in

5 Film Yang Menceritakan Sosok Guru Inspiratif

Up the Down Staircase (1967)
Up the Down Staircase (1967)

Tidak bisa dipungkiri bahwa figur seorang guru memang memberikan peran yang sangat berjasa dalam kehidupan semua manusia. Beliau mengajarkan ilmu untuk bekal hidup manusia termasuk kita dalam menatap masa depan. Guru yang menginspirasi dapat menjadi perbedaan bagi siswanya dengan memberikan dukungan dan suportivitas yang dibutuhkan oleh siswanya.

Ada beberapa kisah yang menceritakan perjalanan seorang guru digambarkan dalam film–film. Banyak guru dijadikan sebagai tokoh utama sehingga mampu menginspirasi banyak manusia di dunia. Berikut adalah 5 film tentang guru yang paling menginspirasi sepanjang zaman.

1. To Sir, With Love (1967)

Mark Thackeray (Sidney Poitier), seorang guru yang mengajar suatu kelas dimana kelas tersebut terkenal akan ketidakdisiplinannya di sekolah bernama East End. Ia mengharapkan hanya sebentar saja ia disana sembari menunggu pekerjaan yang lebih enak sebagai insinyur. Dia mulai menerapkan peraturan yang memaksa muridnya untuk memperlakukan dirinya dengan hormat.

To Sir, With Love (1967)
To Sir, With Love (1967)

Ia kemudian terlibat dalam kehidupan muridnya dan mulai mencintai muridnya. Film tersebut memiliki hubungan dengan hal-hal yang berkaitan diskriminasi baik ras maupun ekonomi. Film ini juga memenangkan penghargaan Grammy pada tahun 1968 sebagai Best Original Score Written untuk Motion Picture atau Television Show.

 2. The Great Debaters (2007)

Di urutan kedua yaitu film yang diangkat dari sebuah kisah nyata yang dialami Melvin B. Tolson. Film tersebut fokus pada kisahnya yang dimainkan oleh Denzel Washington untuk membentuk tim debat pertama di sekolahnya. Ia membantah pemikiran orang–orang bahwa tim debatnya tak sanggup menang melawan Harvard.

The Great Debaters (2007)
The Great Debaters (2007)

Washington memerankan perannya dengan bagus sebagai guru yang cerdas dan penuh semangat. Film ini masuk nominasi Golden Globe sebagai Best Motion Picture–Drama dan mendapatkan banyak penghargaan.

3. Goodbye, Mr Chips (1939)

Goodbye, Mr Chips mengisahkan tentang Charles Chipping (Robert Donat), pemuda yang pemalu dan menjadi guru di Brookfield. Suatu hari, Chopping menolong seorang anak di atas kereta dalam perjalanan menuju ke Brookfield. Namun, tangisan si anak malah membuat penumpang yang lain yang kebanyakan adalah muridnya, mengira ia adalah guru yang jahat.

Goodbye, Mr Chips (1939)
Goodbye, Mr Chips (1939)

Lantaran menyuruh anggota tim kriket sekolah tetap belajar saat pertandingan dan mengakibatkan sekolahnya gagal mendapatkan piala, akhirnya Chip pun dipecat. Chip kemudian pindah ke Wina dan bertemu dengan Kathy, yang memberikan perubahan dan menghilangkan sifat malunya. Ketika kepala sekolah Brookfield meninggal, Chip kembali lagi ke Brookfield untuk menunjukkan bahwa pemikiran orang–orang selama ini tentang dirinya adalah salah. Film ini berhasil memenangkan Oscar sebagai Best Actor di Leading Role.

4. Stand and Deliver (1988)

Edward James Olmo memerankan Jaime Escalante, seorang guru matematika yang mengajar di salah satu sekolah yang terancam ditutup lantaran akademiknya jelek. Escalante yang memiliki anggapan ‘tak ada murid yang bodoh’ memotivasi siswa–siswanya dengan belajar kalkulus. Ia mengambil metode pengajaran yang konvensional dan mengembangkannya untuk membantu muridnya belajar.

Stand and Deliver (1988)
Stand and Deliver (1988)

Namun sayang, saat siswanya berhasil lulus ujian, mereka justru dituduh berbuat curang dengan menyontek. Untungnya, ketika siswa-siswa tersebut disuruh mengulang ujian, mereka malah semakin tinggi yang menjadi bukti bahwa mereka tidak menyontek. Film ini masuk nominasi untuk satu Oscar dan dua Golden Globe sekaligus menyandang penghargaan prestisius lainnya.

5. Up the Down Staircase (1967)

Sandy Dennis bermain sebagai Sylvia Barret, guru yang ditempatkan di SMA Calvin Coolidge. Sekolah yang terletak di kota New York itu memiliki kondisi yang sangat memprihatinkan. Banyak jendela yang rusak, tidak ada kapur tulis, jumlah siswanya yang terlalu banyak untuk satu kelas, serta masalah administrasi sekolah yang cuma berpijak pada nilai siswa.

Up the Down Staircase (1967)
Up the Down Staircase (1967)

Dengan dedikasi yang menakjubkan dan kerja keras yang tinggi, Barret kemudian memenangkan hati para siswanya dan berhasil membuat mereka semua lulus dan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Film inipun berhasil menyita perhatian para penonton dan mendapatkan bermacam penghargaan.

Written by wahyu

Leave a Reply

Palau yang emiliki pantai yang indah

Palau, Negara Tetangga Yang Indah Tapi Jarang Diketahui Oleh Warga Indonesia

Dive Pramuka Emas 2011

7 Rekor Dunia Dari Indonesia