in

Mulai Fakultas Kopi Hingga Meme, Inilah 5 Jurusan Kuliah Kekinian yang Diusulkan Jokowi

Dikenal sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki banyak peluang besar di berbagai bidang. Khususnya pada sumber daya alam seperti kelapa sawit dan kopi. Dilansir dari tirto.id, presiden Joko Widodo secara khusus mengusulkan agar institusi pendidikan mulai membuka jurusan baru yang membidangi hal tersebut.

Jurusan yang diusulkan Jokowi adalah fakultas kopi dan kelapa sawit. Di mana hal tersebut dinilai mampu menjembatani kebutuhan antara ekonomi dan pola pendidikan berimbang. Tak hanya itu, pesatnya dunia digital juga membuat sang kepala negara berpikir untuk mendirikan berbagai fakultas yang unik dan bisa dibilang ‘tidak biasa’.

Fakultas kelapa sawit

Kebun kelapa sawit yang melimpah di Indonesia [sumber gambar]
Saat berada di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Muhammadiyah Lamongan, Jawa Timur, Presiden Jokowi menyampaikan usulannya agar perguruan tinggi di Indonesia memiliki jurusan khusus di bidang kelapa sawit. Sumber dari tirto.id menyebutkan, besarnya potensi sumber daya alam di atas menjadi alasan dibukanya fakultas tersebut. Dengan luas mencapai 14 juta hektar, kelapa sawit menjadi salah satu komoditas masa depan yang bisa dikembangkan dengan lebih cermat.

Ilmu kopi untuk mengolah citarasa asli nusantara

Ilustrasi belajar ilmu tentang kopi [sumber gambar]

Selain kelapa sawit di atas, Presiden Joko Widodo juga mengusulkan agar ada fakultas tersendiri yang mempelajari kopi. Dilansir dari tirto.id, kepala negara asal Solo itu ingin agar mahasiswa dapat mempelajari, sekaligus mengenal proses produksi hingga pemasaran kopi. Tak hanya itu, Presiden pun meminta agar fakultas-fakultas yang ada di universitas dan perguruan tinggi merespons dengan merumuskan agenda riset yang baru.

Fakultas sosial media yang semakin eksis dan berkembang

Ilustrasi sosial media [sumber gambar]
Pesatnya teknologi informasi yang berkembang di Indonesia, juga membuat Jokowi meminta kepada instansi pendidikan terutama perguruan tinggi agar menyiapkan fakultas atau jurusan yang berkaitan media sosial. Sumber dari regional.kompas.com menyebutkan, perubahan masif yang banyak terjadi di sosial media menjadi alasan sang presiden untuk mengusulkan wacana itu.

Jurusan meme dan animasi di era digital

Tak hanya sosial media, Presiden Joko Widodo juga ingin agar ada jurusan meme dan animasi di setiap universitas. Hal ini diusulkan kepala negara asal Solo, Jawa Tengah itu saat menyampaikan orasi ilmiah dalam peringatan Dies Natalis ke-60 Universitas Padjadjaran di Kota Bandung. “Lanskap ekonomi dan lanskap politik akan berubah. Unpad Harusnya punya fakultas media sosial, jurusan meme, atau animasi. Kenapa tidak, karena ke depan itu yang kita hadapi. Sekarang boleh kita tertawa,” ujar Jokowi yang dikutip dari regional.kompas.com.

Pendidikan toko online yang harus dikembangkan universitas

Ilustrasi toko online [sumber gambar]
Toko online yang kini telah menjadi gaya hidup masyarakat modern, juga tak luput dari pengamatan Jokowi. Demi menyongsong era ekonomi digital, sang presiden menghimbau agar institusi perguruan tinggi bisa mengantisipasi hal tersebut. Dilansir dari regional.kompas.com, fakultas konvensional seperti ekonomi di Indonesia, sudah harus menyiapkan jurusan logistik, manajemen retail atau manajemen online store.

Baca Juga: Inilah 9 Jurusan Kuliah Anti Mainstream yang Menarik Hati Para Artis Indonesia

Agar bisa mengikuti dinamika zaman yang semakin berkembang, memang diperlukan untuk mempelajari hal-hal yang baru. Utamanya di bidang pendidikan. Dengan demikian, mahasiswa dapat memanfaatkan aset yang dimiliki sekaligus mengembangkan kreatifitas mereka. Tentu saja, ada banyak hal besar dan lompatan-lompatan baru jika hal tersebut terealisasi. Gimana menurutmu Sahabat Boombastis?

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

4 Pernyataan ‘Nyelekit’ Ketua Umum PSSI yang Bikin Sepak Bola Tambah ‘Sakit’

Baim Wong Sampai Maia Estianty, Pernikahan 5 Artis Ini Bikin Lega Netizen