in

5 Fakta Unik Jadi Pelajar di Korea Selatan

Lunches At A Korean Private School
Lunches At A Korean Private School (c) blogspot.com

Budaya Korea Selatan memang sangat berbeda dengan budaya Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Tak terkecuali budaya para pelajar di negeri gingseng ini. Jika diamati, banyak sekali hal-hal unik yang ternyata sangat berbeda dengan negara kita.

Ada yang bikin iri, miris bahkan membuatmu terheran-heran dengan fakta-fakta berikut. Berikut boombastis rangkum 5 fakta unik pelajar Korea Selatan yang musti kalian tahu.

1. Makan siang di Sekolah selalu lezat

Kalau kita sering melihat pelajar Korea punya makanan yang ala drama banget, agaknya hal ini ada benarnya. Ada kalanya kalian akan iri dengan menu makan siang sekolah-sekolah di Korea Selatan ini. Setiap harinya selalu tersedia sup, kimchi, buah, aneka seafood atau daging. Sangat komplit dan bergizi bukan?

Lunches At A Korean Private School
Lunches At A Korean Private School (c) blogspot.com

Terlebih dari semua hidangan yang tersaji 7 hari dalam seminggu ini tidak ada makanan cepat saji atau diolah dengan minyak. Semua makanan enak dan tetap menyehatkan. Jadi kalau tahu mereka punya kulit mulus bercahaya, tidak semua adalah akibat operasi plastik.

2. Pecinta kesehatan gigi

Di Korea Selatan, pelajar sudah diajari untuk selalu menjaga kesehatan gigi mereka. Jadi jangan heran jika menemui wastafel di lorong sekolah dan terlihat antrian pelajar yang ingin sikat gigi. Karena di sana, budaya sikat gigi sudah melekat hingga dibawa ke sekolah.

Pecinta kesehatan gigi
Pecinta kesehatan gigi (c) grrrltraveler.com

Para murid dan guru selalu membawa sikat gigi di tas mereka. Setiap selesai makan siang mereka berbondong-bondong untuk menyikat gigi agar tidak ada bau mulut. Cukup menarik nih, menghindarkan bau naga saat ngobrol di depan kakak kelas atau adik kelas gebetan.

3. Siap tissue toilet dalam tas

Jangan pernah lupa membawa tissue toilet jika kalian berkunjung di Korea Selatan. Belajar dari siswa-siswi di Korea Selatan, mereka selalu membawa benda satu ini di dalam tas mereka. Ini untuk jaga-jaga jika kalian harus ke kamar mandi di sekolah ya.

Korean-toilets
Korean-toilets (c) grrrltraveler.com

Di sekolah dasar pun tiap kelas sudah di sediakan tissue toilet gulung yang disediakan untuk murid yang ingin ke kamar mandi. Jadi mereka merobek sedikit tissue toilet jika ingin ke toilet. Mengapa tidak di taruh di kamar mandi saja ya? Konon, toilet di sana memang sering kehabisan tissue. Jadi, sedia payung sebelum hujan lah.

4. Selalu adu batu-kertas-gunting

Kai Bai Bo, atau permainan batu-kertas-gunting selalu dimainkan di manapun pelajar Korea Selatan berkumpul. Pelajar Korea Selatan suka dengan kompitisi dan mereka biasanya melibatkan permainan ini untuk menentukan siapa yang kalah untuk dihukum.

Kai Bai Bo ala Korea
Kai Bai Bo ala Korea (c) grrrltraveler.com

Permainan ini bahkan bisa membuat gaduh seisi kelas karena keseruannya. Kalau di negara kita, hal ini hanya untuk iseng-iseng saat masih kecil, di sana bisa dibawa hingga ke bangku SMA. Jepang juga masih menyukai budaya permainan ini.

5. Selalu punya kacamata di tas

9 dari 27 pelajar di Korea Selatan terbukti memakai kacamata. Dan mereka yang tidak butuh bantuan kacamata untuk melihat pun pasti punya benda yang satu ini di tas mereka.

Selalu punya kacamata di tas
Selalu punya kacamata di tas (c) grrrltraveler.com

Pelajar ini biasanya hanya memakai frame keren tanpa kaca yang dipasang di bingkai tersebut. Untuk sekedar gaya? Sudah pasti. Penampilan dengan kacamata frame hitam memang bisa menambahkan kesan muda, kutu buku dan pintar. Bukan gaya yang dianggap nerdy lagi.

Nah itu tadi 5 fakta unik dari pelajar di Korea Selatan. Memang tidak jauh berbeda dengan kehidupan sekolah yang ditayangkan di drama-drama. Mau meniru budaya mereka? Ambil yang baik-baik saja ya…

 

Written by Happy

Leave a Reply

Pria Korea Berhasil Buat Pacarnya Menangis, Demi Ini…

headline

10 Penemuan Aneh ini Menunjukkan Adanya Kehidupan di Luar Angkasa