in

Ali Fauzi, Mantan Teroris yang Sanggup Buat Bom dengan Bahan Sederhana

Teror bom yang mengguncang Surabaya beberapa waktu lalu, meninggalkan luka yang begitu mendalam. Terutama bagi mereka yang menjadi korban dari kejadian itu. Selain melibatkan sebuah keluarga yang terkait dengan jaringan teroris luar negeri, pelaku peledakan tersebut juga menggunakan bom yang mempunyai daya hancur yang mematikan.

Tak hanya ledakan bom di Surabaya, salah mantan teroris bernama Ali Fauzi ini juga dikenal sangat lihai dalam meracik bahan peledak. Namanya pun sempat terseret dalam kasus bom Bali yang menggegerkan dunia internasional. Ratusan korban yang tergeletak tak bernyawa, menjadi bukti bahwa ramuan bomnya sangatlah menakutkan. Ngeri banget kan Sahabat Boombastis. Seperti apa sosok pria yang kini telah insyaf tersebut? Simak ulasan berikut.

Sanggup ciptakan bom mematikan yang berharga murah

Tak salah bila pepatah mengatakan, pengalaman adalah guru yang paling penting. Sama seperti Ali Fauzi yang kenyang asam garam dalam urusan bom, ia juga sanggup membuat peledak hanya bermodal uang Rp 100 ribu. Tak disangka, bahan-bahannya pun bisa dibeli secara bebas di minimarket. Mungkin, hal tersebut sangat tidak masuk akal bagi orang awam. Namun tidak dengan Ali Fauzi. Ia bahkan bisa membuat bom berdaya ledak luar biasa dengan bahan gula pasir dan campuran lainnya. Bahkan dengan pupuk urea dan lotion pun bisa menjadi alat untuk membuat bom seperti yang dilansir dari makkasar.tribunews.com

Sosok militan yang kenyang pengalaman organisasi

Pernah berjihad di luar negeri [sumber gambar]
Darah militan rupanya telah mengalir pada sosok Ali Fauzi. Hal ini dibuktikannya saat memutuskan untuk bergabung dengan Negara Islam Malaysia pada 1991. Ia juga tunduk dan berbaiat pada Abu Bakar Ba’asyir sebanyak dua kali. Yaitu Negara Islam Indonesia (NII) dan Jamaah Islamiyah pada tahun 1994. Tak cukup disitu, Ali Fauzi juga masuk menjadi anggota Specialist Elite Force for Demolition and Land Mines dari kelompok Abu Sayyaf, Filipina pada 1997. Ia juga terlibat dengan beberapa konflik seperti Ambon dan Poso.

Dikenal sebagai ahli pembuat bom yang handal

Dikenal ahli menciptakan bom [sumber gambar]
Pengalamanya menjadi anggota organisasi radikal, membuat Ali Fauzi sangat paham dengan dunia militer. Ia pun sempat didapuk menjadi istruktur untuk memberikan pelatihan kombatan pada anggota baru. Salah satunya adaah merakit bom yang memang menjadi spesialisasinya. Terbukti, peristiwa bom bali yang begitu dahsyat dan memakan banyak korban jiwa, menjadi saksi atas tangan dinginnya dalam urusan racik meracik peledak.

 

Dirikan yayasan untuk menyadarkan mereka yang terlibat kasus terorisme

Jadi duta perdamaian [sumber gambar]
Setelah insyaf dan memutuskan berhenti dari kegiatannya sebagai anggota radikal, Ali Fauzi kini membuka sebuah lembaga khusus yang menangani mantan napi terorisme. Organisasi yang bernama Yayasan Lingkar Perdamaian itu, memusatkan kegiatannya secara murni untuk perdamaian. “Dulu memang kami berlawanan dengan polisi. Sekarang kami berkawan, bersinergi dalam memberantas dinamika dan fenomena terorisme di Indonesia serta mereduksi paham-paham radikal,” ujar Ali seperti yang dilansir dari sindonews.com.

Bekerjasama dengan Polri dan mendapatkan penghargaan

Mendapatkan penghargaan [sumber gambar]
Atas jasa-jasanya menangani segala bentuk radikalisme yang berkembang di Indonesia, Ali Fauzi pun mendapatkan penghargaan dari Kapolda Jabar, Anton Charilyan pada 2017 silam. Ia dinilai telah berjasa dalam menangkal arus dan paham ekstrim serta menyadarkan kembali, bagi mereka yang sempat tersangkut kasus terorisme. Ali Fauzan yang mendapatkan penghargaan Honorary Police tersebut, kini menjadi staff ahli untuk Polri. Khususnya dalam menangani masalah terorisme di Indonesia.

Meski sempat terjerumus ke dalam jalan yang salah, Ali Fauzan akhirnya berubah haluan menjadi sosok yang lebih baik. Bahkan, ilmunya tentang pembuatan bom pun ia paparkan agar menjadi pelajaran bagi pihak kepolisian. Tapi awas ya Saboom. Jangan ditiru untuk buat bom lagi.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Kalahkan Rusia, Inilah Kisah Sukses Wanita Grobogan Menjadi Pemanjat Tebing Terbaik Dunia

Ini 5 Buktinya Jika Puasa Itu Mencerdaskan Otak dan Membuat Hidupmu Lebih Teratur