Timnas Indonesia lagi-lagi harus menelan pil pahit. Dalam pertandingan di laga kelima Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G, skuad Garuda harus menyerah di hadapan Malaysia dengan skor 2-0. Dua gol yang bersarang di gawang Indonesia tersebut, semuanya dicetak oleh gelandang serang Negeri Jiran, Safawi Rasid.

Alhasil, pemuda yang merumput bersama Johor Darul Takzim itu pun menjadi sorotan. Tak banyak yang tahu, keberhasilan Safawi Rasid di lapangan hijau ternyata tak lepas dari peran besar pelatih Rahmad Darmawan yang ini menukangi PS TIRA Persikabo. Seperti apa kisahnya? Simak ulasan berikut.

Pemain muda yang muncul berkat tangan dingin Rahmat Darmawan

Safai Rasid saat memperkuat klub T-Team di bawah asuhan pelatih Rahmad Darmawan [sumber gambar]
Sebelum bersinar bersama Timnas Malaysia, Safawi memulai karir profesionalnya di bawah asuhan pelatih Rahmad Darmawan. Dilansir dari sport.detik.com, keduanya bertemu saat Safawi bermain untuk klub T-Team junior hingga senior pada 2015 silam. Di sana, karir sepak bolanya perlahan mulai berkembang.

Merengkuh sukses dengan menjadi pemain terbaik di Liga Super Malaysia

Berhasil menjadi pemain terbaik di Liga Super Malaysia 2018 dan 2019 [sumber gambar]
Oleh Rahmad, ia dipercaya sebagai starting eleven dengan kesempatan bermain sebanyak 49 kali di semua ajang pertandingan. Hasilnya, enam gol dilesakkan oleh pemain kelahiran 5 Maret 1997 tersebut. Setelah T-Team, Safawi juga berhasil membawa Johor Darul Takzim menjuarai liga dalam tiga musim terakhir, hingga menyabet gelar sebagai pemain terbaik Liga Super Malaysia musim 2018 dan 2019.

Prestasi yang ditorehkan Safawi membuatnya dipanggil untuk memperkuat Timnas

Karirnya yang moncer bersama Timnas Malaysia [sumber gambar]
Melihat performanya yang hebat di lapangan, Timnas Malaysia pun lantas memanggil dirinya untuk bergabung dengan skuad senior. Terhitung hingga saat ini, pemain bernomor punggung 11 itu telah menyumbangkan tujuh gol dan tampil sebanyak 20 kali bersama Tim Harimau Malaya.

Ketajaman Safawi dibuktikan saat berlaga melawan Indonesia

Ketajaman seorang Safawi Rasid dibuktikan pada saat melawan Indonesia. Pada laga kelima Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G. Bermain di rumah sendiri, Safawi berhasil melesakkan dua gol ke gawang Indonesia, sekaligus mengubur harapan skuad Garuda untuk tampil di ajang piala 2022. Gol Safawi tercipta melalui eksekusi tendangan bebas di menit ke-30, dan menit ke-73 usia memanfaatkan kelengahan kapten Timnas, Yanto Basna.

Sosoknya menuai pujian dari pelatih caretaker Timnas Indonesia

Ketajaman Safawi Rasid menuai pujian dari pelatih caretaker Timnas Indonesia [sumber gambar]
Begitu gemilangnya performa Safawi pada saat melawan Indonesia , membuat pelatih caretaker Timnas Yeyen Tumena memuji permainannya. “Safawi sejak dari Asian Games 2018 saya lihat dia pemain yang sangat baik. Waktu itu main di Jakarta dan bikin gol lawan Korea Selatan dan saya lihat pemain ini sangat baik dengan bola terutama,” ujarnya yang dikutip dari indosport.com.

BACA JUGA: Kesempurnaan Timnas Malaysia, Calon Kuat jadi Raja Sepak Bola Asia Tenggara

Melihat rekam jejaknya di atas, keberhasilan seorang Safawi Rasid juga tak lepas dari asuhan Rahmad Darmawan. Seolah menemukan gaya bermainnya di lapangan hijau, pemuda 22 tahun itu kini berhasil menjelma menjadi mesin gol bagi skuad Harimau Malaya. Terbukti, gawang Indonesia berhasil dibobol 2 gol tanpa balas oleh dirinya.