in

Mengulik Fakta Tentang Nefertiti, Wanita Berpengaruh Mesir yang Katanya Lebih Cantik dari Cleopatra

Ketika membicarakan wanita cantik zaman Mesir kuno, jarang sekali orang mengaitkan nama Nefertiti. Selalu Cleopatra-lah yang disebut-sebut sebagai sosok tercantik yang pernah hidup di tanah Paraoh. Padahal, kalau berkaca pada bukti-bukti yang ada berupa pahatan, patung, dan sebagainya, Nefertiti ini juga dipastikan sangat cantik. Bahkan menurut catatan sejarah, Nefertiti punya sebutan sendiri untuk melambangkan kecantikannya itu.

Nggak hanya cantik, Nefertiti sendiri juga bisa dianggap sebagai wanita paling berkuasa di masa Mesir kuno. Alasannya apalagi kalau bukan karena selain menjadi ratu, Nefertiti juga pernah memimpin Mesir alias jadi seorang Paraoh. Di masanya, Mesir mengalami kemajuan yang cukup bagus terutama di bidang ekonomi dan sosial.

Sayangnya, sampai hari ini sosok mumi Nefertiti belum ditemukan. Padahal dari sana para akeolog bisa memastikan kebenaran cerita sejarah serta rumor yang mengatakan kalau Nefertiti ini cantiknya luar biasa. Masih soal sang ratu cantik, berikut adalah beberapa fakta unik dan menarik soal Nefertiti.

Sosok Nefertiti yang Dikabarkan Sangat Cantik

Nggak hanya Cleopatra, julukan wanita tercantik di Mesir sepertinya juga patut untuk disandang oleh Nefertiti. Alasannya apalagi kalau bukan karena sosok satu ini sungguh luar biasa. Cerita mengatakan kalau fisik Nefertiti ini sempurna, belum lagi wajahnya yang dianggap orang-orang dulu seperti titisan dewi.

Kecantikan luar biasa Nefertiti [Image Source]
Kecantikan luar biasa Nefertiti [Image Source]
Cantiknya Nefertiti juga dilambangkan dari namanya sendiri. Ya, Nefertiti ini memiliki arti Wanita Cantik Aten. Aten sendiri adalah semacam nama Tuhan dari orang-orang Mesir zaman dulu. Diberi nama sedemikian tinggi, sudah barang pasti Nefertiti memang cantik. Nama Nefertiti sendiri diberikan oleh Akhenaten, seorang Paraoh yang juga suaminya. Nama itu sendiri jadi bukti kekaguman Akhenaten akan kecantikan istrinya.

Nefertiti Adalah Wanita Terkuat Mesir

Nggak hanya dikabarkan sangat cantik, Nefertiti juga dianggap sosok yang sangat hebat. Begitu banyak hal yang dilakukannya. Entah ketika semasa menjadi ratu dari Akhenaten, atau ketika ia menjabat Paraoh sepeninggal suaminya.

Akhenaten dan Nefertiti [Image Source]
Akhenaten dan Nefertiti [Image Source]
Ketika masih jadi Ratu, Nefertiti dan Akhenaten sukses membawa banyak perubahan. Mulai dari mengubah pandangan keagamaan orang-orang Mesir sampai mengganti ibukota. Ia memang hanya ratu ketika itu, tapi kuasanya sangat besar. Nah, jika saat jadi ratu saja sudah begitu berkuasa, apalagi ketika Nefertiti diangkat menjadi Paraoh? Ya, Mesir seolah berada di genggamannya saat ini. Inilah bukti kalau Nefertiti adalah wanita terkuat dan paling berkuasa di Mesir.

Misteri Mumi Nefertiti yang Belum Terungkap

Sosok Nefertiti ini sama terkenalnya seperti para Paraoh. Namun, yang aneh, muminya begitu sulit untuk ditemukan. Padahal sebagai tokoh besar dan bahkan pernah menjadi Paraoh, seharusnya makam Nefertiti sudah sangat jelas. Ya, di bagian paling besar di antara makam para raja-raja. Namun, sayangnya Nefertiti tak pernah ditemukan di sana.

Misteri mumi Nefertiti [Image Source]
Misteri mumi Nefertiti [Image Source]
Rumor mengatakan jika mumi Nefertiti ada di sebuah tempat tersembunyi. Dan para arkeolog yakin kalau tempat ini nggak jauh dari makam Tutankhamun. Hal ini didasari oleh pendapat seorang arkeolog bernama Dr. Reeves yang mengatakan jika makam Nefertiti ada di sebuah tempat di ruangan makam Tutankhamun. Sayangnya, meskipun sudah dicari-cari, mumi Nefertiti tidak kunjung ditemukan juga.

Kematian Nefertiti juga Jadi Misteri

Nggak hanya tentang lokasi makam dan muminya, kematian Nefertiti sendiri adalah hal yang masih misterius hingga hari ini. Meskipun demikian, ada beberapa teori soal kematian sang Ratu. Pertama adalah anggapan kalau Nefertiti meninggal karena terkena wabah. Dulu memang pernah terjadi semacam wabah mematikan di mesir. Dan mungkin saja ratu menjadi salah satu korbannya.

Kematian Nefertiti pun masih jadi misteri [Image Source]
Kematian Nefertiti pun masih jadi misteri [Image Source]
Teori berikutnya mengatakan Nefertiti meninggal lantaran sakit biasa. Jadi, setelah menjabat Paraoh untuk sebentar, kemudian Nefertiti pun mundur dari jabatannya dan hidup damai. Kemudian dalam masa tuanya ini Nefertiti pun meninggal. Soal waktu meninggalnya, masih belum diketahui juga kapan tepatnya sang ratu ini menghembuskan napas terakhirnya.

Nefertiti Diselingkuhi Akhenaten

Nefertiti dan Akhenaten bisa dibilang merupakan pasangan raja ratu terhebat Mesir. Di bawah keduanya, negerinya sungai Nil ini meraih kejayaannya. Sayangnya, meskipun jadi pasangan terbaik, Akhenaten katanya tak benar-benar puas akan Nefertiti. Alasannya nggak lain karena Nefertiti tak sanggup memberikannya seorang putra.

Akhenaten [Image Source]
Akhenaten [Image Source]
Akhenaten yang merasa butuh penerus akhirnya mengawini adiknya sendiri dan akhirnya melahirkan Tutankhamun. Tutankhamun sejak kecil berada di pengawasan Nefertiti dan hebatnya tak sekalipun si ratu cantik ini dendam. Padahal secara nggak langsung Akhenaten jelas sudah menyelingkuhinya.

Mesir kuno memang selalu jadi hal yang sangat menarik untuk diulas. Pasalnya begitu banyak misteri-misteri yang tak terpecahkan tentang bangsa ini. Bukan hanya soal piramid atau deretan bangunan unik lainnya, tapi juga sosok-sosok pentingnya. Salah satunya ya si Paraoh Cantik ini.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Inilah Tontaipur, Pasukan Spesial Angkatan Darat Indonesia yang Kemampuannya Luar Biasa

Beberapa Alasan Kenapa Wanita Uzbekistan itu Bakal Cocok Banget dengan Pria-Pria Indonesia