in

Fenomena Hewan Berputar Membentuk Lingkaran di Berbagai Belahan Dunia, Apa Sebabnya?

Fenomena hewan berputar melingkar

Ada banyak sekali tanda-tanda ‘unik’ yang diberikan oleh alam. Belum lama ini, sebuah video sekawanan domba di China yang berputar-putar membentuk lingkaran membuat geger warganet.

Aktivitas domba-domba ini terekam dalam CCTV yang membuat bingung para pemilik domba tersebut. Domba-domba ini bahkan terus mengulang aktivitas yang sama selama kurang lebih 12 hari tanpa henti. Kira-kira apa ya sebabnya? Simak dalam ulasan berikut ini ya!

Kawanan domba yang membentuk lingkaran selama belasan hari

Berdasarkan rekaman CCTV, domba yang berada di sabana Mongolia, China, ini telah melakukan ‘kegiatan berputar’ selama kurang lebih 12 hari. Selama proses memutar tersebut, tidak diketahui bagaimana cara para domba ini makan, minum, bahkan buang air. Dalam rekaman tersebut, awalnya proses melingkar ini dimulai dari beberapa puluh domba, yang kemudian mulai diikuti oleh domba lain. Hingga dalam satu lingkaran ada ratusan domba.

Fenomena hewan berputar melingkar
Domba melingkar di Mongolia [sumber gambar]
Netizen mengaku bahwa fenomena ini cukup aneh, karena memang tidak pernah terjadi sebelumnya. Tak heran kalau kemudian ada berbagai komentar terkait video yang viral dan dibagikan oleh People’s Daily tersebut.

Kawanan domba yang memasuki kawasan spiral hingga penyakit karena bakteri

Dari banyak komentar yang tersebar, sebagian netizen mengatakan bahwa para domba ini mungkin sedang memasuki lingkaran kematian, seperti yang kadang dilakukan oleh semut-semut. Ada pula komentar lain yang menyebut bahwa kawanan domba ini mungkin menderita ‘penyakit melingkar’.

Penyakit ini ada pada kondisi yang disebabkan oleh bakteri tanah yang menginfeksi bagian dari otak hewan, sehingga mereka akan melakukan perilaku aneh. Sedangkan menurut Matt Bell, kondisi ini adalah hal yang wajar dilakukan oleh domba yang sudah lama terkurung di dalam kandang. Sehingga mereka mungkin merasa frustrasi dan mondar-mandir hingga membentuk lingkaran.

Kejadian yang terjadi di berbagai belahan dunia

Nah, ternyata fenomena ini tak hanya terjadi pada kawanan domba di China saja, tetapi juga dilakukan oleh hewan-hewan di berbagai belahan dunia. Di Spanyol misalnya, sekawanan burung terbang dan membentuk lingkaran, terjadi dalam waktu yang cukup lama.

Di Meksiko, hal yang sama terjadi pada sekelompok ulat yang juga berputar di suatu tempat dan membentuk lingkaran seperti mengerubuti sesuatu. Selain hewan-hewan di atas, masih ada beberapa jenis hewan yang melakukan gerakan serupa, seperti sekawanan kuda, ayam kalkun, bahkan ikan yang hidup di kolam.

Fenomena yang dikaitkan dengan sistem 5G yang tengah dirintis saat ini

Beberapa fenomena hewan yang membuat lingkaran tersebut terjadi di sekitar bulan November 2022. Hal ini membuat netizen berspekulasi, bisa saja kelakuan hewan tersebut berkaitan dengan sistem 5G yang sedang gencar-gencarnya dikembangkan saat ini.

Fenomena hewan berputar melingkar
Fenomena hewan melingkar [sumber gambar]

Adapun gerakan melingkar seperti ‘thawaf’ ini merupakan salah satu mekanisme pertahanan diri dari bahaya yang mengancam. Karena bagaimana pun hewan merupakan salah satu makhluk yang sangat peka terhadap perubahan pada alam. Persiapan pembangunan sistem 5G ini juga disebut bisa membahayakan manusia, hewan, bahkan tumbuh-tumbuhan karena menimbulkan radiasi. Namun, masih belum ada penelitian yang pasti mengenai hal ini.

BACA JUGA: 4 Hewan Ini Terlihat Biasa Saja, tapi Ketika Ada Bencana Merekalah yang Pertama Tahu

Sampai saat ini masih ada banyak sekali pendapat yang menjelaskan tentang sebab perilaku aneh hewan yang berputar dan membentuk lingkaran tersebut. Mulai dari karena penyakit sampai dengan efek dari pengembangan sistem 5G yang memberikan efek radiasi lebih besar.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Negara daftarkan kebaya warisan UNESCO

Singapura dan 3 Negara ASEAN Akan Daftarkan Kebaya Jadi Warisan UNESCO, Indonesia Tak Ikut

Aksi lucu Pak Basuki Menteri PUPR

Aksi Lucu Pak Basuki Menteri PUPR, HP Jadul sampai “Cosplay” Berbagai Profesi