Selamat datang Android 10! Ya, operasi besutan Google pada perangkat si robot hijau itu akan segera hadir tak lama lagi. Menggunakan nama Q, update sistem paling anyar tersebut dilaporkan akan meluncur pada 3 September 2019. Dilansir dari tirto.id, kabar perilisan ini datang dari dua orang agen independen untuk Google Support. Kehadirannya bakal memperbarui sistem sebelumnya, yakni Android 9 atau Pie.

Ada sejumlah fitur baru nan canggih yang bakal ditemukan pada Android 10, mulai Live Caption hingga Dark Theme. Namun pertanyaan yang paling penting adalah, kira-kira smartphone apa saja ya yang nantinya akan mendukung sistem operasi Android 10? Tentu Sahabat Boombastis penasaran bukan. Daripada lama-lama, yuk kepoin isinya di bawah ini.

Dark Theme yang mengubah tampilan Android menjadi lebih gelap

Fitur Dark Theme menjadi salah satu pembaruan yang disematkan pada Android 10. Menariknya, pengguna dapat mengubah tampilan antarmuka pada layar Android mereka menjadi gelap. Ada dua opsi yang berbeda untuk mengakses Dark Mode. Pertama, bisa menggunakan tombol pengaturan cepat tema Gelap yang beralih antara tema Terang secara default dan tema gelap baru. Kedua, bisa dengan menyalakan mode Battery Saver, yang secara otomatis mengaktifkan Dark Theme di Android 10.

Project Mainline

Project Mainline pada Android 10 [sumber gambar]

Keamanan juga menjadi fokus utama dari Android 10 lewat Project Mainline. Kelebihan dari sistem ini adalah, pengguna tak perlu lagi menunggu pembaruan melalui systems update yang disediakan vendor perangkatnya. Hal ini dikarenakan Project Mainline diunduh di latar belakang dari Google Play dan memuatnya setiap kali ponsel dinyalakan ulang. Nantinya, semua perangkat yang dapat menjalankan Android 10 akan mendapatkan Project Mainlin. Sipp, tambah aman nih hape…

Live Caption dan Project Euphonia

Dalam penjelasannya, Google menyebutkan bahwa Live Caption merupakan salah satu fitur terbaru pada Android 10, yang memungkinkan video yang diputar telah mendukung subtitle. Kemudian, fitur aksesibilitas terakhir yang masuk ke Android 10 adalah Project Euphonia, yang bertujuan untuk meningkatkan pengenalan verbal Android untuk memproses kata-kata yang diucapkan oleh pengguna dengan lebih baik dengan hambatan bicara.

Disiapkan untuk mendukung koneksi 5G

Ilustrasi koneksi 5G [sumber gambar]

Bersiap untuk kecepatan koneksi di era 5G, Android 10 memiliki beberapa trik khusus untuk mengakomodasi hal tersebut. Pembaruan dalam bentuk API, akan memungkinkan aplikasi mendeteksi tingkat koneksi dan latensi pengguna, serta mendeteksi jika koneksi diukur. Jelas, hal Ini akan memberikan pengembang kontrol yang lebih disempurnakan atas berapa banyak data untuk dikirim ke pengguna, terutama ketika mereka memiliki koneksi yang lebih buruk atau memiliki batas pengunduhan data.

Deretan brand smartphone yang mendukung Android 10

Deretan smartphone yang kebagian update Android 10 [sumber gambar]

Ada sejumlah brand ternama yang bakal kebagian untuk mencicipi Android 10 saat resmi diluncurkan nanti. Dikutip dari The Verge, beberapa smartphone itu di antaranya adalah Asus Zenfone 5z, Essential PH-1, HMD Global Nokia 8.1, Huawei Mate 20 Pro, LG G8, OnePlus OP 6T, Oppo Reno, Realme 3 Pro, Sony Xperia XZ3, Tecno Spark 3 Pro, Vivo X27, Vivo NEX S, Vivo NEX A, Xiaomi Mi Mix 3 5G, dan Xiaomi Mi 9. Kira-kira hapemu masuk kategori gak Sahabat Boombastis?

BACA JUGA: Jengkel Game Sering Nge-lag Saat Dimainkan? Inilah Penyebabnya yang Jarang Disadari

Siap-siap nih Sahabat Boombastis, Android 10 akan datang sebentar lagi. Kalau beruntung, smartphone milikmu bisa langsung melakukan update terbaru. Tapi jika tidak, tentu kamu harus sabar menunggu hingga sistem tersebut bisa menjangkau semua ponsel yang dianggap bisa menjalankan Android 10. Kalau masih enggak juga, ya beli baru lah..hehe..