in

Sepak Terjang Rocky Gerung, Sosok yang Disebut ‘Profesor’ Cerdas Sekaligus ‘Pedas’

Gaya bicaranya yang lepas dan khas di layar kaca, terkadang sering membuat lawan bicaranya terdiam maupun terpancing emosinya. Tak jarang, beberapa komentarnya terkadang memancing kontroversial, kerap dilontarkan olehnya. Ya, itulah sosok seorang Rocky Gerung yang kerap wara-wiri di layar kaca sebagai narasumber dan pengamat politik.

Saat tampil sebagai pembicara di ILC, pria yang berlatar belakang pendidikan filsafat itu sukses membetot perhatian masyarakat. Dilansir dari tirto.id, namanya sempat ramai saat ia diberitakan merupakan seorang yang disebut sebagai ‘profesor’ berkat pemikiran-pemikirannya yang tajam. Siapa Rocky Gerung sebenarnya?

Sosok akademisi yang kerap diundang menjadi pembicara di ILC

Kerap diundang sebagai narasumber di ILC [sumber gambar]
Dilansir dari viva.co.id, Rocky yang populer di di dunia pemikiran filsafat, merupakan seorang pengamat politik, peneliti di Perhimpunan Pendidikan Demokrasi, dan dosen di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia. Sosoknya makin dikenal setelah ia kerap diundang menjadi salah satu narasumber di program ILC yang ditayangkan oleh TvOne. Argumentasinya pun seringkali menjadi sorotan bagi banyak pihak karena mengundang kontroversi.

Sempat mengajar di UI sebagai dosen jurusan filsafat

pernah menjadi doesn filsafat UI [sumber gambar]

Banyak yang kerap mempertanyakan tentang pendidikan formal Rocky Gerung beberapa waktu lalu. Hal ini berkaitan dengan banyaknya orang menyebut dirinya sebagai ‘profesor’ karena keahliannya menjawab beragam persoalan yang dilontarkan. Sumber dari tirto.id menyebutkan, pria kelahiran Manado, 20 Januari 1959 tersebut memang pernah tercatat sebagai dosen tidak tetap di program studi S1 Filsafat, namun sudah nonaktif sejak lama. meski demikian, Rocky menolak bila disebut sebagai profesor.

Dikenal sebagai pemikir cerdas yang berlatar belakang filsafat

Memiliki latar belakang filsafat yang kuat [sumber gambar]
Selain dikenal sebagai pengamat politik, Rocky juga memiliki latar belakang yang kuat di dunia pemikiran. Terlebih, dirinya merupakan lukusan S1, Filsafat, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia pada tahun 1986. Sumber dari viva.co.id menuliskan, Rocky banyak mengemukakan pendapatnya di forum-forum diskusi dengan tema-tema aktual yang tengah hangat dibahas. Salah satunya seperti di acara Indonesia Lawyers Club yang tayang di tvOne.

Figur dosen yang memberikan kesan unik terhadap mahasiswanya

Sosok akademisi yang memberi kesan pada mahasiswanya [sumber gambar]
Selain kondang sebagai pengamat politik dan narasumber, Rocky Gerung yang pernah mengajar sebagai dosen tidak tetap di Universitas Indonesia (UI), banyak meninggalkan kesan yang mendalam kepada mahasiswa yang diajarnya. Dilansir dari tirto.id, sosok dirinya merupakan tipikal seorang pengajar yang mahasiswanya untuk berpikir kritis dan mendalam.

Kontroversi di balik komentar-komentarnya

Pada acara ILC yang melambungkan namanya, Rocky Gerung kerap menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan kepada dirinya dengan makna-makna filosofis. Salah satu yang paling kontroversial adalah tentang “Kitab Suci Fiksi” yang menghebohkan masyarakat berbeda waktu silam. Alhasil, bahasan tersebut mencuat dan menuai kontroversi pro dan kontra di tengah-tengah masyarakat.

BACA JUGA: Kisah Karni Ilyas, Sosok Host Spektakuler yang Sukses Bikin Acara TV Anti-Mainstream

Meski kerap menuai kontroversi, Rocky Gerung termasuk sosok pengamat politik dan isu-isu hangat yang sering dinantikan oleh masyarakat. Terlebih saat menjadi narasumber di acara ILC, gaya bicaranya yang khas dan sarat dengan makna filosofis, sukses membetot perhatian masyarakat Indonesia. Gimana menurutmu Sahabat Boombastis?

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Jared Mason Diamond, Ilmuwan Yahudi yang Pernah Menyebutkan Indonesia Akan Punah

Inilah 5 Klub yang Disebut-Sebut Dimiliki oleh Para Kriminal ‘Kejam’