in

5 Fakta Unik Macedonia, Mantan Negara Penguasa Dunia yang Kini Hanya Selebar Jawa Tengah

5. Macedonia Pernah Mengalami Kiamat Kecil

Meskipun terkesan adem ayem lantaran jarang pemberitaan, Macedonia ternyata pernah mengalami kejadian besar yang sangat diingat oleh warganya hingga hari ini. Ya, kejadian ini adalah tentang gempa yang terjadi di Skopje, ibukota Macedonia.

Gempa Skopje [Image Source]
Gempa Skopje [Image Source]
Di tahun 1963, kota ini diguncang oleh gempa dengan kekuatan 6,1 SR. Gempa ini pun langsung membuat Skopje kolaps. Sekitar 1.000 orang tewas seketika, 4.000 orang terluka serta 200 ribu orang kehilangan tempat tinggal. Yang paling parah, gempa ini menghancurkan sekitar 80 persen Skopje. Ngeri!

Nasib Macedonia ini kurang lebih sama seperti Mongolia. Ya, dua negara ini dulunya adalah penakluk dunia, namun hari ini kejemawaannya hanya tinggal cerita. Ditambah lagi wilayah Macedonia yang hanya seuplik kalau dibandingkan zaman Alexander dulu. Terlepas dari kisah kejayaan mereka di masa lalu, Macedonia tetap jadi salah satu negara yang layak untuk dikunjungi karena keindahannya.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

5 Kejadian Mengerikan Soal Makam yang Hanya Terjadi di Indonesia

5 Kesaksian Tentang Penyiksaan Sadis Tahanan Politik Perempuan 1965 yang Bikin Mengelus Dada