in

6 Fakta Mengagumkan Tentang Penduduk Indonesia

page
page

Sebagai penduduk Indonesia, kita tinggal di sebuah wilayah yang terdiri dari banyak pulau. Banyaknya pulau ini membuat bangsa Indonesia memiliki beragam budaya dan kebiasaan berbeda di setiap wilayah. Bahasa, adat istiadat, dan bentang alam yang berbeda justru menjadi pusaka tak ternilai yang dimiliki negara kita.

BACA JUGA: Nggak Nyangka! 6 Seleb Yang Mendunia Ini Punya Darah Keturunan Indonesia

Nyatanya, walaupun hidup dalam banyak perbedaan, penduduk Indonesia tetap memiliki nilai yang spesial di mata dunia. Pasalnya, memang banyak sekali keunikan bangsa Indonesia yang tidak dimiliki bangsa lain. Hal-hal mengagumkan apa yang dimiliki penduduk negeri ini?

1. Pulau Terpadat di Dunia

Luas wilayah Indonesia mencapai 1.904.569 km2, dengan lebih dari 17 ribu pulau di dalamnya. Wilayah perairan Indonesia mencapai lima persen dari total luas wilayah. Namun uniknya, walau terdiri dari ribuan pulau, kebanyakan orang Indonesia justru memilih tinggal di Pulau Jawa.

Berdasarkan data Badan Statistik Nasional, jumlah penduduk pulau Jawa mencapai 60 persen dari total warga negara Indonesia. Padahal, pulau Jawa sendiri luasnya hanya mencapai 7 persen dari luas keseluruhan. Pulau Jawa pun menjadi pulau padat di dunia. Hingga saat ini, diperkirakan 130 juta jiwa tinggal di pulau ini.

Pulau terpadat di dunia [image source]
Pulau terpadat di dunia [image source]
Memang tidak aneh jika penduduk memilih tinggal di Pulau Jawa. Keberadaan DKI Jakarta sebagai ibukota negara menjadikan pulau ini sebagai wilayah paling maju di seluruh Indonesia. Infrastruktur, teknologi, pendidikan, dan berbagai aspek di dalamnya dianggap lebih maju ketimbang wilayah lainnya.

Written by Riris Permatasari

Leave a Reply

7 Kelompok Militan Ini Bukti Bahwa Islam Bukan Teroris

Inilah 5 Cara Paling Sadis dalam Ritual Pengorbanan Manusia di Masa Lalu