in

Hasilkan 248,5 triliun per Tahun, Raja Narkoba Asia Ini Kalahkan Kartel meksiko dan Kolombia

Jika selama ini gembong narkoba selalu diidentikan dengan kartel Meksiko atau Kolombia, ada baiknya jika melihat sepak terjang Tse Chi Lop. Warga negara Kanada kelahiran Cina itu merupakan buronan paling dicari di dunia karena sepak terjangnya sebagai sindikat bisnis narkoba terbesar di Asia.

Sebagai gembong yang paling dicari, sosok Tse Chi Lop termasuk dalam jaringan besar yang mengendalikan pasar narkoba di Asia Pasifik. Sepak terjang dan kekayaan yang dihasilkannya bahkan bisa disetarakan dengan Pablo Escobar, kartel legendaris yang ditembak mati pada 1993 silam. Lantas, seperti apa sepak terjangnya?

Menguasai jaringan obat-obatan terlarang di Asia Pasifik senilai Rp983 triliun

Jadi buronan yang paling dicari se-Asia [sumber gambar]
Nama Tse Chi Lop cepat melambung lantaran menguasai perdagangan narkoba di wilayah Asia-Pasifik. Menurut laporan Reuters, (14/10/2019) nilai pasarnya mencapai $70 miliar atau Rp983 triliun per tahun. Dominasinya yang kuat membuat dirinya menjadi incaran aparat penegak hukum internasional.

Mantan narapidana yang menjadi tokoh senior sindikat bernama Sam Gor

Paspor milik Tse Chi Lop [sumber gambar]
Warga negara Kanada kelahiran Cina itu merupakan mantan narapidana yang tinggalnya berpindah-pindah. Mulai dari Toronto, hingga ke sejumlah negara Asia seperti Makau, Hong Kong dan Taiwan. Saat itu, dirinya telah dimasukkan ke dalam dokumen penegak hukum di empat negara. Setelah diselidiki oleh Polisi Federal Australia (AFP), Tse diidentifikasi sebagai pemimpin senior sindikat yang bernama Sam Gor.

Salurkan narkoba dengan berbagai modus operandi

Narkotika yang berusaha diselundupkan lewat minibus [sumber gambar]
Sindikat Sam Gor pimpinan Tse termasuk kelompok yang rapi dalam menjalankan aksinya. Mereka biasa mendistribusikan narkoba lewat kapal penangkap ikan jarak jauh, diangkut dengan kendaraan, disembunyikan di kapal dengan kamuflase, dan bahkan diangkut oleh kurir menggunakan tas ransel yang berjalan menembus belantara hutan.

Diburu penegak hukum di empat negara karena sepak terjangnya yang meresahkan

1,2 ton metamfetamin didugs milik jaringan Tse Chi Lop disita oleh petugas [sumber gambar]
Sepak terjang Tse sebagai pengendali sindikat Sam Gor mulai dipantau oleh aparat hukum di sejumlah negara. Setidaknya ada empat kepolisian internasional yang mengincar dirinya, yakni Amerika Serikat, Kanada, Australia, dan Taiwan. Kantor Penegakan Kejahatan Narkoba PBB pun menganggap dirinya setara dengan El Chapo, atau bahkan Pablo Escobar.

Hasilkan keuntungan hingga ratusan triliun rupiah

Ilustrasi tumpukan uang [sumber gambar]
Tse Chi Lop yang saat ini masih dicari dengan status buronan internasional, mampu menghasilkan narkotika senilai $17,7 miliar (Rp248,5 triliun) per tahun dan meraup keuntungan sebesar $8 miliar (Rp112,3 triliun) setahun, dari total pasar narkoba Asia pasifik, mencapai $70 miliar atau Rp983 triliun per tahun. Tak heran jika sepak terjangnya ini mengalahkan kartel narkoba daratan Amerika yang didominasi kelompok Meksiko dan Kolombia.

BACA JUGA: Menguak Kisah Hidup El Chapo, Raja Narkoba Paling Berpengaruh di Dunia

Lewat sindikat Sam Gor, Tse Chi Lop sukses menguasai 40% pasar metamfetamin Asia-Pasifik. Organisasinya pun aktif dan tersebar di beberapa negara Asia Tenggara seperti Myanmar, Thailand, Australia, Selandia Baru, Taiwan, Jepang, hingga Cina. Pengaruhnya yang besar membuat dirinya sangat dicari dan masih berstatus sebagai buronan internasional hingga saat ini.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Rahasia Pengeras Suara Masjidil Haram yang jadi Rangkaian Sound System Terbesar di Dunia

Kisah Hu Hang Feng, Miliarder yang Sukses Hidup Rukun dengan 4 Istri dan 16 Selingkuhannya