in

Dipenjara Karena Kasus Hoaks, Ratna Sarumpaet Akhirnya Menghirup Udara Kebebasan

Setelah sempat menghebohkan publik dengan berita bohong alias hoaks beberapa waktu lalu, sosok Ratna Sarumpaet memang sukses menyita perhatian publik. Terlebih, peristiwa itu terjadi saat tensi politik tengah panas-panasnya karena adanya ajang Pilpres 2019.

Beberapa waktu berlalu, sosok Ratna Sarumpaet kini menjadi sorotan kembali setelah dinyatakan bebas dari penjara. Ya, ibunda dari artis Atiqah Hasiholan itu dinyatakan bebas bersyarat dari Lapas perempuan kelas II A Pondok Bambu, Jakarta Timur, seperti yang dikutip dari Kompas.com. Seperti apa fakta-faktanya? Simak ulasan berikut.

Berencana rilis buku autobiografi pada tahun 2020 mendatang

Menulis adalah salah satu aktivitas Ratna selama mendekam di Lapas perempuan kelas II A Pondok Bambu, Jakarta Timur. Berangkat dari hal tersebut, ia memiliki rencana akan merilisnya dalam bentuk buku pada Januari tahun 2020 mendatang. Isinya sendiri merupakan autobiografi dan bagaimana dirinya melihat Indonesia lewat pandangan hidupnya.

Sempat kaget saat dinyatakan bebas bersyarat

Ratna Sarumpaet dinyatakan bebas bersyarat [sumber gambar]
Ratna Sarumpaet dinyatakan bebas bersyarat setelah keputusan atas kebebasan dirinya ditetapkan (inkracht). Bahkan, Ibunda dari aktris Atiqah Hasiholan itu mengaku sempat kaget lantaran waktu penetapan bebasnya ternyata lebih cepat dari yang diprediksi. “Prediksi tanggal 19 Desember. Agak surprise, soalnya enggak tahu kalau hari ini akan bebas,” ucap Ratna yang dikutip dari Kompas.com.

Enggan kembali terjun ke dunia politik

Momen Ratna Sarumpaet saat di persidangan [sumber gambar]

Belajar dari kesalahannya di masa lalu, Ratna rupanya enggan berurusan kembali dengan dunia politik. Hal ini ditegaskan oleh dirinya usai dinyatakan bebas bersyarat dari Lapas perempuan kelas II A Pondok Bambu, Jakarta Timur. Bahkan untuk menjawab pertanyaan dari awak media, dirinya berulang kali mengatakan tidak akan kembali berpolitik.

Sang anak menjadi penjamin bebas bersyarat Ratna Sarumpaet

Ratna Sarumpaet bersama Atika Hasiholan [sumber gambar]
Bebas bersyarat yang diterima oleh Ratna Sarumpaet, ternyata ditunjang oleh beberapa hal. Selain syarat untuk hal tersebut telah terpenuhi, Atiqa Hasiholan yang tak lain merupakan anak kandung Ratna, menjadi penjamin atas keputusan bebas bersyarat yang diterima Ratna Sarumpaet, seperti yang dikutip dari Liputan6.com.

Sosok Ratna yang dulunya merupakan seniman teater

Ratna Sarumpaet dulu berkecimpung di dunia teater [sumber gambar]
Kilas balik kehidupan Ratna Sarumpaet di masa lalu, Perempuan kelahiran Juli 1949 merupakan seniman teater yang bertalenta. Titik awal dari karirnya itu bermula saat dirinya menonton pertunjukan WS Rendra pada 1968. Hal inilah yang kemudian membawa Ratna melanglang buana di dunia teater Indonesia dan namanya besar di sana.

BACA JUGA: Di Balik Cap Manusia Hoax, Beginilah Kehidupan Ratna Sarumpaet Dahulu

Sempat menjadi juru kampanye nasional dalam Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga di ajang Pilpres 2019, Ratna harus berurusan dengan hukum karena telah menyebarkan berita bohong (hoaks). Kini, dirinya dinyatakan bebas bersyarat setelah divonis 2 tahun penjara. Gimana menurutmu Sahabat Boombastis?

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Kisah Sukses Pemilik Kios Bahan Makanan Sederhana yang Kini Jadi Miliarder Tajir

Tak Diterima di Lingkungan Hingga Jadi Bulan-bulanan Netizen, Mimi Peri Akan Segera Hijrah?