in

Sepak Terjang Prajurit Nubika, Anggota TNI yang Berjuang Mati-matian Tangani Wabah Corona

Penanganan wabah virus corona (COVID-19) tak hanya dilakukan oleh tenaga medis yang terjun langsung di lapangan, tapi juga prajurit TNI dari satuan khusus yang ikut berjuang sekuat tenaga untuk menanggulangi pandemi yang ada. Pasukan tersebut adalah Kompi Zeni Nubika yang berada di satuan TNI Angkatan Darat.

Dilansir dari laman resmi TNI AD, tniad.mil.id (20/04/2020), satuan yang para anggotanya memakai pakaian hazmat lengkap itu bekerja keras melakukan proses sterilisasi di RS Darurat Pasien Positif Covid-19, guna memastikan agar area tersebut steril. Seperti apa kisahnya? Simak ulasan Boombastis berikut ini.

Pasukan khusus yang hanya satu-satunya dimiliki oleh TNI AD

Ilustrasi pasukan Nubika TNI AD [sumber gambar]
Pasukan Nubika yang merupakan singkatan dari Nuklir, Biologi dan Kimia, merupakan satuan khusus di tubuh Angkatan Darat yang bernama resmi Kompi Zeni Nubika Ditzi TNI-AD. Satuan yang di bentuk pada 22 April 1986 di bawah Direktorat Zeni Angkatan Darat ini ditugaskan secara khusus untuk mengatasi ancaman yang berhubungan dengan bahan-bahan kimia dan biologi berbahaya.

Memiliki keahlian penanganan bahaya yang berhubungan dengan Nubika

Ilustrasi pasukan Nubika saat menyemprot kendaraan [sumber gambar]

Dalam praktiknya di lapangan, pasukan Nubika menggunakan berbagai teknik khusus untuk menyelenggarakan dan melaksanakan tugasnya, seperti pengamatan, deteksi, identifikasi dan pengukuran terhadap ancaman dan bahaya yang ada. Kemampuan yang dimiliki antara lain disposal (pemusnahan) Nubika oleh peleton Nubika, pelaksanaan terbatas untuk mengidentifikasi debu radioaktif, dan dekontaminasi.

Cara kerja prajurit pasukan Nubika dalam menangani kejadian di lapangan

Ilustrasi cara kerja pasukan Nubika [sumber gambar]
Mewaspadai ancaman yang datang seperti perang biologis, kebocoran radiasi nuklir, hingga wabah penyakit, membuat pasukan Nubika memiliki cara yang terstruktur untuk menangani hal tersebut. Mulai penggunaan pakaian khusus seperti high safety level A untuk tindakan mitigasi, impremeable level B untuk tindakan ekstraksi, triase (pemilahan korban), dan terakhir dekontaminasi untuk melenyapkan zat kimia pada tubuh korban.

Ikut terjun langsung memberikan bantuan penanggulangan COVID-19

Pasukan Nubika juga diturunkan untuk membantu tugas tim medis di lapangan dalam upayanya menanggulangi wabah COVID-19. Dengan baju pelindung khusus untuk menghindari paparan virus, mereka bekerja keras bahu membahu melakukan proses pembersihan (sterilisasi) di Wisma Atlet yang dianggap sebagai area zona merah serta kendaraan medis.

Ikut membantu proses karantina di Natuna dan Kepulauan Seribu

Ilustrasi pasukan Nubika [sumber gambar]
Selain menanggulangi wabah COVID-19 di wilayah perkotaan, pasukan Nubika terlebih dahulu diterjunkan saat proses karantina WNI yang baru saja tiba dari Wuhan yang dikarantina di Pulau Natuna, Kepulauan Riau. WNI yang bekerja sebagai kru di kapal pesiar World Dream dan Diamond Princess juga ditangani oleh Pasukan Nubika yang kemudian dikarantina di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

BACA JUGA: Gabungan 3 Matra, Inilah Tugas Berat Koopsus TNI yang Dihuni Oleh Satuan Elit Kelas Dunia

Tak salah bila Kompi Zeni Nubika Ditzi disebut sebagai satuan yang langka di tubuh TNI – utamanya di Angkatan Darat, dan satu-satunya unit yang memiliki kualifikasi menangani ancaman dan peristiwa yang memiliki hubungan dengan nuklir, senjata biologi dan bahan kimia. Gimana menurutmu Sahabat Boombastis?

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Kisah Sedih Panen Petani Saat Corona, Dibagikan Gratis Hingga Berakhir jadi Makanan Ternak

Cerita 5 Seleb yang Terpaksa Pisah Sementara dengan Pasangan karena Virus Corona