in

Mengenal Ustaz Muda Asal Indonesia yang Dipilih Menjadi Imam Tetap di Mekkah

Sejak dahulu kala, Indonesia memang dikenal dunia sebagai gudanganya para ulama dan para sesepuh agama Islam yang kharismatik. Sebut saja KH Hasyim Asy’ari, KH Cholil Bangkalan dan KH Ahmad Dahlan dan sebagainya. Kini, jejak mereka juga banyak diikuti oleh generasi muda yang menjadi penerus perjuangan dakwah para pendahulu di atas.

Salah satunya adalah Syekh Asal Syu’bah bin Haji Yanto al-Makki al-Banjari atau akrab disapa sebagai ustaz Asal. Hebatnya, sosok yang berusia 21 tahun itu didaulat menjadi imam tetap di sejumah masjid Kerajaan Saudi Arabia. Suara bacaan Al-qur’annya yang fasih dan merdu, menjadi salah satu penyebab dirinya sangat disukai di Mekkah. Latar belakang dan kisah hidupnya yang dikutip dari akun Facebook Nur Hidayatulalah Yuzarsif, sangat menarik untuk disimak.

Lahir di Mekkah dan tetap menjadi warga negara Indonesia

Ustaz Asal yang lahir pada 1997 di Mekkah, Saudi Arabia, merupakan anak pertama dari pasangan Ustaz Yanto dan Ustazah Mariyati. Meski dibesarkan di negeri asing, Ustaz Asal tetap menjadi warganegara Indonesia. Kedua orang tuanya sendiri berasal dari Ambutun, Kandangan, Kalimantan Selatan.

Lahir di Mekkah tapi tetap jadi WNI [sumber gambar]
Di Mekkah, Ustaz Asal tinggal bersama di rumah orang tuanya. Maka tak heran, dirinya pun telah mendapatkan asupan ilmu agama yang mumpuni semenjak kecil karena tinggal di sebuah negara yang menjadi sumber asal agama Islam yaitu Kerajaan Saudi Arabia.

Hafal Alqur’an di usia 12 tahun

Menginjak usia 12 tahun, Ustaz Asal telah berhasil menyelesaikan hafalan Al-Qur’an dengan predikat Exellent. Ia pun akhirnya berhak menerima ijazah dari Lembaga Hafalan Alquran tingkat Kota Makkah. Yang menjadi pengujinya pun sembarang orang.

https://youtu.be/nh33cJ5Td8Y

Ustaz Asal menyelesaikan bacaan Al-Qur’an melalui bimbingan Syekh Dr Hasan Bukhari. Dirinya bahkan telah menamatkan Alquran riwayat Syu’bah bin ‘Ashim Al-Kufi di bawah bimbingan Imam Masjidil Haram tersebut. Tentu saja hal ini merupakan capaian yang prestisius bagi orang Indonesia seperti Ustaz Asal.

Dipercaya sebagai imam dan pengajar Al-Qur’an

Karena prestasi seperti yang disebutkan di atas, Ustaz Asal pun dipercaya menjadi imam di sejumlah masjid ternama di Kerajaan Arab Saudi. Seperti Masjid Al-Bashawiri dan Masjid ‘Asyur Bukhari (2012), Masjid Ar-Ridha (2013), Masjid Syekh ibn Utsmain (2014), Masjid Bin Laden (2015), dan Masjid Birrul Walidain (2016, 2018). Di sana, ia kerap mengimami salat rawatib, tarawih, dan qiyamul lail.

Dipercaya sebagai imam di Mekkah [sumber gambar]
Selain itu, dirinya juga didapuk untuk menjadi guru Al-Qur’an di Masjid ‘Asyur Bukhari Makkah, di bawah binaan Syekh Hasan Bukhari, dan mengajar mahasiswa luar negeri di Masjid Fakultas Dakwah di bawah binaan Universitas Ummul Qura.

Sosok penghobi Nasyid dan berprestasi

Selain menghafal Al-Qur’an, Ustaz asal juga mendendangkan nasyid. Sebagai murid yang berprestasi, ia diketahui pernah meraih beberapa prestasi membaca Al-Qur’an tingkat lokal Mekkah. Seperti uara 1 Musabaqah Tilawatil Qur’an Tingkat Kota Makkah, dan peringkat utama dengan Predikat Exelent pada Musabaqah Hifzhil Qur’an di Masjid al-Kuwaiti.

Sosok berprestasi dan menyukai nasyid [sumber gambar]
Setiap Penutupan Tahfiz yang diadakan setiap bulan Sya’ban, para mahasiswa bersiap-siap untuk pulang ke negerinya masing-masing. Pada momen itulah dirinya tampil kembali bersama ulama Makkah seperti Imam Masjidil Haram Syekh Dr. Hasan Bukhari dan Khatibnya Imam Saleh al-Thalib yang juga tercatat sebagai Hakim Agung di Kota Makkah.

Pesan ustaz Asal pada generasi muda Indonesia

Meski sukses di tanah seberang, Ustaz Asal tak melupakan kewajibannya sebagai seorang muslim untuk mengingatkan sesama. Ia berpesan kepada umat Islam, khususnya para pelajar dan generasi muda agar menyibukkan diri dengan Al-Qur’an.

Ustaz Asal bersama Menteri Agama RI [sumber gambar]
Sebagai kitab terkahir yang diturunkan kepada Baginda Rasullulah Muhammad shallallahu alaihi wassalam, di dalamnya banyak terdapat pedoman serta petunjuk bagi umat manusia agar tak tersesat di dunia ini.

Ikut bangga juga ya Sahabat Boombastis. Ternyata ada banyak anak-anak Nusantara yang sukses dan berhasil di negeri orang. Seperti Ustaz Asal di atas, ia berhasil menjadi contoh dan teladan bagi anak-anak muda di Indonesia. Memang benarlah sebuah istilah. Bahwa a usia muda, adalah masa di mana kita bisa berkarya dan menghasilkan prestasi yang positif. Ayo semangat Sahabat Boombastis!

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Sedang Hamil, 5 Artis Ini Sempat Ngidam Aneh-Aneh! Ada yang Pengin Selfie dengan Jokowi

Jangan Disepelekan! Tangan Mati Rasa Bisa Jadi Penyebab Datangnya 3 Penyakit Ini