in

4 Fakta Miris Peredaran Tramadol, Pengganti Narkotika yang Dipakai dan Diedarkan Remaja Indonesia

Ilsurasi efek samping obat Tramadol [image source]

Pemerintah selalu memberikan tindakan tegas baik untuk pengguna maupun pengedar narkotika. Namun nyatanya, hingga saat ini masalah obat terlarang tersebut masih belum mampu diberantas tuntas. Belum selesai masalah narkoba, eh belakangan ini marak lagi obat yang disebut PCC yang sukses membuat banyak remaja di Kendari jadi ‘zombi’. Belum mereda kasus yang menggegerkan penjuru negeri, kembali muncul kasus penyalahgunaan tramadol.

Sejatinya, tramadol merupakan obat yang biasa dipakai untuk meredakan rasa nyeri yang hebat seperti luka operasi. Namun belakangan ini obat tersebut kerap disalahgunakan untuk mabuk atau memberikan efek fly, di mana orang menggunakannya dengan dosis yang tinggi. Tramadol harusnya digunakan dengan resep dokter, obat tersebut malah beredar luas di kalangan remaja, bahkan digunakan sebagai pengganti narkotika.

Duet maut, tramadol dijodohkan dengan alkohol

Ilustrasi minuman beralkohol dan obat [image source]
Insiden yang terjadi pada remaja Kendari memang bikin geger, bukan cuma pihak kepolisian, tapi juga para orangtua yang mendadak panik. Pasalnya, di waktu yang hampir serentak puluhan remaja ditemukan berhalusinasi hebat hingga tak sadarkan diri dan terpaksa dilarikan ke rumah sakit jiwa. Diduga, ada tiga jenis obat yang ditenggak oleh para remaja tersebut, yaitu PCC, tramadol, dan somadril. Dekan Fakultas Farmasi Universitas Indonesia Mahdi Jufri menduga jika beberapa diantara korban meminum obat tersebut dengan berlebihan, atau bahkan dioplos dengan alkohol.  Tramadol termasuk obat yang pantang dicampur dengan aklohol karena meningkatkan adikasi dan merusak susunan syaraf otak dan bisa berujung kematian.

Banyak remaja yang jadi pengedar

Banyak remaja yang sudah jadi pengedar [image source]
Harga narkoba hingga saat ini memang begitu mahal, hal itu juga jadi alasan kenapa peredarann barang haram tersebut masih cukup lamban. Namun, seperti kata pepatah yang mengatakan tak ada rotan akar pun jadi, demikian pula para remaja Indonesia yang saat ini beralih pada tramadol. Tak seperti harga narkoba yang tinggi, tramadol justru hanya dibandrol sekitar Rp. 15.000 saja untuk 10 butirnya. Harga yang tak terlalu tinggi tersebut juga memudahkan para remaja untuk ambil peran menjadi pengedar tanpa harus mengeluarkan modal yang terlalu besar.

Efek samping tramadol

Ilsurasi efek samping obat Tramadol [image source]
Tramadol termasuk golongan obat kimia jenis analgesik opiat. Obat tersebut juga bisa digunakan mulai anak usia 12 tahun hingga dewasa. Namun, yang perlu diingat obat ini hanya diperuntukkan pasien yang baru saja menjalani operasi, dan tentu saja tidak disarankan untuk penggunaan jangka panjang. Bahkan, penggunaan sesuai resep dokter saja masih memberikan efek samping seperti: kecanduan, pusing, limbung, mual, muntah, susah BAB, mulut kering, perut kembung, gangguan fungsi ginjal, hingga merusak jaringan syaraf. Lebih-lebih jika digunakan tanpa pengawasan dokter bahkan dengan dosis yang tinggi, tentu efeknya juga lebih mengerikan.

Mudah didapat, penyalahgunaan tramadol makin merebak

Anak-anak yang kedapatan menyalahgunakan obat [image source]
Kasus narkoba yang tak ada habisnya saja sudah membuat banyak pihak merasa puyeng, kini ditambah lagi dengan kasus-kasus penyalahgunaan obat yang mudah didapat di apotek atau dijual oleh para pengedar. Salah seorang pengguna mengungkapkan jika ia membelinya di apotek tanpa resep dokter. Setiap kali minum, biasanya ia dua butir atau lebih, sesuai dengan keinginan. Menurutnya, obat tersebut akan memberikan efek ketenangan dan meningkatkan vitalitas pria di ranjang. Mirisnya, penggunaan obat tersebut rupanya sudah merebak di pelbagai daerah Indonesia. Masalah tersebut makin serius saja karena menyangkut generasi muda yang harusnya jadi penerus bangsa.

Dengan adanya tulisan ini, semoga para generasi muda bisa lebih bijak lagi dalam menggunakan obat-obatan. Dan lebih baik, jangan sampai terjerumuh hal-hal yang merugikan diri sendiri. Tentu kita tahu, bahwa yang paling mahal adalah kesehatan. Ketika Tuhan memberikan sehat, jangan sampai kita mencari sakit.

 

 

 

Written by Nikmatus Solikha

Leave a Reply

Seorang Gadis Melanggar Lalu Lintas Kemudian Tamparan Keras Melesat di Pipinya, Pantaskah?

Kalau Mau Disumbangkan, 5 Hal Hebat Ini Bisa Dilakukan dari Jam Tangan Mahal Syahrini