in

Inilah 4 Fakta Sekte Hakekok yang Lagi Viral Karena Ritual Mandi Bareng Pria dan Wanita

Keberadaan sekte nyeleneh di Indonesia mungkin bukan lagi sebuah hal baru. Mulai dari Lia Eden, Kerajaan Ubur-ubur, Satria Piningit Weteng Buwono dan lain-lain. Alasan terciptanya sekte ini juga berbeda-beda, mulai dari dapat ilham yang katanya datang dari malaikat, hingga ramalan di masa kuno. Namun yang jelas, negara menganggap sekte itu sesat karena adanya praktek yang menyimpang.

Nah, kini muncul lagi sebuah aliran yang meresahkan. Mereka adalah Hakekok Balasatasutak yang kemarin viral, karena ada ritual mandi bareng laki-laki dan perempuan. Tak hanya itu, bahkan ada pula anggotanya yang masih anak-anak juga ikut ritual tak biasa itu. Lalu seperti apa kisah selengkapnya? Simak ulasan di bawah ini.

Sekte Hakekok bikin ritual nyeleneh

Beberapa waktu yang lalu, netizen dihebohkan oleh ritual nyeleneh yang ramai di media sosial. Hal iu adalah ritual mandi bareng beberapa orang yang ditengarai aliran atau sekte sesat. Usut punya usut, ternyata benar apa yang menjadi dugaan banyak orang itu. Kejadian viral tersebut adalah sebuah upacara ritual yang dilakukan oleh sekte Bakekok Balasatasutak.

Ritual mandi bareng [sumber gambar]
Tepatnya di kabupaten Pandengglang, Banten, para pengikutnya mengharapkan keselamatan dunia akhirat yang diiming-imingi sang pemimpinnya. Tidak hanya itu, mereka yang mengikuti mandi bareng ini dianggap telah mensucikan diri dari segala dosa. Sekte Hakekok yang mengikuti ritual ini total ada 13 orang dewasa dan tiga anak-anak.

Sudah ada sejak dulu, bahkan bikin resah

Keberadaan sekte ini sebenarnya bukanlah hal yang baru. Sekte Hakekok sendiri sudah pada tahun 2004-an yang lalu. Namun pada tahun 2009-lah sekte ini dikenal banyak orang karena bikin kontroversi. Bagaimana tidak, pasalnya anggotanya ada yang kena kasus pencabulan pada santriwati.

Telah ada sejak lama [sumber gambar]

Mirisnya lagi, pelaku membenarkan diri dengan alasan kawin gaib. Hal ini akhirnya menyulut kemarahan warga, akhirnya padepokan milik sekte Hakekok pun dibakar. Sejak saat itu, nama sekte tersebut tidak pernah didengar, sehingga dianggap hilang oleh warga. Hingga akhirnya Maret, 2021 yang lalu sekte ini berulah kembali dan membikin heboh media sosial dan jadi viral.

Ajaran Hakekok yang turun dari orang tua si A

Sebenarnya praktek nyeleneh dari sekte ini tidak terlepas dari sang pemimpin berinisial A (52). Dilansir dari laman Liputan 6, A ini sendirilah yang menjanjikan keselamatan dunia akhirat pada pengikutnya yang mau mandi bersama. Dan masalah hal kesektean lainnya, A mengaku berlajar dari almarhum orang tuanya yang merupakan pemimpin sekte terduhulu.

Jarang bergaul [sumber gambar]
Mesikipun memiliki sekte, A sendiri di lingkungan jarang bersosialisasi sehingga warga tidak benar-benar mengenali sosoknya. Namun, satu hal yang diketahui dari tetangganya adalah bahwa A sering sekali pergi ke hutan untuk melakukan ritual khusus bahkan dilakukan hingga sekarang.

Barang nyeleneh dan rencana akan dibina

Saat melakukan pemeriksaan pada rumah milik A selaku pemimpin sekte, pihak berwajib menemukan barang tidak biasa. Mulai dari jimat, kitab, pusaka hingga kondom ditemui dalam rumahnya. Beberapa alat sekte itu memang digunakan untuk ritual hingga pembawa kewibawaan. Namun masalah alat kontrasepsi, polisi tidak menyebutkan peruntukannya oleh pengikut aliran tersebut.

Bakalan dibina oleh MUI [sumber gambar]
Lantaran viralnya kejadian ini, MUI akan melakukan pembinaan sekte itu agar tidak meresahkan. MUI menyebut sekte Hakekok bukanlah Islam, melainkan aliran sesat meskipun dalam prakteknya mereka berperilaku seperti muslim. Sebenarnya setelah kejadian pada tahun 2009, sekte ini sempat dibina juga, namun baru Maret bulan kemarin kambuh lagi dan berbuat ulah.

BACA JUGA: 5 Hal Terlucu dari Sunda Empire yang Bikin Netizen Ngakak Sekaligus Geregetan

Tak ada yang tahu, ternyata di zaman yang sudah modern ini masih ada sekte-sekte yang menyimpang. Berkedok agama, namun ternyata di dalamnya mengamalkan ajaran yang berbeda. Kita mesti lebih berhati-hati agar tidak sampai salah jalan.

 

 

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

Mengenal Van Maut, Si Algojo Hukuman Mati Para Koruptor dan Gembong Narkoba

Inilah 4 Fakta Praktik Penggandaan Uang di Jember, Modal Ratusan Ribu Bisa Dapat Miliaran