in

5 Fakta Gurkha, Pasukan Bayaran Paling Sangar yang Kiprahnya Mendunia

5. Pasukan Gurkha Versus TNI

Ya, pasukan bayaran yang melegenda ini ternyata pernah berhadapan dengan TNI. Ketika itu di tahun 60an, Bung Karno yang tersinggung dengan sikap Malaysia akhirnya menjawab ocehan negeri Jiran dengan menurunkan pasukan di perbatasan Kalimantan. Awalnya ini hanyalah pertempuran Indonesia Malaysia, namun Inggris yang saat itu masih jadi tuan Malaysia akhirnya turun meladeni Indonesia.

Prajurit Gurkha [Image Source]
Prajurit Gurkha [Image Source]
Nah, dalam kesempatan inilah akhirnya TNI bertemu dengan Gurkha ditambah SAS milik Inggris. Tercatat ada dua kali serangan yang terjadi. TNI menang telak di serangan yang pertama dengan menewaskan 20 orang Gurkha. Namun di pertempuran kedua di Gunung Tepoi tentara kita menelan kekalahan menyakitkan. 24 orang TNI tewas kala itu.

Baca Juga: 5 Fakta Sangar Pasukan Khusus Amerika ini Bikin Dunia Ampun-Ampun

Inilah ngerinya pasukan Gurkha. Kecil sih orangnya, tapi kemampuannya benar-benar bikin begidik. Bahkan Indonesia pernah kalah dengan mereka. Kini tentara ini dikatakan tergabung dalam kemiliteran Inggris. Tak hanya itu, India konon juga memiliki beberapa korps khusus yang isinya adalah orang-orang Gurkha.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

5 Dunia Paling Tersembunyi di Bumi ini Akhirnya Ditemukan Manusia

Inilah Rupa Chernobyl Hari ini, Kota Mengerikan Bekas Tragedi Nuklir Paling Berdarah Sepanjang Sejarah