Dagelan receh yang belakangan ini mulai banyak diminati di media sosial, ternyata menjadi jalan ketenaran bagi sosok Muhammad Rijal Mulyana. Lewat akun dan channel Bang Ijal TV yang berada di YouTube maupun Instagram, ia sukses mengocok perut netizen dengan komedi-komedi yang kerap disebutnya receh tersebut. Tak sendiri, Rijal juga mengajak Fiki dan Joker sebagai partnernya membuat konten video yang lucu.

Yang menarik, semuanya diawali hanya dari sebuah ponsel berkamera dan ide-ide lucu ala anak-anak perkampungan di Jakarta yang terlontar begitu saja. Seiring berjalannya waktu, ia pun mulai serius membuat konten ‘gabut’, namun dikemas secara profesional. Saat diwawancarai Tim Boombastis pada minggu (22/10/18), ada beberapa hal unik dari sosok Bang Ijal yang tentu menarik untuk disimak.

Dari Muhammad Rijal menjadi Bang Ijal TV

Saat pertama mengawali, Rijal mencoba membuat akun pada bulan Agustus 2105 dan upload video pertamanya di bulan Desember 2015. Saat itu, dirinya yang masih idealis masih mengunakan namanya sendiri (Muhammad Rijal) pada akun baru tersebut. Namun, Rijal kemudian merubah nama channel-nya menjadi Bang Ijal agar tak terlalu menyoroti dirinya pribadi. Penamaan ini pun merujuk dari kebiasaan teman sekolahnya dulu yang akrab memanggil dirinya sebagai Bang Ijal.

Dari Muhammmad Rijal menjadi Bang Ijal TV [sumber gambar]
Tak hanya itu, Rijal mengaku sempat berpikir keras mencari nama belakang yang pas dari akun Bang Ijal miliknya. Hal ini ia lakukan agar menjadi pembeda dari nama sejenis yang memang banyak bertebaran di dunia maya. Sempat berpikir menggunakan frasa “Production”, ia akhirnya memilih TV sebagai tambahan di belakang akun miliknya. pada pertengahan 2016, secara resmi Rijal mulai menyandang nama Bang Ijal TV. Tak lupa, ia juga mengajak kawan sepermainannya di kampung seperti Fiki dan Joker.

Mulai mendulang sukses dari kerja kerasnya

Sekian tahun bekerja keras membuat konten receh nan gabut, kreativitas Rijal mulai menunjukan hasilnya. Berkat konten video “Nasi” yang ia bikin bersama dengan Fiki, perlahan Channel Bang Ijal TV miliknya menuai sukses. Padahal, Rijal awalnya hanya mengikuti trend-trend video yang saat itu tengah populer di media sosial. Namun, seiring namanya mulai dikenal, ia mulai berbenah dan lebih fokus menggarap konten.

Bang Ijal sukses menjadi konten kreator [sumber gambar]
Tak lagi menjadi followers semata, Bang Ijal TV perlahan mulai berubah menjadi trendsetter di sosial media. Menurut Rijal, hal ini ia lakukan untuk mencari identitas dan sisi unik dari channel miliknya. Bagaimana agar netizen langsung mengenal nama Bang Ijal TV saat melihat sebuah video yang original karya mereka.

Melejit berkat ide yang unik dan original

Salah satu letak kesuksesan Bang Ijal TV adalah tema kontennya yang bisa dibilang mewakili kehidupan masyarakat. Utamanya warga urban Betawi di perkampungan yang memiliki aktivitas padat. Dengan mengangkat kejadian sehari-hari yang unik, lucu dan merakyat, Rijal sukses membentuk brand Bang Ijal TV sebagai channel komedi yang disukai.

Terbukti, ia kini berhasil mengumpulkan 2 juta pengikut di akun Instagram resminya dan 557,138 (sekarang 752.000) subscribers di Youtube. Tentu saja, kesuksesan ini turut mengangkat nama Rijal dan teman-temannya yang bekerja keras memproduksi konten-kontent receh nan gabut, namun berkualitas.

Kehidupan asli yang ternyata biasa-biasa saja

Sukses dikenal sebagai artis di sosial media, membuat kehidupan Rijal tak semata-mata langsung berubah. Saat tim Boombastis mewawancari dirinya, ia mengaku masih menjadi seorang karyawan swasta di kawasan Halim, Jakarta Timur. Rekannya-rekannya seperti Fiki bahkan masih bersekolah. Sementara Joker tetap setia dengan profesinya sebagai pedagang siomay

Kehidupan Bang Ijal layaknya orang kebanyakan [sumber gambar]
Tentu saja, ada perubahan yang cukup signifikan setelah Rijal mulai dikenal masyarakat lewat konten Bang Ijal TV miliknya. Seperti misalnya, ia kerap disapa orang-orang di jalanan saat pergi ke suatu tempat. Selain itu, Rijal juga merasakan ada kemajuan di bidang materi, meski ia enggan menyebut nominal yang didapat. Dirinya juga sudah bisa mengajak teman-temannya liburan ke tempat wisata dan memiliki basecamp dengan peralatan untuk membuat konten yang memadai.

Keakraban antar personal hingga sukses bekerjasama

Dalam konten Bang Ijal TV, sosok Fiki dan Joker menjadi sorotan selain Rijal sendiri. Memang, salah satu kekuatan konten mereka ada pada sosok kedua rekannya tersebut. Fiki, bocah tambun yang masih bersekolah, merupakan keponakan dari Rijal Sendiri. Kebetulan, Fiki baru saja pindah rumah yang berdekatan dengan tempat tinggal Rijal. Ia pun kemudian diajak sebagai salah satu tokoh yang mengisi konten-konten video Bang Ijal TV.

Bang Ijal bersama Fiki dan Joker [sumber gambar]
Untuk Joker sendiri, ia berprofesi sebagai tukang siomay yang berdagang sejak tahun 1993 hingga saat ini. Bahkan sejak Rijal kecil, dirinya telah berjualan dan tetap setia dengan profesinya. Bisa dibilang, mereka berdua merupakan sosok yang tak asing bagi Rijal. Dengan begitu, proses pembuatan konten video di Bang Ijal TV bisa berjalan dengan baik. Yang unik, terkadang Rijal harus bisa membujuk Fiki untuk ikut syuting video. Sedangkan Joker, kerap dituntun untuk menghafal script dialog lantaran ia sering lupa mengingat naskah..wkwkwk..

BACA JUGA: 5 Sosok Familiar yang Sering Nongol dalam Video ‘Receh’ Bang Ijal TV

Salut, itulah yang penulis rasakan saat berhasil mewawancarai sosok yang satu ini. Dimulai dari nol dengan peralatan sedanya, Rijal berhasil mengangkat kehidupan masyarakat jelata yang dikemas dalam sebuah komedi yang unik lewat Bang Ijal TV. hal ibi menjadi penyemangat sekaligus cambuk bagi mereka yang ingin sukses menjadi konten kreator.