in

Ironisnya Pinjam Meminjam Zaman Now, Si Empunya Utang Lebih Ganas dari Penagihnya

Membayar utang memang merupakan kewajiban dari setiap orang. Ya jelas saja, karena berhutang itu judulnya meminjam yang pastinya harus dikembalikan kepada si empunya. Beda lagi jika dari awal perjanjiannya adalah meminta, tentu yang memberi barang atau uang tidak berhak untuk menagihnya kembali.

Tapi zaman sekarang, orang-orang sudah banyak berubah. Di mana yang memberikan pinjaman lebih patut dikasihani daripada si penghutang. Contohnya seperti video yang diunggah oleh akun facebook Yuni Rusmini. Di sana terdapat dua video yang menayangkan betapa jahatnya si peminjam uang terhadap penagih.

Disebabkan dua video tersebut semuanya menggunakan Bahasa Jawa, jadi penulis akan menerjemahkannya. Kita mulai dari video pertama dulu ya. Orang yang ditagih adalah emak-emak. Ya Sahabat Boombastis tahu sendiri lah bagaimana sikap emak-emak kalau emosinya sudah berapi-api. Di sana, orang yang meminjamkan uang mencoba menagih si emak-emak karena utangnya tak kunjung dibayar selama empat bulan. Tapi si ibu bercelana pendek itu mengelak karena dirinya merasa sudah membayar meskipun baru Rp50 ribu. Akhirnya terjadilah percekcokan di antara mereka sampai mengeluarkan kata-kata kasar.

Di video kedua ada bapak-bapak paruh baya yang ditagih. Senada dengan emak tadi, si bapak juga enggak terima jika utangnya ditagih. Bahkan bapak berbaju putih ini langsung menantang si penagih untuk berkelahi. Namun istri dari bapak tersebut mencegah suaminya untuk bertengkar dengan penagih. Si istri langsung menyeret suaminya untuk masuk ke dalam rumah.

Utang wajib dibayar [Sumber Gambar]
Ya memang sih tidak ada ketentuan dari hukum tentang utang piutang. Bahkan orang yang berhutang pun dilindungi oleh salah satu pasal pada undang-undang. Yakni di Pasal 19 Ayat (2) Undang-undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia. Isinya adalah sebagai berikut “Tidak seorangpun atas putusan pengadilan boleh dipidana penjara atau kurungan berdasarkan atas alasan ketidakmampuan untuk memenuhi suatu kewajiban dalam perjanjian utang piutang.”

BACA JUGA : Menghadapi Nasabah ‘Ngelunjak’, Penagih Hutang Ini Diperlakukan Tidak Manusiawi

Tapi meskipun sudah dilindungi oleh undang-undang, tidak semestinya si penghutang berbuat kasar dengan penagih. Itu hak mereka yang harus dikembalikan oleh peminjam. Namun jika pada saat itu masih belum ada uang untuk dibayarkan, bisa dibicarakan baik-baik. Jangan menggunakan kata kasar supaya terbebas dari utang. Pasti deh kalau membicarakan dengan baik-baik, si penagih juga akan mengerti.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Tak Banyak Diketahui! Anak Diah Permatasari yang Sekolah Militer di AS Banjir Hujatan

Canggihnya InSight, Robot Terbaru NASA yang Bakal Bantu Manusia Tinggal di Planet Mars