in

Hanya Dipakai Mainan Bocah, 4 Fakta Gedebog Pisang yang Dijual Mahal di Luar Negeri

Bukan lagi rahasia kalau banyak barang yang bernilai ekonomi rendah di Indonesia, namun saat dijual di luar negeri bisa sangat mahal. Misalnya saja buah ciplukan hingga tampah alat dapur yang dipakai emak-emak, bikin melongo kalau lihat harganya di luar sana. Mau bagaimana lagi, pasalnya bagi mereka barang yang kita anggap remeh itu ternyata sangat berharga.

Beberapa waktu yang lalu, kejadian serupa terulang kembali. Batang pisang yang biasanya dianggap tak berguna di Indonesia, ternyata laku hampir Rp90 ribu di Amerika sana. Lalu benarkah itu dan kenapa bisa bisa begitu? Biar gak penasaran simak ulasan di bawah ini.

Gedebog pisang yang dijual mahal di Amerika

Memang tanaman pisang dikenal banyak mafaat, karena hampir semua bagian pohonnya bisa dimanfaatkan. Nah, netizen rupanya akhir-akhir ini sedang ramai membicarakan mengenai gedebog pisang yang dijual mahal di Amerika. Dilansir dari laman Detik, adanya supermarket AS yang menjual batang pisang dalam kemasan kecil dijual sampai setara dengan Rp85 ribu per bungkusnya.

Batang Pisang mahal [sumber gambar]
Bayangin saja, kalau satu batang utuh, bisa jadi jutawan dalam sehari kita ini. Padahal di Indonesia sendiri, batang pisang lebih seringnya dipakai sebagai perahu-perahuan atau mainan bocah lainnya. Wah, kalau melihat harga yang lumayan fantastis ini, jadi kepikiran bisnis batang pisang di Amerika deh kayaknya.

Kandungan pisang yang membuatnya diburu orang

Harga mahal yang dipatok oleh beberapa supermarket di Amerika itu sebenarnya mungkin masuk akal juga. Hal itu berhubungan dengan manfaat yang terkandung di dalam batang pisang itu sendiri, yang memang bagus untuk kesehatan. Batang pisang ternyata mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, tanin, gula, saponin, zat tepung, kalium, dan banyak lagi.

Banyak manfaat [sumber gambar]

Jika diolah dengan baik, tentunya banyak manfaat yang akan dirasakan oleh tubuh. Mulai dari melancarkan pencernaan, mengobati batu ginjal, mengontrol tekanan darah, kolesterol dan lain-lain. Bisa dibilang kalau batang pisang ini adalah obat alami bagi beberapa penyakit.

Jus batang pisang yang lagi ngetren di luar negeri

Mungkin hal lain yang bikin batang pisang ini jadi mahal dan ramai di luar negeri adalah tren jus. Ya, memang akhir-akhir ini banyak inovasi jus dengan bahan-bahan yang tak biasa namun bikin sehat, nah batang pisang adalah salah satunya. Di Youtube, kamu akan sering menemui tutorial jus batang pisang ini di kanal milik orang luar negeri.

Jus batang pisang [sumber gambar]
Ya, tren jus batang pisang ini memang lagi ramai karena mulai banyak yang sadar akan manfaatnya. Mirip dengan membuat jus biasa, batang pisang dipotong kecil-kecil dan dicampur beberapa sayuran sebelum diblander. Dilansir dari laman Detik, segelas jus batang pisang sangat disarankan ahli gizi karena memilki banyak manfaat dalam tubuh.

Kalau di Indonesia sudah dimanfaat kan sejak dulu

Berbeda di luar negeri, beda pula dengan yang ada di Indonesia. Nah, di negara kita rupanya gedebog pisang sudah dimanfaatkan sejak dulu oleh penduduknya. Sebagian dipakai sebagai mainan, namun juga sering diolah jadi sebuah masakan.

Sayur Ares [sumber gambar]
Misalnya saja masakan sayur ares khas Lombok, di mana batang pisang muda diolah dengan bumbu-bumbu dapur tradisional dan menjadi santapan yang enak. Ada juga Pa’Piong Bura’, batang pisang muda yang diolah dengan ayam khas tanah Toraja. Bedanya dengan yang di luar negeri, selain enak di Indonesia juga gratis karena batang pisang gampang ditemui.

BACA JUGA: Punya Pohon Pisang? Lakukan Teknik Ini maka Buahnya bakal Lebih Gemuk dan Manis

Tidak ada yang menyangka kalau batang pisang selain memilki nilai jual yang mahal juga banyak manfaat yang ditemui. Hal ini sejatinya jadi bukti kalau sebenarnya Indonesia itu kaya akan sumber daya alam. Kembali lagi semua tergantung kita bagaimana mau mengolahnya.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Mengintip Kerja Paksa Yatim Piatu Korut, Banyak Anak Dibawah Umur Bekerja untuk Negara