in

Fakta Gaharnya Militer Rusia yang Bikin Negara Lain Tak Berani Macam-Macam

Kekuatan darat Rusia [Image Source]

Berbicara soal militer terkuat, tentu kita bakal langsung kepikiran nama Amerika. Tidak ada yang salah dengan itu mengingat si negeri Paman Sam ini memang peringkat pertama dunia dalam hal militer. Namun, meskipun memiliki pamor dan peringkat, tapi negerinya Trump itu tidak unggul secara mutlak. Ya, alasannya tak lain karena ada satu negara lainnya yang dikatakan juga memiliki kekuatan militer gahar.

Tentu kita sudah tahu siapa negara yang dimaksud. Benar, ia adalah Rusia, sang negeri pemenang Perang Dunia II. Soal militer, tak bisa ditampik kalau Rusia memang sungguh luar biasa. Di tiap lininya, Rusia memiliki kekuatan terbaik dengan jumlah yang masif. Entah itu tentara, sampai alutsista-alutsista. Bahkan kekuatan ini juga masih didukung oleh keuangan yang begitu edan.

Dengan semua yang dimiliki, maka tak heran kalau Rusia sangat ditakuti. Bahkan oleh Amerika yang notabene adalah juara dunia soal militer. Lebih dalam soal militer Rusia, berikut adalah beberapa fakta tentangnya yang mungkin akan membuatmu terkagum-kagum.

Rusia Memiliki Jumlah Tentara yang Tak Karuan

Berbicara soal jumlah tentara, Rusia bisa dibilang merupakan negara dengan serdadu aktif terbanyak. Menurut data yang dihimpun Global Fire Power, sampai hari ini mereka memiliki setidaknya 766 ribu tentara. Jumlah ini mungkin bukan yang terbanyak, tapi masih masuk empat besar dunia setelah India, AS, dan Tiongkok.

Kekuatan tentara Rusia [Image Source]
Jumlah tentara Rusia memang tak sebanyak AS atau Tiongkok. Namun, soal kualitas jangan ditanya. Dari jumlah tersebut, rata-rata adalah anggota pasukan elit, termasuk Spetsnaz yang terkenal itu. Dengan mempertimbangkan jumlah serta kualitas, maka bisa dikatakan kalau tentara Rusia ini adalah yang terbaik.

Negara Pemilik Alutsista Darat Terbaik

Soal tentara, Rusia bolehlah kalah kuantitas dari beberapa negara, tapi lain hal kalau ranahnya adalah alutsista, terutama bagian darat. Ya, negara ini adalah pemilik kekuatan darat terbaik dan paling tangguh di dunia. Hal ini bisa kita lihat dari koleksi mainan darat mereka yang bikin geleng-geleng jumlahnya.

Kekuatan darat Rusia [Image Source]
Misalnya tank, Rusia saat ini memiliki sekitar 15.398 buah. Jumlah ini adalah yang terbanyak di dunia. Bahkan Amerika si jawara saja hanya memiliki 8.800an buah. Tak hanya punya tank dengan jumlah tak karuan, Rusia masih memiliki beberapa koleksi lain. Misalkan 31.298 buah kendaraan tempur lapis baja serta sekitar 3.793 mobil peluncur rudal. Benar-benar edan!

Kekuatan Udara Rusia Bagai Monster

Rusia tak hanya dikenal sebagai negara dengan kekuatan darat terbaik, tapi juga ketangguhan dirgantara paling mumpuni. Hal dibuktikan lewat banyaknya koleksi alutsista udara mereka yang jumlahnya benar-benar banyak. Misalnya adalah pesawat tempur, mereka memiliki sekitar 751 buah, sedangkan untuk jenis penyerang Rusia memiliki 1.438 biji.

Kekuatan udara Rusia [Image Source]
Tidak hanya sampai situ, Rusia juga memiliki hampir lima ratus helikopter tempur serta ribuan pesawat jenis lainnya. Sebenarnya kalau soal jumlah, hal tersebut sama sekali bukan masalah bagi Rusia. Pasalnya, seperti yang kamu tahu, mereka selalu bisa bikin pesawat sendiri. Mau menambah beberapa ratus hanya masalah waktu saja.

Kekuatan Laut Rusia Sangat Mematikan

Berbicara soal kekuatan laut, Rusia juga tentu sangat menakutkan. Hal ini bisa dilihat lagi dari banyaknya jumlah armada-armada Navy mereka. Menurut Global Fire Power, Rusia memiliki cukup banyak kapal perang dalam berbagai jenis. Misalnya 81 buah Corvette, 15 Destroyer, serta 4 Frigates. Jangan lupa, mereka juga memiliki satu buah kapal induk raksasa.

Kekuatan laut Rusia [Image Source]
Tak habis sampai sana, Rusia juga masih menyimpan sekitar 60 buah kapal selam yang masing-masingnya memiliki daya hancur yang besar. Soal jumlah, lagi-lagi Rusia sebenarnya sangat bisa menambah alutsista-alutsista lautnya mengingat mereka adalah produsen. Jadi, mungkin hanya masalah situasi dan kondisi saja. Ketika dirasa perlu memperbanyak, mereka akan melakukannya tanpa perlu memikirkan banyak hal.

Kemampuan Beli Rusia yang Luar Biasa

Tak hanya alutsista dan jumlah tentara, kekuatan militer sebuah negara juga harus dilihat dari kekuatan uang mereka. Dan berbicara soal dana, Rusia adalah salah satu negara paling kuat. Diketahui, Rusia menganggarkan sekitar $46,6 miliar untuk militer tiap tahunnya. Sebagai perbandingan, Indonesia hanya menganggarkan sekitar $6,9 miliar saja.

Budget militer Rusia besar [Image Source]
Dana $46,6 miliar yang digelontorkan Rusia tentu bukan satu-satunya daya finansial yang mereka miliki. Dalam kondisi tertentu Rusia bisa memberdayakan semua kekuatan kekayaannya. Dalam keadaan terpaksa, Rusia mampu menganggarkan sekitar $3,5 triliun. Dengan jumlah uang sebanyak ini mereka bisa merealisasikan apa pun. Entah menambah beberapa ribu tank atau menggandakan jumlah pesawat tempur mereka.

Rusia hari ini mungkin masih peringkat dua, namun diprediksikan kalau mereka bakal bisa jadi juara pada beberapa tahun ke depan. Alasannya banyak, beberapa di antaranya adalah kemampuan militer yang semakin hebat serta terjerembabnya Amerika. Untuk alasan kedua itu, sepertinya langkah pertamanya sudah dimulai sejak beberapa waktu yang lalu.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Inilah Peringkat Para Presiden Indonesia Berdasarkan Kekayaan yang Dimiliki

5 Jenis Hukuman Keji Ini Jadi Makanan Sehari-Hari Para Wanita Eropa di Masa Lalu