in

Farel Prayoga, Pengamen Jalanan yang Jadi Penyanyi Viral dan Bikin Istana Bergoyang

Ada yang unik dengan upacara peringatan HUT RI ke-77 di Istana Negara kali ini. Seorang anak mampu membius presiden dan tamu undangan dengan suara emasnya. Sosok itu adalah Farel Prayoga.

Penyanyi cilik yang sedang viral dan digandrungi publik ini, tampil menyanyikan lagu Ojo Dibandingke. Presiden pun terlihat sangat terhibur dengan penampilan Farel. Ia juga membuat para menteri ikut joget bersamanya. Berikut profil hingga kisah menarik seputar Farel Prayoga.

Asli dari Banyuwangi

Farel Prayoga [sumber gambar]
Farel Prayoga lahir dan besar di Desa Pundungan, Kecamatan Srono, Banyuwangi. Penyanyi kelahiran 8 Agustus 2010 ini adalah anak ketiga dari empat bersaudara. Ia memiliki seorang kakak perempuan, seorang kakak, dan adik laki-laki. Farel saat ini berusia 12 tahun dan masih duduk di bangku kelas 6 SD Kepundungan 2, Banyuwangi.

Seorang pengamen jalanan

Farel Prayoga saat menyanyi di jalanan [sumber gambar]

Sebelum dikenal banyak orang, Farel pernah menjadi pengamen jalanan. Setiap pulang sekolah, Farel dan ayahnya, Joko Sutoyo, menyanyi di jalanan. Bernyanyi di bawah terik matahari, justru ia sukai karena bisa mendapatkan uang. Farel sudah menjadi pengamen jalanan sejak 2020. Kemampuan bernyanyinya adalah bakat yang terus diasah oleh sang ayah. Tak hanya di jalanan, Farel juga bernyanyi di hajatan.

Viral setelah nyanyikan Ojo Dibandingke

Farel Prayoga tampil di Istana Merdeka [sumber gambar]
Awal mula nama Farel viral di media sosial adalah ketika dirinya sukses membawakan cover lagu Ojo Dibandingke. Cengkok khas Banyuwangian dari suara Farel menambah nyawa dalam lagu tersebut. Sosok Farel semakin dikenal saat ia berduet dengan penyanyi Yeni Inka, membawakan lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet. Lagu itu telah ditonton 28 juta kali di kanal YouTube Aneka Safari Record.

Farel tampil memukau di Istana Negara

Farel Prayoga pukau Presiden Jokowi [sumber gambar]
Pada 15 Agustus 2022, Kementrian Sekretariat Negara Republik Indonesia mengundang Farel untuk bernyanyi di Istana Negara. Momen tak terlupakan saat Farel tampil di depan presiden adalah ketika ia mengganti lirik lagu Ojo Dibandingke. “Ku berharap engkau mengerti di hati ini hanya ada Pak Jokowi,” itulah lirik lagu yang disambut sorak sorai tamu undangan dan senyum sumringah Presiden Jokowi. Bahkan sang presiden meminta Farel menyanyikan lagu Joko Tingkir.

BACA JUGA: Kisah Wahyu Selow, dari Tukang Cat Hingga Penyanyi Viral yang Lagunya Dicover Via Vallen

Meski terkenal di usia muda, Farel tak lantas berpuas diri. Ia terus fokus meningkatkan bakat menyanyinya. Kini ia tergabung dalam manajemen milik seorang penyanyi sekaligus komposer asal Banyuwangi, Wandra. Jokowi juga berpesan kepada Farel untuk tetap mengutamakan pendidikan.

Written by F A Agustina

Bikin Netizen Terharu, Ini 4 Fakta di Balik Paskibra dengan Pakaian Berlumur Lumpur

Harusnya Memberantas, Plot Twist Kasat Narkoba Karawang Ditangkap karena Edarkan Ekstasi