Beberapa waktu lalu, film Gundala yang telah ditayangkan di bioskop-bioskop Tanah Air ternyata menuai sukses besar. Dilansir dari CNBC Indonesia, film garapan Joko Anwar ini telah menembus 1 juta penonton pada hari ke-7 penayangannya. Namun tak banyak yang tau, PT Screenplay Bumilangit Produksi atau Bumilangit Studios juga disokong oleh investor papan atas yakni Erick Thohir, bos Mahaka Media.

Sebelumnya, sosok Erick Thohir dikenal lekat dengan dunia bisnis di Tanah Air. Saudara dari Garibaldi Thohir atau biasa disapa sebagai Boy Thohir ini, merupakan pengusaha media ternama dan pemilik dari klub olahraga terkenal dunia. Kegemarannya di dunia tersebut, membuat dirinya tak ragu untuk menggelontorkan nilai investasi yang besar. Bukan hanya sebagai pengusaha, Erick juga dikenal dengan prestasi-prestasinya.

Dikenal sebagai pengusaha media sukses

Dikenal sebagai pemilik Mahaka Group [sumber gambar]
Pria kelahiran Jakarta, 30 Mei 1970 ini merupakan pemilik dari Grup Mahaka, bisnisnya di bidang media yang didirikan pada 1993 silam. Seiring berjalannya waktu, usahanya semakin berkembang hingga merambah ke berbagai bidang. Diketahui, Erick pemilik Jak TV dan beberapa radio, seperti Gen FM, Delta FM dan Female Radio. Ia juga pernah membeli Harian Republika pada 2001 yang saat itu didera krisis ekonomi. Di bidang televisi, Erick juga menjadi pemilik saham di TVOne.

Pemilik klub olahraga besar yang membuat Indonesia bangga

Erick Thohir saat membeli kepemilikan Inter Milan [sumber gambar]
Dikenal sangat menyukai dunia olahraga, Erick juga sempat menjadi pemilik klub sepakbola ternama asal Italia, Inter Milan, dan DC United asal AS yang dibelinya beberapa waktu lalu. Tak ayal, prestasi ini tentu membuat Indonesia bangga karena salah satu putra terbaiknya bisa menjadi orang terpenting di klub besar tersebut. Di Tanah Air, Erick juga menjadi Wakil Komisaris Utama PT Persib Bandung Bermartabat [PT PBB] dan menjadi orang Asia pertama yang memiliki Tim Basket NBA, Philadelphia 76ers.

Dipercaya sebagai Ketua Panitia Asian Games Jakarta-Palembang 2018

Dipercaya sebagai Ketua Asian Games Jakarta-Palembang 2018 [sumber gambar]
Pengalaman panjangnya dengan dunia olahraga dari sisi bisnis, membuat Erick terpilih untuk menangani gelaran Asian Games Jakarta-Palembang 2018 sebagai Ketua Panitia (Inasgoc). Tak hanya itu, pemilik Mahaka Grup itu juga menduduki kursi penting di ajang olahraga internasional. Oleh Presiden Joko Widodo, ia memilih Erick Thohir karena selalu sukses, termasuk dalam penyelenggaraan Asian Games.

Ikut mendukung perkembangan film Tanah Air

Erick Thohir saat peluncuran Bumi Langit [sumber gambar]
Ranah hiburan di Indonesia juga tak lepas dari peran seorang Erick Thohir. Film Gundala yang baru-baru ini telah tayang di bioskop Tanah Air, merupakan salah satunya. Diketahui, ia merupakan investor di balik PT Screenplay Bumilangit Produksi atau Bumilangit Studios, kreator dari serial superhero lokal Indonesia. “Dengan adanya karya kreatif ini saya optimis bahwa negara kita mampu untuk menjadi negara pop-culture dengan nilai-nilai kebudayaan yang digemari oleh masyarakat dunia,” kata Erick, dikutip CNBC Indonesia.

Berhasil meraih berbagai penghargaan bergengsi

Erick Thohir saat meraih penghargaan [sumber gambar]
Dikenal berhasil di pelbagai bidang bisnis, membuat pria peraih program Master of Business Administration dari Universitas Nasional California, Amerika Serikat itu banjir penghargaan. Dilansir dari Okezone Sports, Erick mendapat penghargaan dari majalah Forbes Indonesia sebagai Business Man of The Year 2018, dan anugerah Inspirator Go Internasional di ajang Golden Award SIWO PWI Pusat.

BACA JUGA: Sehari Sedekah Rp 10 Juta, Inilah Sosok HM Fitno yang Bikin Orang Kaya Kapok Pamer Harta

Bisa dibilang, sosok Erick Thohir adalah pengusaha media yang komplit. Selain memiliki stasiun TV sendiri, ia juga menjadi salah satu pebisnis yang membidangi kelahiran tokoh-tokoh superhero Indonesia di era modern. Tak salah bila dirinya yang juga mendapat apresiasi dan penghargaan dari berbagai pihak. Hebat ya Sahabat Boombastis.