in

5 Fakta Hipertiroidisme, Penyakit Mematikan yang Bikin Tubuh Kurus Bagai Mayat Berjalan

Kabar tentang Jet li yang menderita sebuah penyakit hingga tubuhnya tampak ringkih, tentu mengundang rasa iba sekaligus penasaran bagi para penggemarnya di seluruh dunia. Usut punya usut, sang master bela diri ternyata menderita hipertiroid atau hipertiroidisme. Penyakit inilah yang membuat metabolisme tubuh Jet li menjadi terganggu.

Alhasil, tubuh yang tadinya tegap dan gagah, kini berubah menjadi lunglai dan tak berdaya. Penampilan Jet Li pun berubah secara drastis. Penyakit hipertiroid jenis ini sangat berbahaya karena menyerang organ dalam tubuh. Faktor usia tua dan ketahanan tubuh yang lemah, bisa menjadi salah satu penyebab seseorang terserang penyakit ini. Maka dari itu, ada baiknya jika kita mengenal lebih hipertiroid lebih jauh.

Gejala awal terserang hipertiroid

Susah tidur gejala jadi salah satu gejala hipertiroid [sumber gambar]
Bagi mereka yang terserang hipertiroid, ada tanda-tanda khusus yang bisa dirasakan dan menjadi indikasi. Seperti tremor atau saraf yang selalu bergetar, sulit konsentrasi, sering berkeringat, peningkatan tekanan darah, sulit tidur, mual-mual dan muntah. Sedangkan ciri fisik yang bisa dilihat adalah rambut rontok, membesarnya kelenjar payudara pada pria dan kelenjar tiroid membesar.

Penyebab hipertiroid yang harus diwaspadai

Gejala bisa timbul dari sistem imun yang tidak seimbang [sumber gambar]

Dilansir dari cnnindonesia.com, hipertiroid ternyata bisa disebabkan oleh kinerja imun yang berlebihan di dalam organ dalam. Secara otomatis, tubuh membuat antibodi yang disebut thyroid-stimulating immunoglobulin (TSI). Terciptanya imun ini membuat kelenjar tiroid bekerja terlalu aktif dan memproduksi hormon terlalu banyak. Ada pula peradangan pada kelenjar tiroid akibat infeksi bakteri yang disebut Tiroditis.

Bahaya dan efek hipertiroid pada tubuh

Osteoporosis karena serangan hipertiroid [sumber gambar]
Status waspada patut dicermati bagi mereka yang terserang penyakit hipertiroid. Jika tidak mendapakan penanganan yang tepat, dapat menyebabkan fibrasi atrium dan aritmia yang dapat memicu penyakit stroke pada pendertita. Dilansir dari halodoc.com, hipertiroid juga dapat menyebabkan gangguan pada tubuh. Seperti menggangu kinerja jantung, osteoporosis atau kerapuhan tulang, keguguran pada wanita hamil serta gangguan pada kulit dan penglihatan.

Pengobatan efektif jika terserang penyakit hipertiroid

Operasi menjadi alternatif untuk mengobati hipertiroid [sumber gambar]
Jika terindikasi mengidap hipertiroid, penderita bisa melakukan beberapa jenis pengobatan. Tentunya yang cocok dengan kondisi badan pasien dan pemyebab sakit. Beberapa terapi pengobatan yang bisa dicoba adalah operasi,radionuklir, dan minum tablet tertentu. Meski begitu, kondisi tubuh yang ada sangat mempengaruhi keberhasilan untuk sembuh.

Cara mencegah terserang penyakit tiroid

Pola hidup sehat dan olahraga bisa mencegah penyakit hipertiroid [sumber gambar]
Agar tak terserang penyakit ini, dianjurkan agar menerapkan pola hidup sehat seperti menjaga asupan makanan bergizi. Selain itu, berolahraga secara teratur dan menghindari kegiatan merokok juga bisa mencegah datanganya hipertiroid. Karena penyakit ini menyerang kelenjar tiroid, ada baiknya jika menjaga asupan yodium tetap berimbang di dalam tubuh. Tidak kekurangan maupun lebih.

Penyakit hipertiroid memang patut diwaspadai karena menyerang organ di dalam tubuh. Salah satu cara agar tidak terserang adalah, dengan mengubah pola hidup selama ini agar menjadi lebih sehat dan berkualitas. Selain itu, pencegahan secara dini juga bisa dilakukan dengan melihat gejala pada tubuh.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Sering Jadi Kebiasaan, Inilah Alasan Mengonsumsi Es Teh Ketika Berbuka Tidak Diperbolehkan

Duh! Akun Media Sosial 5 Artis Ini Pernah Dibajak oleh Orang Tak Bertanggung Jawab