in

5 Fenomena Unik Sepanjang 2018 di Indonesia, Mana yang Paling Menggemparkan?

Sepanjang tahun 2018, banyak sekali peristiwa yang terjadi di negara kita ini. Salah satunya yang paling menjadi sorotan adalah fenomena unik di berbagai daerah di Indonesia. Mungkin Sahabat Boombastis juga setuju akan hal ini.

Peristiwa alam yang pernah terjadi di tahun ini kerap kali disangkutpautkan dengan kedekatan kiamat. Padahal, meskipun fenomena-fenomena ini tak terjadi, kiamat ya tetap akan datang. Toh, setiap hari waktu terus maju, bukannya mundur. Nah, apa aja sih fenomena-fenomena yang pernah menggegerkan Indonesia di tahun ini?

Hari tanpa bayangan yang hanya terjadi di beberapa tempat

Hari tanpa bayangan sebenarnya sudah enggak asing lagi di telinga kita. Tapi fenomena ini cukup cocok kalau dikategorikan sebagai peristiwa unik yang mewarnai tahun 2018 di Indonesia. Namun sayangnya, enggak semua kota dapat merasakan hari yang hanya terjadi dua kali dalam setahun ini. Dilansir dari laman cnnindonesia.com, tahun ini kota yang disambangi adalah Jakarta, Serang, Cirebon, Medan, Tanjung Pinang, Padang, Jambi dan berakhir di Kupang pada tanggal 20 Oktober.

Hari tanpa bayangan [Sumber Gambar]
Fenomena ini bisa terjadi bukan karena ada naga yang lagi makan matahari ya. Tapi, peneliti sains antariksa LAPAN, Rhorom Priyatikanto menuturkan kalau peristiwa ini dapat terjadi dikarenakan posisi matahari tepat berada di atas kepala. Sehingga tidak ada bayangan yang dihasilkan dari benda. Tapi kalau kalian ingin mencobanya, kudu cepat-cepat nih. Soalnya, kejadian ini hanya berlangsung selama 10 menit dan biasanya berakhir pada waktu dzuhur.

Likuifaksi yang sempat menghebohkan seluruh Indonesia

Masih lekat di ingatan kita tentang bencana tsunami yang menggulung Palu dan sekitarnya. Di mana semua orang sangat tak menyangka jika Palu dan kota lainnya terserang ombak besar lantaran tak ada tanda-tanda sebelumnya. Yang lebih menyakitkan lagi, banyak korban berjatuhan karena pemberitahuan datangnya tsunami telah dicabut oleh BMKG setempat.

Bencana likuifaksi Petobo [Sumber Gambar]

Tak berhenti di tsunami, kejadian lain juga sempat menghebohkan Indonesia. Tepatnya di Petobo, tanah seakan-akan ada yang menggerakkan dan merusak semuanya di sana. Bahkan, banyak orang yang hilang karena tertelan oleh tanah bergerak alias likuifaksi. Dalam sekejap, daerah yang awalnya asri dan dipenuhi oleh bangunan, akhirnya menjadi hamparan tanah kosong. Maka dari itu, banyak warga selamat yang memutuskan untuk hengkang dari sana karena dianggap kota tersebut sudah tak layak huni.

Empat matahari yang mencerahkan Riau beberapa waktu lalu

Berbicara tentang matahari, pastinya kita tahu kalau hanya ada satu untuk menyinari bumi. Tapi, hal ini langsung ditepis warga Riau tepatnya di Bulan Oktober lalu. Ada empat matahari yang tiba-tiba muncul menghiasi langit Riau. Jadi, warga setempat langsung saja mengabadikan momen yang bisa dibilang baru pertama kali terjadi di Indonesia.

Fenomena ini banyak menuai komentar dari para netizen. Namun yang paling banyak adalah jika kejadian ini berhubungan dengan pertanda kiamat semakin dekat. Padahal, empat matahari atau sun dogs ini merupakan peristiwa alam yang sangat wajar. Di mana cahaya matahari menembus sekumpulan kristal es di langit dan akhirnya terbias menjadi beberapa sinar.

Gunung Semeru ‘bertopi’ awan yang dianggap jadi penyebab banjir bandang di Malang

Beberapa waktu lalu, Malang diserang oleh banjir bandang. Akibatnya, beberapa ruas jalan terendam air dan ada mobil yang tenggelam karena derasnya banjir. Nah, penyebab banjir ini diketahui disebabkan oleh Gunung Semeru yang sedang ‘bertopi’ awan.

Gunung Semeru bertopi awan [Sumber Gambar]
Namun, fenomena menggemaskan ini nyatanya bukan jadi faktor penyebab banjir bandang kok. Awan tersebut mulanya berasal dari angin yang membawanya ke daerah pegunungan atau perbukitan. Lalu pergerakan dari angin akhirnya membelok dan mengikuti bentuk dari puncak gunung. Alhasil, awan pun berbentuk seperti topi yang melindungi kepala dari gunung. Pada umumnya awan ini disebut dengan lenticularis.

Suara misterius di langit Pekalongan yang diduga tiupan sangkakala pertanda kiamat datang

Fenomena aneh lain yang tak kalah menggemparkan adalah suara misterius di langit Kota Pekalongan. Sekitar pukul 01.00 WIB, terdengar suara yang mirip dengan bunyi pesawat perang di masa perjuangan kemerdekaan. Namun para warga Pekalongan yang mendengar merasa aneh dengan suara ini. Disebabkan tidak ada lampu berkelip layaknya pesawat yang sedang beroperasi. Jadinya mereka berpikir jika ini adalah terompet sangkakala yang ditiup malaikat sebagai pertanda kiamat.

https://www.youtube.com/watch?v=1t9VjXwjLsE

Teka teki suara misterius itupun akhirnya terjawab sudah. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan kalau suara itu berasal dari Pesawat Antonov An-12BP yang terbang dari Jakarta menuju Melbourne, Australia. Sehingga kita enggak perlu lagi deh bertanya-tanya dalam kalbu.

BACA JUGA : 12 Penampakan Awan Langka Akibat Fenomena Alam Yang Unik

Itulah deretan fenomena unik yang sempat menggemparkan Indonesia. Banyak di antaranya yang dianggap sebagai penyebab datangnya musibah. Namun setelah ditelusuri lebih dalam, ternyata hanya peristiwa biasa yang tak perlu dikhawatirkan. Tapi kita perlu tahu, kalau sebenarnya kejadian-kejadian di atas adalah kehendak Tuhan yang sedang menunjukkan kekuasaannya. Itu artinya, Tuhan hanya ingin menyuruh kita untuk mendekat dan mengingat-NYA terus menerus.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Kisah Mantan Badut Sulap Lulusan SMP yang Sukses Menjadi Miliarder Besar di Indonesia

Setelah Viral, Beginilah Kabar Pak Eko Polisi yang Jago Lempar Segala Benda