in

4 Fakta Gregetnya Kota Boyolali yang Sampai Dijuluki New Zealand-Nya Indonesia

Beberapa waktu yang lalu kota Boyolali sepertinya kembali viral diperbincangkan di kalangan netizen. Hal itu karena adanya ucapan salah satu politisi yang agaknya membuat banyak orang sana sedikit tersinggung. Kejadian ini pun jadi bahan pembicaraan sampai debat. Bahkan masuk trending topic di Twitter selama beberapa hari.

Terlepas dari apa yang terjadi, sebenarnya tau tidak sih kalau kota ini ternyata sempat punya julukan yang keren. Ya, Boyolali ini punya nama lain yakni New Zealand-nya Indonesia. Wih keren juga ya, pasti bikin bangga itu. Lalu kenapa julukan tersebut disematkan? Simak ulasan berikut.

Susu jadi salah satu komoditas utama di sana

Julukan sebagai New Zealand-nya Indonesia ternyata bukan tanpa alasan. Hal itu ternyata berhubungan dengan komoditi yang ada di Boyolali sendiri yang memang mirip dengan New Zealand. Seperti yang kita ketahui kalau susu dan daging jadi salah satu produk utama dari negara itu.

Susu Boyolali [sumber gambar]
Pun demikian dengan Boyolali yang susu dan daging jadi salah satu pemasukan terbesar di sana. Jadi jangan kaget kalau di sana banyak agrowisata perah susu dan segala hal yang berbau dengan ternak. Dan tentu produk yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik bahkan terkenal sampai ke luar.

Jadi salah satu penghasil terbesar di Jawa

Siapa sangka kalau susu yang dihasilkan dari daerah di Jawa Tengah ini ternyata jadi salah satu pemasok besar. Bayangkan saja, dilansir dari Good News from Indonesia, kota yang satu ini ternyata menguasai kurang lebih 20 persen pasokan susu nasional pada tahun 2016.

New Zealand Indonesia [sumber gambar]
Jadi bukan hal yang aneh daerah ini menguasai pasar Jawa Tengah dengan sumbangsih 72 persen pasokan di sana. Tidak hanya menjadikan susu untuk diminum, ternyata di sana juga memproduksi beberapa varian lainnya seperti keju dan susu fermentasi. Melihat beberapa fakta itu, wajar bukan kalau kota ini juga diberi nama ‘Kota Susu’ karena hasilnya uang melimpah.

Tidak hanya di dalam negeri namun sampai ke luar

Satu hal lagi mengenai susu yang bikin bangga tentang Boyolali ini adalah prestasinya yang sampai mancanegara. Seperti New Zealand, kualitas dari susu Boyolali memang diakui sehingga banyak yang menyenangi. Salah satunya adalah Myanmar yang ternyata sempat melakukan ekspor besar-besaran susu asli Jawa Tengah itu.

Sampai luar negeri [sumber gambar]
Tak menutup kemungkinan kalau negara ASEAN lain juga tertarik karena memang kualitas yang baik. Selain itu, ternyata Boyolali juga dikenal sebagai penghasil keju dengan cita rasa Eropa. Bayangkan saja, beberapa cita rasa keju seperti mozarella, keju kraf, dan keju feta yang memang hampir jarang yang memproduksi di Indonesia.

Selain itu keindahan kota dan prestasi yang diacungi jempol

Masih ada hal yang lain yang membuat kota yang satu ini pantas diberi gelar-gelar hebat. Salah satunya adalah masalah keindahan pariwisata kotanya yang memang mesti diacungi jempol. Ada beberapa gunung yang ada di sana semisal gunung Merbabu dan Merapi yang selalu ramai dikunjungi oleh banyak wisatawan.

Keindahan kota dan pariwisata [sumber gambar]
Selain itu, Boyolali juga meraih penghargaan Adipura yang ke-10 sebagai kota terkecil namun dengan lingkungan yang paling bersih. Oleh sebab itu jika datang ke kota ini banyak orang yang mengaku betah dan krasan. Jadi bukan hal yang aneh kalau mulai dari julukan ‘New Zealand from Indonesia’, Kota Susu dan yang lainnya disematkan pada daerah ini.

Meskipun kota kecil, namun Boyolali menunjukkan kualitasnya yang luar biasa. Mulai dari produksi susu yang tembus pasar dunia, hingga keindahan kota yang diakui oleh negara. Oleh sebab itu sampai saat ini Boyolali jadi salah satu kota kecil yang diunggulkan di Indonesia.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

4 Bangunan di Luar Negeri yang Dibangun untuk Menghormati Tokoh Penting Indonesia

Dessy Ratnasari Buka-bukaan Kisahnya Selama Menjadi Pacar Suami Maia Estianty