in

Menengok Sangarnya Garuda Select, Tim Merah Putih yang Beberapa Kali Kalahkan Klub Inggris

Melihat program PSSI mengirim para punggawa Garuda belatih di luar negeri, tentu bukan sebuah hal yang asing. Tercatat, hal tersebut sudah dilakukan lebih dari tiga kali. Mulai program Primavera (Italia),  Baretti, SAD (Uruguay), sampai terbaru Garuda Select yang mana bakat-bakat muda berbakat tanah air berlatih di Inggris. Bekerjasama dengan Supersoccer TV, mereka akan digembleng selama 6 bulan di negeri Ratu Elizabeth.

Tempat yang kita ketahui bersama adalah salah satu rumah dari sepak bola dunia. Kembali berbicara tentang Garuda Select, beberapa minggu di sana kesebelasan tersebut bisa dibilang tunjukkan perkembangan lumayan. Di mana kerap sukses catatkan hasil gemilang ketika bertanding dengan klub Inggris. Bahkan beberapa kali juga sukses torehakan kemenangan besar. Lalu, siapa sebenaranya mereka itu? Untuk mengetahuinya mari bersama simak ulasan berikut.

Skuad Garuda Select, kebanyakan adalah jebolan juara Piala AFF 2018

Mungkin untuk sebagain orang nama tim satu ini masihlah sangat asing di telinga. Apalagi dalam perjalanannya mereka jarang nonggol di tivi dan berlatih jauh di Inggris sana. Meski begitu, sebetulnya nama-nama yang mengisi skuad tim tersebut sangatlah familiar untuk kita. Yaa, mereka berada di sana merupakan alumni dari jebolan Timnas U-16 yang tahun lalu sukses menjadi juara AFF.

Pemain Timnas U-16 angkat Piala AFF [Sumber Gambar]
Seperti, Supriadi, Andre Oktaviansyah, Sutan Zico, Bagus serta Bagas Khafi, dan masih banyak lagi. Mungkin kalau ada tambahan satu sampai tiga orang saja. Skuad Garuda Select sendiri diambil dari proses seleksi yang melibatkan deretan pesepakbola muda yang ada di Elite Pro Academy U-16.

Selama 6 bulan mereka akan dikembangkan dari banyak aspek

Menurut Mirwan Suwarso selaku direktur pengembangan bisnis SuperSoccerTV, kabarnya selain Inggris, program ini juga akan dilakukan di beberapa negara Eropa lain seperti Jerman dan Italia. Dan hebatnya lagi mereka juga berkomitmen tinggi untuk hasilkan pemain berkualitas yang nantinya bisa diandalkan oleh Timnas Indonesia.

Para pemain Garuda Select berlatih [Sumber Gambar]

Tak ayal berkat hal tersebut, pemain-pemain muda tanah air yang di sana ditempa dengan secara profesional. Di mana skuad Garuda Select akan mendapatkan pengembangan dari banyak aspek. Misalnya, mendapatkan materi pembinaan usia muda melalui standar federasi sepakbola Inggris (FA). Lalu, juga di tingkat kemampuannya dengan memanfaatkan sport science. Hal yang tentunya bagus, lantaran bisa menunjang perkembangan pemain muda dengan baik.

Ditangani sosok jebolan Timnas Inggris dan klub Inggris

Selain hal baik seperti telah diungkap tadi, Garuda Select di Inggris juga dilatih oleh sosok yang sangat berpengalam di sepak bola. Bahkan bila dilihat riwayatnya, ada yang dulunya merupakan jebolan dari Timnas Inggris. Sosok tersebut adalah Dennis Wise dan Des Walker, yang menurut data dari laman PanditFootball, pesepakbola pernah bermain di Timnas Inggris cukup reguler, tidak sekadar numpang lewat.

Pelatih Garuda Select bermain di Timnas Inggris [Sumber Gambar]
Tidak hanya itu, dalam sejarah kariernya dua orang yang bakal menjadi pelatih dan direktur teknik tersebut, dulunya juga merupakan mantan pemain kesebelasan besar Inggris (Chelsea dan Nottingham Forest). Jadi tak heran kalau ke depan pemain-pemain muda di sana akan menjadi sosok lapangan hijau yang berkelas dan berkualitas.

Garuda Select sukses beberapa benamkan klub dari Negeri Ratu Elizabeth

Masih tentang Garuda Select. Selain berlatih di sana mereka juga jalani serangkaian pertandingan uji coba. Meski sempat terseok-seok di awal kedatangan, tapi pelan pasti Supriadi dan kawan-kawan mampu torehkan hasil kemenangan. Beberapa klub junior sekaliber Blackburn Rovers dan QPR berhasil dikalahkan dengan skor mencolok 4-0.

https://www.youtube.com/watch?v=o-PxudanBHw

Ngomong-ngomong soal catatan gol, ternyata kesebelasan tersebut sempat sukses torehkan kemenangan besar. Ketika itu melawan Tim akademi Macclesfield, Zico dan tim menuliskan hasil sangat positif dengan skor 8-1. Hebatnya, Supriadi berhasil menciptakan Hattrick dalam laga tersebut.

BACA JUGA: Membenarkan Nyinyiran Pedas Netizen Terhadap Kostum Baru Timnas yang Disebut Norak

Melihat apa yang ada di program tersebut, sepertinya kata luar biasa layak untuk disematkan untuk Garuda Select. Meski begitu, mereka (pemain muda) haruslah terus bekerja keras dan berkembang di sana. Besar harapan, semoga ke depan punggawa di Garuda Select bisa menjadi aktor lapangan hijau yang berkualitas dan hebat.

Written by Galih

Galih R Prasetyo,Lahir di Kediri, Anak pertama dari dua bersaudara. Bergabung dengan Boombastis.com pada tahun 2017,Merupakan salah satu Penulis Konten di sana. Lulusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Awalnya ingin menjadi pemain Sepak Bola tapi waktu dan ruang justru mengantarkan Ke Profesinya sekarang. Mencintai sepak
bola dan semua isinya. Tukang analisis Receh dari pergolakan masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Hanya dari Upah Ojek Online, 4 Driver Ini Mampu Wujudkan Mimpinya

Haka, Tarian Emosi Suku Maori untuk Mengenang Semua Korban Teror di Selandia Baru