in

Fakta Unik seputar TNI AU, Ada yang Ikut Stand Up Comedy hingga Bangunkan Sahur Pakai Jet

Tentara Nasional Angkatan Udara (TNI AU) ternyata punya banyak kisah unik di baliknya. Aksi dari para prajurit penjaga langit Indonesia ini kerap mengundang perhatian dan decak kagum masyarakat. Mulai dari anggotanya yang sempat unjuk gigi sebagai stand up comedian, hingga membangunkan sahur masyarakat dengan menggunakan jet tempur.

Pada masa lalu, TNI AU yang kala itu masih bernama AURI juga sempat menjadi sorotan dunia lantaran kekuatan militernya yang begitu luar biasa. Berkat suntikan alutsista militer dari Uni Soviet, AURI sangat berjaya pada saat itu. Penasaran seperti apa? Berikut kisah-kisah unik seputar TNI AU.

Letda (PnB) Galih yang perform Stand Up Comedy

Sosok Letda (PnB) Galih Wisnu Triatmojo termasuk seorang anggota militer yang lain daripada lainnya. Meski berprofesi sebagai tentara dirinya juga bisa melucu di depan banyak orang lewat lawakan ala Stand Up Comedy. Dalam tayangan berjudul “Letda Galih: Ibu TNI Pangkatnya Lebih Tinggi – SUCI 8”, dirinya menghibur dengan mengambil tema dunia militer pada anggota TNI AU yang hadir.

TNI AU yang bangunkan sahur menggunakan jet tempur

Pada bulan ramadan tahun lalu, TNI AU sempat membuat aksi yang cukup unik dan mungkin tidak banyak dilakukan oleh satuan militernya. melalui akun Twitter, @_TNIAU, pihaknya akan membangunkan sahur masyarakat dengan menggunakan pesawat tempur lewat udara di beberapa kota, seperti Surabaya, Surakarta, Yogyakarta, Klaten, dan Sragen. Meski demikian, hal tersebut bukanlah tujuan utama. Melainkan melatih kemampuan terbang malam dan subuh bagi para penerbang tempur TNI AU.

Jadi militer terkuat se-Asia Tenggara di era pemerintahan Presiden Sukarno

TNI AU juga sempat merasakan zaman keemasan saat masih bernama Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI) di tahun 1960-an. Kala itu, kekuatannya betul-betul disegani di belahan bumi bagian Selatan. Mulai pesawat pembom berat jenis TU-16 KS, pemburu jenis MiG 15, 17, 19, heli angkut Mi-6 hingga pesawat supersonic MiG 21 yang legendaris. Sayang, semua itu pupus saat Indonesia beralih ke Orde Baru pimpinan Presiden Suharto.

Punya pasukan elit termuda di antara satuan khusus lainnya

Di antara satuan elit yang ada di setiap kesatuan militer, Satbravo-90 merupakan pasukan elite termuda di Indonesia yang berdiri pada 6 September 1990 oleh KSAU Marsekal TNI, Hanafie Asnan. Awalnya, kesatuan ini bernama Detasemen Bravo 90 (Denbravo 90). Meski termuda, Satbravo-90 tak kalah dengan pasukan elit lainnya. Salah satu spesialisasinya adalah mampu menanggulangi aksi teror udara (Atbara).

BACA JUGA: F-16 Turunkan Pesawat Ethiopia, Inilah Sangarnya 5 Alutsista TNI AU yang Jaga Langit NKRI

Meski dikenal tegas sebagai angkatan bersenjata yang menjaga langit NKRI, TNI AU ternyata memiliki beberapa kisah unik seperti yang telah diuraikan di atas. Hal tersebut sangat berkesan dan menjadi catatan tersendiri bagi menjadi bagian perjalanan sejarah yang tak terlupakan.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Shopee Thailand Berkolaborasi dengan GOT7, Ahgase Tanah Air Tunggu Kabar Baik dari Shopee Indonesia

10 Fakta Pangeran Abdul Mateen, Putra Sultan Brunei yang Curi Perhatian Netizen Indonesia