Dulu sempat kalah populer dari BBM messenger, kini aplikasi WhatsApp justru jadi aplikasi chatting yang paling digemari ya guys. Ya, sebab selain mudah dioperasikan siapa saja, aplikasi WhatsApp terus menggembangkan fitur-fiturnya menjadi semakin canggih dari hari ke hari. Alhasil, kebutuhan dalam berkomunikasi dengan orang lain pun semakin mudah.

Fitur-fitur yang ada bisa dibilang sangat lengkap. Mulai dari fitur menjaga privasi, mengendalikan pemakaian data, hingga berupa-rupa trik chatting yang bisa membuat percakapan jadi seru. Meski semua fitur sudah ada, sayangnya tidak semua orang tahu cara mengaksesnya. Karena itu, Boombastis.com sengaja merangkum fitur-fitur tersembunyi WhatsApp sebagai berikut.

Membuat “Last Seen” tak terlihat

Last seen merupakan fasilitas yang membuat para pengguna WhatsApp bisa saling melihat waktu online terakhir masing-masing. Tapi bagi sebagian orang, khususnya mereka yang sibuk dan tak ingin diganggu, kadang merasa privasi terancam dengan fasilitas ini. Namun tidak perlu khawatir, kita bisa menyembunyikan last seen ini agar orang-orang tak bisa melihatnya.

Last seen

Caranya cukup mudah, yaitu pilih menu setting dilanjutkan memilih tab account and privacy. Setelah itu pencet “terakhir dilihat atau last seen”. Terakhir kamu tinggal memilih satu dari tiga pilihan. Pertama, pilih everybody untuk membiarkan semua orang melihat last seen. Kedua, pilih my contact untuk membuat hanya orang yang ada di kontak saja yang bisa melihat. Atau pilihan ketiga, nobody agar tidak ada satu pun orang yang bisa melihat informasi tersebut.

Membackup percakapan

Back up percakapan

Jika akun WhatsApp kamu sering digunakan untuk pekerjaan, pasti banyak chat penting terkait hal itu. Karenanya, beberapa orang butuh untuk mencadangkan percakapan sehingga saat berganti ponsel percakapan lama tidak hilang dan bisa dipulihkan Cara mencadangkan percakapan ini sangat mudah. Cukup membuka menu setting kemudian memilih chat dan chat backup. Setelah itu atur penyimpanan percakapan di Google Drive dengan memasukkan akun gmail. Selanjutnya, aplikasi secara otomatis akan membackup chat kamu dalam waktu tertentu. Keren bukan?

Mengontrol download data

Saat menggnakan aplikasi Whatsapp, biasanya kita mengikuti banyak grup. Dan umumnya, anggota grup sering mengunggah baik gambar, video, musik, dokumen, dan lainnya. Beberapa mungkin penting untuk kita, namun beberapa lainnya tidak penting. Sayangnya, pengaturan basic WhatsApp adalah otomatis mendownload semua data yang masuk. Untuk itu, kita harus mengubah pengaturannya menjadi download manual.

Mengatur download data

Kenapa? Agar kita bisa menentukan sendiri mana data yang perlu kita download dan mana yang tidak perlu. Untuk mendapatkan kondisi ini kamu bisa ke menu setting, pilih Data Usage, dan ubah pada tab unduh otomatis media sesuai keinginan. Di sini ada tiga pilihan mendownload otomatis yaitu when using mobile data (saat menggunakan data seluler), when connecter on Wi-Fi (saat tersambung Wi-Fi), atau when roaming (saat roaming).

Menyembunyikan tanda read

Laporan terbaca

Umumnya, saat kita menerima pesan dan sudah membacanya, tanda centang akan berubah warna dari abu-abu menjadi biru. Tapi ada saatnya, kita hanya ingin membaca pesan tanpa orang yang berkirim tahu kita sudah membaca atau belum. Keuntungannya, kita tidak perlu tidak enak jika tak langsung membalas pesan tersebut. Nah, untuk mendapatkan fitur ini kamu bisa masuk menu setting dilanjutkan account privacy. Setelah itu hilangkan centang  pada tab read receipts (laporan dibaca).

Memberi tanda bintang pada percakapan penting

Tanda bintang

Tanda bintang pada WhatsApp berfungsi untuk mengelompokkan chat penting dalam satu tempat. Misalnya di sebuah grup yang penuh dengan chat, kita hanya ingin menyimpan informasi di chat pada baris ke 98-100 saja. Fungsinya, agar kita lebih mudah mencari dan nggak perlu scroll ke atas maupun ke bawah. Cara untuk membintangi pesan adalah dengan memilih text yang akan dibintangi dilanjutkan pencet tombol titik tiga dan  tekan simbol bintang yang ada di samping tanda delete. Pesan yang kamu tandai selanjutnya bisa dilihat pada starred message alias pesan berbintang.

Menyematkan chat

Menyematkan chat

Kita pasti berkirim chat dengan banyak orang dalam sehari. Namun dari sekian banyak orang, pasti ada chat prioritas yang kita tidak ingin itu tenggelam. Misalnya chat dari ibu, dari atasan, atau bahkan dari kekasih hati. Untuk itu, kamu bisa tetap membiarkan chat orang yang kamu prioritaskan tersebut di bagian atas dengan cara membuatnya menjadi pinned chat atau chat yang disematkan. Nah, caranya mudah, kalian tinggal tekan dan tahan pada kolom chat orang tersebut lantas pencet lambang pin di bagian kanan atas layar aplikasi. Otomatis, chat orang tersebut akan bertengger di bagian atas apapun yang terjadi. Keren bukan?

Membuat GIF sendiri

Membuat GIF [sumber gambar]
Sejak bulan Januari silam, pengguna WhatsApp memang sudah bisa mengirim GIF. Banyak GIF yang telah disediakan WhatsApp dan kamu hanya tinggal memilih mana yang kamu suka. Tidak hanya itu, kamu juga bisa membuat sendiri GIF sesuai yang kamu ingini. Caranya seperti mengirim video biasa, hanya kalian perlu memotong atau nge-trim dulu video 1-6 detik. Sesudah dipotong, pilih tab untuk mengubah video menjadi GIF.

Fitur-fitur di atas bisa kamu gunakan agar WhatsAppmu bisa lebih melindungi privasi dan juga membuatmu percakapan sehari-hari jadi lebih seru. Saat ini, Whatsapp masih mengembangkan fitur-fitur lain yang bakal lebih memanjakan penggunanya dengan berbagai fasilitas modern. Wah, jadi nggak sabar nunggu ya guys.