in

Seperti Tak Ada Guna, Lekukan Atas Bibir Ternyata Punya Fungsi Mengejutkan

Setiap bagian tubuh mulai dari kecil hingga yang besar, pasti memiliki fungsi tersendiri. Namun apakah kalian pernah tahu fungsi dari lekukan di antara bibir dan bawah hidung? Sampai saat ini, banyak sekali orang yang tak tahu menahu apa guna dari lekukan tersebut.

Mungkin banyak dari Sahabat Boombastis yang menganggap kalau lekukan tersebut hanya sebagai hiasan. Ya bayangkan saja kalau tidak ada lekukan itu, mungkin wajah kita akan terlihat lebih aneh. Tapi, menurut beberapa ahli, lekukan ini ternyata punya fungsi dan mempunyai nama lho. Jadi, kita tidak menyebutnya dengan lekukan lagi nih.

Jadi tempat berkumpulnya titik wajah pada saat masih janin

Nama dari bagian wajah tersebut adalah filtrum. Ya, filtrum ini ternyata merupakan teka teki biologis bagaimana wajah kita terbentuk dari sejak dalam kandungan. Jadi bisa dikatakan, filtrum ini merupakan lokasi di mana titik muka kita berkumpul pada mulanya Sahabat Boombastis.

Titik awal pembentukan wajah [Sumber Gambar]
Nah, begitu juga dengan yang dijelaskan oleh Dr Michael Moslet di acara Inside Human Body. Ia menuturkan kalau filtrum merupakan tempat di mana semua bagian muka berkumpul. Lalu, seiring kita bertumbuh, maka pada akhirnya menyebar menjadi tiga bagian utama di wajah. Contohnya ya mata, hidung dan juga bibir.

Untuk memperindah senyuman

Lalu, filtrum juga memiliki fungsi yaitu memperindah senyuman kita lho. Coba deh bayangkan kalau kita tidak punya filtrum, maka mulut akan terlihat lebih besar dari yang seharusnya. Kemudian rahang juga lebih menonjol ke depan. Akibatnya, penampilan kita jadi tidak oke alias tak enak untuk dipandang.

Untuk memperindah senyuman [Sumber Gambar]
Tapi, untuk beberapa orang, ada juga yang mengalami hal seperti tadi Sahabat Boombastis. Dilansir dari laman Tech Insider biasanya itu terjadi lantaran penyebaran wajah dari filtrum yang tidak sempurna pada saat masih janin. Sehingga wajah menjadi tidak simetris seperti halnya orang yang mengidap bibir sumbing.

Sebagai pusat titik saraf yang terhubung ke hampir seluruh jaringan tubuh

Lekukan yang kalian remehkan, ternyata punya fungsi penting bagi kesehatan. Khususnya dalam dunia saraf dan akupuntur. Nah, dilansir dari laman idntimes.com, filtrum banyak digunakan untuk memanggil saraf-saraf yang ada di tubuh terutama pada bagian wajah Sahabat Boombastis.

Pusat titik saraf wajah [Sumber Gambar]
Ini bisa terjadi lantaran filtrum merupakan pusat dari semua bagian wajah pada awalnya. Sehingga tak heran, banyak saraf yang terhubung pada lekukan tersebut. Bagi kalian yang ingin membuktikannya, coba saja tekan dengan kuat filtrum orang pingsan. Dengan begitu, kita akan membantu kinerja otaknya menjadi normal kembali.

Jadi, bersyukurlah kalian karena adanya filtrum ini. Kalau kita tidak ada filtrum, kemungkinan besar wajah kita menjadi tidak enak untuk dilihat. Bahkan bisa dibilang, muka kita tidak akan terbentuk karena tak ada titik pusatnya. Nah, siapa nih yang baru tahu tentang fungsi dari filtrum ini?

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Bikin Geleng Kepala, Inilah 5 Rekor Pebulutangkis Indonesia yang Luar Bisa Hebat

Inilah Potret Serda Ambar, Pasukan Pengaman Presiden yang Bikin Netizen Gagal Fokus