in

Mengenal Tren de Aragua, Gangster yang Punya Stadion Mewah di Penjara Padahal Rakyat Menderita

Venezuela memang pernah berjaya pada zamannya. Kekayaan sumber daya alam waktu itu membuat banyak penduduknya jadi hidup mapan. Namun sayang, semua tak bertahan lama karena kemiskinan datang dan rakyat hidup menderita. Bahkan sampai sekarang banyak yang hanya untuk makan sehari saja harus berjuang dengan sekuat tenaga.

Namun ternyata ada loh sekolompok orang di sana yang hidup mewah. Namun sayangnya kekayaan mereka dipakai untuk foya-foya, bahkan untuk bangun stadion mewah sendiri padahal yang lain menderita. Mirisnya lagi, uang yang mereka dapatkan berasal dari bisnis haram. Lalu siapa sih mereka ini? Biar gak pensaran simak ulasan berikut.

Geng Venezuela yang ketahuan punya stadion

Memang namanya gangster selalu jadi momok bagi masyarakat Venezuela. Seperti yang akhir-akhir ini terjadi, di mana para geng itu ternyata sudah punya stadion sendiri di penjara. Mereka adalah Tren de Aragua yang sudah tersohor di sana. Stadion yang dimiliki pun lumayan besar bahkan sampai terpantau oleh satelit.

Dikuasai geng [sumber gambar]
Dilansir dari laman Vice, para geng ini berkuasa di penjara layaknya mereka pengelolanya. Banyak hal yang diatur oleh geng Tren de Aragua, oleh sebab itu bukan hal yang aneh kalau di beberapa kamar ditemukan barang mewah. Hal ini membuktikan bagaimana besarnya pengaruh gangster di Venezuela.

Geng dengan anggota yang lumayan banyak

Penjara yang ada di kawasan Aragua itu sejatinya hanya dapat menampung 750 orang saja. Namun nyatanya ada sekitar 7000 tahanan yang ada di sana. Jadi bukan hal yang aneh kalau petugas di sana jadi kewalahan dan para geng pun jadi berkuasa. Tren de Aragua anggotanya berisi para napi, pengedar narkoba, dan bisnis-bisnis gelap lainnya.

Geng besar [sumber gambar]

Meskipun bisnis narkoba mereka tidak terlalu besar hingga jadi kartel, namun pengaruh mereka bisa sampai ke perbatasan Kolombia. Baik di dalam penjara maupun di luar penjara, geng ini bisa dibilang punya kekuasaan dan pengaruh yang amat besar. Sampai saat ini pemerintah setempat belum bisa menumpas para anggota geng yang ada di sana.

Banyak yang lebih nyaman tinggal di penjara

Kuatnya pengaruh dari gangster di penjara nyatanya malah bikin anggotanya lebih nyaman hidup di lapas. Dilansir dari laman Vice, penjara di Aragua sudah layaknya kota mini yang jadi surga para gangster yang ada di sana.

Stadion dalam lapas [sumber gambar]
Banyak fasilitas mewah yang bisa dimiliki di dalam dan tak harus susah payah untuk menyambung hidup seperti di luar. Adanya AC, TV satelit, dan fasilitas kesehatan membuat para napinya jadi betah. Bahkan ada desas-desus mengatakan kalau di Lapas Aragua ada kolam renang dan diskotik pribadi, namun sampai saat ini masih belum bisa dibuktikan.

Sebuah ironi yang ada di Venezuela

Keberadaan berbagai fasilitas mewah dan stadion ini sejatinya jadi sebuah ironi. Bagaimana tidak, stadion yang dimiliki para gangster ini ternyata dianggap lebih bagus dari pada milik klub profesional di sana. Belum lagi jika dibandingkan dengan kehidupan para penduduk Venezuela yang juga lumayan menderita.

Potret kemiskinan [sumber gambar]
Seperti yang diktahui kalau negara ini sedang menghadapi krisis yang amat panjang. Venezuela sampai sekarang mengalami devaluasi yang luar biasa sampai mengakibatkan kemiskinan. Dilansir dari laman BBC, bahkan ada warga yang sampai harus bertahan hidup dengan uang setara Rp18 ribu dalam sebulan. Hal itu tentu berbanding terbalik dengan glamornya para gangster di sana.

BACA JUGA: Dampak dari kemiskinan Venezuela, Tak Hanya Dirasakan Penduduknya Saja Tapi Juga Dunia

Adanya gangster yang hidup mewah ini tentunya sangat bertolak belakang dengan yang ada di sana. Hal ini sejatinya jadi pelajaran bagi kita, jangan biarkan kelompok yang ingin berbuat jahat dibiarkan begitu saja. Entah itu gangster, mafia atau pun koruptor, semua sama-sama merugikan negara.

Written by Arief Dian

Seng penting yakin.....

Chikhalar, Desa Kebal COVID-19 India yang Isinya Emak-Emak Bawa Tongkat Siap Pukul Orang Asing

Fakta Bendar, Desa Nelayan Terkaya dengan Rumah Super Mewah yang Sedang Viral