in

Gobang, Senjata Mematikan Asli Betawi yang Dipakai Para Jawara Silat

Senjata para jawara

Ragam budaya dan suku yang ada di Indonesia tidak hanya menghasilkan produk berupa kesenian, kerajinan, dan kuliner saja. Kebudayaan yang berkembang sejak ratusan atau bahkan ribuan tahun yang lalu juga menciptakan alat pembelaan diri berupa senjata yang digunakan untuk berperang atau melindungi diri sendiri dan keluarga.

Masing-masing daerah di Indonesia memiliki senjata khas yang dikenal sangat mematikan. Di Sunda, kita mengenal adanya kujang yang konon telah ada sejak era Prabu Siliwangi. Lalu di kawasan Kalimantan, ada mandau yang menjadi senjata khas dan sangat mematikan dari Suku Dayak. Selanjutnya, di Betawi kita mengenal gobang yang artikelnya lengkapnya bisa Anda baca di bawah ini.

Sejarah Persenjataan yang Ada di Betawi

Persenjataan di Betawi telah berkembang setidaknya pada zaman batu yang berlangsung 3500 tahun yang lalu. Pendapat ini bisa mencuat setelah beberapa arkeolog menemukan bukti di sekitaran sungai besar seperti Citarum dan Ciliwung. Dari zaman batu, senjata terus berkembang mengikuti kultur budaya masyarakat yang mulai modern dan mengenal banyak metode pembuatan senjata.

Golok Gobang [image source]
Sebelum Gobang digunakan sebagai salah satu senjata yang mematikan. Masyarakat Betawi masih menggunakan rotan, punta yang digunakan untuk menusuk, lalu cunrik yang berupa keris kecil seperti konde, hingga beliung gigi gledek yang berbentuk seperti kapak yang bisa digunakan untuk menyerang.

Senjata Khusus untuk Bacok dan Serangan

Seiring dengan berjalannya waktu, senjata yang ada di Betawi mulai berkembang sedikit demi sedikit. Pembuat senjata mulai memperhatikan efektivitas dan juga mudahnya penggunaan dari sebuah senjata. Dari sini mulai muncul senjata jenis baru berupa golok yang bisa digunakan sebagai senjata bacok yang ampuh dan memiliki kemampuan untuk merusak.

Senjata Khusus untuk Bacok dan Serangan [image source]
Penggunaan dari golok memang terbukti ampuh. Terlebih dalam melawan penjajahan Belanda yang ratusan tahun lalu menguasai Batavia. Namun, bentuknya yang terlalu panjang kadang membuat pengguna kesusahan. Bahan besi membuat senjata ini kadang terlalu berat sehingga kurang efektif untuk beberapa aktivitas penyerangan.

Pengguna Gobang di Masa Lalu

Kekurangan dari golok konvensional adalah bentuknya yang terlalu panjang. Dengan sedikit pemendekan, terciptalah gobang yang memiliki kemampuan sama. Senjata ini akhirnya dipakai oleh cukup banyak pejuang di Betawi untuk melawan para penjajah atau musuh yang ingin menjatuhkan maysarakat Betawi dan membuat mereka menjadi menderita

Pertunjukan silat [image source]
Hebatnya gobang dalam penyerangan membuat senjata ini mulai dipakai oleh banyak pihak. Beberapa yang terkenal sebagai pemakai dari gobang adalah Si Pitung yang sangat sakti dan membangkang pada Belanda. Selain Si Pitung, ada juga Bang Juned, Bang Murtado, hingga Bang Sabeni yang namanya juga harum karena memperjuangkan masyarakat Betawi hingga akhir.

Senjata Para Jawara yang Hebat

Dari nama-nama yang telah di sebutkan di atas, kita menjadi sangat tahu kalau senjata yang mematikan ini dipakai oleh jawara silat Betawi. Mereka menggunakan senjata ini bukan semata-mata untuk tampil keren atau untuk menindas. Mereka menggunakan gobang untuk berjuang habis-habisan dan mati-matian dalam memerangi Belanda yang sangat menyiksa masyarakat Betawi.

Senjata Para Jawara yang Hebat [image source]
Dari sini, gobang langsung terkenal sebagai senjatanya para jawara di Betawi. Dengan senjata yang memetikan ini, para jawara bisa melakukan banyak hal. Mereka tidak peduli dengan jumlah tentara Belanda yang banyak. Yang ada di pikiran mereka hanyalah bagaimana caranya bisa berjuang mati-matian dengan apa yang mereka miliki. Gobang cukup banyak membantu para jawara untuk menumpas banyak musuh dengan cepat.

Oh ya, gobang yang dimiliki oleh jawara biasanya dibuat dengan desain khusus. Pada permukaan logam atau pegangan biasanya ada ukiran atau motif khusus yang menandakan senjata itu milik siapa.

Demikianlah ulasan tentang gobang yang merupakan senjata para jawara Betawi. Kira-kira masyarakat Betawi sekarang masih melestarikan senjata yang unik dan penuh nilai perjuangan ini tidak ya?

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

7 Wanita Korea Selatan yang Cantiknya Bikin Pria Ampun-ampunan

Lamaran

Inilah Daerah-Daerah di Indonesia yang Memiliki Tradisi ‘Wanita Meminang Pria’