukan oleh salah satu punggawa Arema, lalu bola yang dikirim berhasil menciptakan kemelut. Nah, di saat bola memantul tidak teratur Gonzales yang berada di kotak penalti langsung saja mencoba menyambar dengan kepalanya, namun bola masuk dengan tangannya.

Gol tangan tuhan Diego Assis bantu Persela kalahkan Persija

Selain Cristian Gonzales, Diego Assis juga menjadi salah satu pesepakbola keturunan luar negeri yang menciptakan gol model ini di Indonesia. Ketika itu kreasi gol tangan tuhannya tercipta di pertandingan Liga 1 antara Persela Lamongan Vs Persija Jakarta. Di laga yang bisa dibilang berjalan sengit itu sebenarnya kedua tim bermain sama hebatnya. Namun berkat gol Diego Assis keadaan menjadi berubah dengan kalahnya tim ibukota di akhir laga. Cara legium asing ini menciptakan hal tersebut bisa dibilang unik. Pasalnya, sebelum gol terjadi ia terlebih dahulu melakukan tendangan salto, namun bola hanya membentur tiang. Di tengah keadaan rebound tersebut ia mendorongnya dengan tangan untuk masuk ke gawang Persija.

Aksi tangan Tuhan Firli Afriansyah harus berakhir nestapa

Dalam sejarahnya tidaklah semua gol tangan Tuhan yang tercipta lolos dari pengawasan wasit. Pada pertandingan antara Persebaya Vs Arema tahun 2015, cara membobol gawang lawan dengan hal tersebut malah berbuah hukuman. Saat itu aksi menciptakan gol dari Firli Afriansyah terciduk oleh pengadil lapangan. Padahal bila dilihat sepintas bola yang masuk gawang itu berbelok lantaran ada sundulan kepal. Kejadian tersebut pun akhirnya berbuah kartu kuning untuk pemain berperawakan besar itu.

Gol tangan tuhan memanglah sebuah momen yang membuat siapa saja disejajarkan dengan Maradona. Namun apabila melihat aturannya cara gol semacam itu sangat melanggar aturan. Bahkan bisa menyakitkan lawan yang terkena imbas dari hal tersebut. Semoga praktik macam itu tidak muncul kembali.

Written by Galih

Galih R Prasetyo,Lahir di Kediri, Anak pertama dari dua bersaudara. Bergabung dengan Boombastis.com pada tahun 2017,Merupakan salah satu Penulis Konten di sana. Lulusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Awalnya ingin menjadi pemain Sepak Bola tapi waktu dan ruang justru mengantarkan Ke Profesinya sekarang. Mencintai sepak
bola dan semua isinya. Tukang analisis Receh dari pergolakan masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Kenalan dengan Ceyco Georgia, Atlet Karate yang Mirip Vanesha Prescilla dan Melody JKT48!

Tenar Pada Tahun 90-an, Beginilah Kehidupan 5 Penyanyi Wanita Lawas Ini Sekarang