in

6 Fakta Menarik Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy

Invasi Rusia membuat masyarakat dunia bersimpati pada Ukraina. Negara terbesar di Eropa itu sedang menjadi sorotan, tak terkecuali Volodymyr Zelenskyy Presiden Ukraina itu menjadi salah satu sosok yang banyak diperbincangkan.

Bukan hanya semangatnya dalam mempertahankan kemerdekaan Ukraina, namun latar belakang keluarga hingga perjalanan karier politiknya juga menarik untuk dibahas. Rupanya sebelum berhasil menjadi presiden, Zelensky sempat dipandang sebelah mata. Simak fakta menarik Presiden Zelensky selengkapnya.

1. Tumbuh dalam keluarga akademisi

Orangtua Zelensky [sumber gambar]
Zelensky yang lahir pada 25 Januari 1978 merupakan penganut agama Yahudi. Zelensky berasal dari orang tua yang berpendidikan tinggi. Sang ayah, Oleksandr Zelensky adalah seorang profesor ilmu komputer dan ilmu sibernetik di Institut Ekonomi Kryvyi Rih. Sedangkan ibunya, Rimma Zelenska adalah insiyur. Zelensky sendiri bergelar doktor dalam bidang ilmu ekonomi.

2. Sosok penyayang keluarga

Zelensky dan keluarga [sumber gambar]

Tahun 2003, Zelensky menikahi Olena Kiyashko. Olena dan Zelensky adalah teman sekelas yang sudah berpacaran selama delapan tahun. Saat ini, dirinya telah dikarunai dua orang anak. Zelensky dikenal sebagai sosok penyayang keluarga. Tak heran dalam pidatonya, Zelensky tak menginginkan fotonya dipajang karena presiden bukanlah idola. Ia justru meminta warga untuk memajang foto anak-anak mereka.

3. Memerankan presiden di acara TV

Zelensky akting sebagai presiden [sumber gambar]
Zelensky pernah memerankan seorang presiden di acara televisi Servant of the People. Dalam acara tersebut, ia berperan sebagai guru sejarah yang berhasil menjadi presiden karena memprotes pemerintahan yang korup. Siapa sangka, peran Zelensky benar-benar membuatnya terpilih menjadi Presiden Ukraina di tahun 2019.

4. Berprofesi sebagai komedian

Zelensky saat menjadi komedian [sumber gambar]
Semasa kuliah, Zelensky adalah anggota dari klub lawak KVN. Ia dan rekan-rekanya membangun teater mini yang diberi nama Bespryzornyk. Ia juga menciptakan tim KVN Molodu Kryvy Rih. Kemampuan Zelensky dalam berkomedi dilirik oleh Studio Kuartal 95. Ia didapuk menjadi aktor, kapten, dan pengarang acara komedi.

5. Kalahkan incumbent dengan stand-up comedy

Zelensky menang pemilu [sumber gambar]
Di tahun 2018, Zelensky mengumumkan pencalonannya sebagai presiden melalui partai Hamba Rakyat. Uniknya, ia berkampanye dengan menggelar tur stand-up comedy bersama teman-temannya. Ia berhasil mendapatkan 73% suara dan mengalahkan Poroshenko yang sudah berpengalaman selama lima tahun di dunia politik. Warga Ukraina menganggap Zelensky sebagai agen perubahan untuk melawan pemerintahan korup.

6. Tak gentar lawan Rusia

Zelensky lawan Rusia [sumber gambar]
Awalnya, Zelensky diragukan oleh banyak pihak karena sama sekali tak memiliki pengalaman politik. Profesinya sebagai komedian juga membuatnya dipandang sebelah mata. Namun ketika Rusia menyerang Ukraina, Zelensky mampu menenangkan hati rakyat Ukraina. Ia menolak tawaran Amerika Serikat untuk evakuasi. Ia justru menjawab bahwa dirinya membutuhkan amunisi dan bukan tumpangan.

BACA JUGA: Kisah Masa Kecil Vladimir Putin, Hidup dalam Kemiskinan hingga Kelaparan

Hingga saat ini, Zelensky terus aktif di media sosial untuk mengabarkan kondisi terkini Ukraina pada dunia. Zelensky terus menegaskan bahwa dirinya tak akan mau mengalah dari serangan Rusia. Bahkan ia berada di garda terdepan untuk berperang melawan Putin.

Written by F A Agustina

Seorang Perempuan di Cikarang Meninggal Tertusuk Sajam di Pinggir Jalan, Pelaku Telah Ditangkap

7 Hal Ini Makruh Dilakukan di Saat Berpuasa