Mengawali karir dari posisi paling bawah hingga akhirnya berhasil meraih puncak kejayaan, tentu menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi mereka yang pernah merasakannya. Hal inilah yang dulu sempat dilewati oleh pengusaha Fransen Susanto. Sebelum sukses dengan bisnisnya, siapa sangka jika Fransen sempat menjadi seorang petugas kebersihan.

Pengalaman hidupnya ini diceritakan pada vlog milik Boy William yang bertajuk ‘Rumah Konglomerat Asli Kayak Gini! Fransen Susanto #DibalikPintu’ yang tayang pada Kamis, (01/07/2020). Sebagai seorang pengusaha, Fransen tentu memiliki fakta-fakta yang menarik tentang dirinya. Selengkapnya, simak ulasan Boombastis berikut ini.

Lakoni pekerjaan sebagai cleaning service saat masih berada di Australia

Fransen Susnato saat berbincang dengan Boy William [sumber gambar]
Profesi ini dijalani Fransen selama bersekolah di Sidney, Australia. Selama di sana, ia harus bangun jam 05.00 pagi dan berangkat pukul 05.30 menggunakan kereta api. Sesampainya di tempat yang dituju, Fransen memulai pekerjaannya sebagai cleaning service di delapan rumah berbeda. Menurut Fransen, belajar dari posisi paling bawah tersebut merupakan hal terindah.

Sahabat baik sekaligus rekan bisnis artis Raffi Ahmad

Beri dua mobil mewah pada Raffi Ahmad [sumber gambar]
Fransen Susanto tak hanya dekat dengan Raffi Ahmad sebagai sahabat baik saja, tapi juga rekan dalam berbisnis. Dirinya merupakan eksekutif produser di RA Pictures milik Raffi Ahmad, yang telah merilis sejumlah film seperti Dimsum Martabak, Urband Legend, hingga 13: The Haunted.

Kolektor kendaraan mewah yang beri Raffi Ahmad dua mobil mewah sekaligus

Mobil koleksi Fransen Susanto [sumber gambar]
Dalam tayangan vlog bersama Boy William, Fransen juga memperlihatkan beragam koleksi mobil mewahnya yang terparkir di garasi. Beberapa dari kendaraan roda empat tersebut terdiri dari merek-merek kelas atas, seperti Rolls Royce, Aston Martin, Ferrari, Mini Cooper, dan Mclaren. Fransen juga pernah memberi dua buah mobil mewah pada Raffi Ahmad dengan total nilai Rp13 miliar.

Dikenal sebagai pengusaha sukses di bidang tekstil

Saat bersama Boy William [sumber gambar]
Selain dikenal sebagai Executive Produser di RA Pictures, Fransen juga dikenal sebagai pengusaha di bidang tekstil yang sukses. Semua hal tersebut kini bisa dilihat dari apa yang dimilikinya saat ini. Rumah yang besar dengan interior yang megah, koleksi mobil mewah, dan sebagainya. Meski demikian, Fransen memaknai kesuksesan tersebut dengan bijaksana.

Sosok bijaksana yang tetap rendah hati dalam memaknai kesuksesan

Sosok rendah hati yang bijaksana dalam memaknai arti sebuah kekayaan [sumber gambar]
Saat bersama dengan Boy William, Fransen sempat bercerita soal pengalamannya sebagai cleaning service di Australia. Tak lupa, ia juga mengungkapkan soal bagaimana dirinya memaknai sebuah arti kesuksesan setelah memiliki segalanya. Terutama soal kekayaan yang tidak bisa diukur dari nilai uang yang dimiliki.

BACA JUGA: 10 Potret Rumah Fransen Susanto, Sosok Sultan yang Pernah Beri Raffi Ahmad Dua Mobil Miliaran Rupiah

Sosok Fransen juga sempat menjadi perhatian netizen setelah sempat dikabarkan dekat dengan Ayu Ting Ting. Hal tersebut mencuat setelah keduanya terlibat dalam proyek film Dimsum Martabak (2018), dan mulai menyebar ketika rekan bisnis Fransen, Rudy Salim tidak sengaja menyebut kedekatan Fransen dan Ayu dalam sebuah acara TV beberapa waktu lalu. Meski demikian, Rudy enggan berkomentar soal hal tersebut.