in

5 Fakta Elders Garage, Bengkel Modifikasi Motor Chopper yang Bikin Jokowi Jatuh Hati

Beberapa waktu silam, warganet dihebohkan oleh aksi presiden Jokowi menaiki motor bergaya chooper yang telah dimodifikasi. Berpose dengan latar belakang Istana Negara, Jokowi sukses merebut perhatian netizen di Indonesia. Tak hanya itu, aura motor bercat kuning keemasan tersebut, menambah kesan sangar sosok presiden Indonesia ketujuh tersebut.

Namun di balik itu semua, terselip sebuah nama bengkel yang sangat familiar di telinga para penggemar motor custom Jakarta. Elders Garage, bengkel yang khusus memodifikasi motor custom tersebut, merupakan “arsitek” di balik gaharnya motor chopper sang Presiden. Untuk mengenal Elders Garage lebih jauh, simak ulasan di bawah berikut ini.

Awalnya bukan sebagai bengkel modifikasi motor

Saat itu, Elders Garage bukanlah sebuah bengkel yang langsung mengkhususkan diri sebagai modifikator motor Chopper. Alih-alih menjadi sebuah bengkel, mereka mengawali bisnis dengan menyediakan pakaian bertema “dunia motor” siap pakai. Karena melihat peluang yang bagus di bisnis bengkel, Elders kemudian melebarkan sayap bisnisnya di bidang perbengkelan.

Awalnya penyedia outfit motoris [image source]
Awal dari berdirinya bengkel ini pun sebenarnya cukup unik. Berawal dari sebuah bengkel kecil yang menerima servis berbagai macam motor manual mapun matic hingga tambal ban, perlahan bengkel ini berubah haluan dengan menjadi bengkel yang menerima modifikasi motor. Hal ini dilakukan setelah melihat potensi dari salah seorang anggota bengkel tersebut yang bernama David Zutur, ternyata mempunyai skill yang mumpuni untuk memodifikasi motor.

Customer motor tua yang merubah segalanya

Saat resmi menjadi sebuah bengkel, datanglah seorang customer yang ingin membetulkan sistem pengapaina pada motor tua Honda CB200 Twin tahun 1970. Tak disangka, bengkel tersebut mampu menyelesaikannya dengan baik. Motor tua itupun kembali menyala. Menurut David Zutur, selaku Chief Engginer dari Elders Garage, momen keberhasilan tersebut menjadi pintu bagi customer “motor tua” lainnya untuk datang ke bengkelnya.

Customer pertama yang menguntungkan [image source]

Dari situ, nama Elders Garage mulai dikenal luas sebagai bengkel modifikasi motor. Bengkel ini juga melayani special custom yang melayani modifikasi motor-motor beraliran klasik di era 1960-an, mirip dengan gaya pembalap Indonesia, Tommy Manoch yang mahsyur dengan motor “ulah adigung” nya. Keberadaan Elders garage sendiri merupakan bagian dari Elders Company yang menjual beragam jaket dan baju untuk pemotor.

Menjadi terkenal berkat Presiden Jokowi

Menurut salah satu founders Elders Garage, Andrianka, dirinya saat itu sempat tidak percaya jika salah kendaraan besutan bengkel tersebut, hendak dibeli oleh Presiden Jokowi. Motor dengan style custim yang rangkanya dibalur dengan warna emas tersebut, ternyata membuat pak Presiden jatuh hati. Padahal motor tersebut baru saja mengikuti ajang Yokohama Hot Rod Custom Show, pada Desember 2017 lalu.

Menjadi dikenal berkat Jokowi [image source]
Dirinya baru tersadar setelah pihak istana memberikan uang DP sebesar 50 persen dari harga motor tersebut. Motor tersebut dibangun dengan menggandeng Kick Ass Chopper yang berkolaborasi Bersama untk memodifikasi motor tersebut. Pihak Elders Garage akhirnya melepas motor tersebut dengan harga Rp 140 juta. Padahal kalo harganya terjangkau sih, jadi pingin beli juga tuh.

Besar karena kualitas hasil modifikasi

Selain dikenal ahli dalam memodifikasi motor beraliran Chooper, Elders Garage juga piawai dalam memadukan unsur modifikasi dengan bahan handmade alias buatan sendiri. Kemampuan tersebut dituangkan pada motor chooper gold yang dibeli oleh Presiden Jokowi beberapa waktu lalu.

Kualitas modifikasi yang bagus [image source]
Pada pengerjaan motor custom tersebut, Elders Garage menggunakan motor Royal Enfield Bullet 350 CC yang diproduksi tahun 2016. Yang unik, hampir 70 persesn dari rangka motor tersebut merupakan hasil buatan sendiri yang menggunakan bahan baku lokal. Hanya mesin dan ban saja yang bukan hasil modifikasi dari bengkel tersebut.

Layanan berkualitas menjadi kunci sukses

Sempat viral setelah produk motor custom besutannya dibeli oleh Presiden Jokowi, Elders Garage juga sangat populer lewat sosial media. Tak hanya motor chopper emas yang jadi bahan perbincangan netizen di tanah air, beberapa jenis motor custom lainnya, juga dinilai tak kalah kualitas dan gayanya dengan motor yang dibeli oleh Presiden Jokowi beberapa saat lalu.

Servis memuaskan jadi kunci sukses [image source]
Demam motor chooper yang melanda Indonesia, ditangkap dengan baik oleh Elders Garage dengan menawarkan berbagai konsep modifikasi motor chopper. Tak hanya itu, Elders Garage juga memberikan servis special order, dimana Elders Garage mampu menyelesaikan pengerjaan selama satu bulan, plus memberikan garansi service kepada pelanggan selama motor tersebut masih bisa diperbaiki

Tak disangka, Indonesia ternyata menyimpan banyak talenta berbakat di bidang otomotif. Salah satunya adalah Elders Garage. Hal ini dibuktikan dengan hasil karyanya yang menuai banyak pujian dari pecinta motor custom Indonesia. Terlebih, motor “racikan” bengkel tersebut juga menarik perhatian Presiden Jokowi. Harapannya, tentu aka nada lebih banyak lagi bengkel-bengkel lokal yang mampu menghasilkan karya modifikasi motor yang bercitarasa internasional dengan bahan lokal.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

5 perayaan Goal Paling Fenomenal yang Pernah di Lakukan oleh Pemain Indonesia

6 Curhatan Suami Bohongi Istri Ini Langsung Kena Karma, Ngenes tapi Kocak juga Sih