in

Cerita Vasily Blokhin, Algojo Paling Ganas di Dunia karena Lenyapkan Ribuan Nyawa Seorang Diri

Menjalani profesi sebagai algojo yang bertugas mencabut nyawa manusia karena dianggap bersalah, mungkin bukan menjadi sebuah pekerjaan yang diinginkan oleh kebanyakan orang. Namun, hal tersebut tak berlaku bagi sosok perwira Uni Soviet (kini Rusia) bernama Vasily Blokhin.

Pria satu ini nampaknya cukup menikmati posisinya. Hal ini terbukti dari rekam jejaknya sebagai eksekutor paling produktif yang pernah ada. Setidaknya ribuan nyawa manusia melayang di tangannya, seorang diri. Uniknya, hal yang dilakukannya adalah legal karena perintah dari Stalin di masa itu.

Algojo resmi negara yang mencabut ribuan nyawa dengan tangannya sendiri

Vasily Blokhin, lelaki kelahiran Suzdal, 7 Januari 1895 itu kelak dikenal sebagai algojo terganas di dunia. Bahkan hingga beberapa puluh tahun kemudian, namanya masih terkenang atas rekam jejaknya yang kelam tersebut. Semua berawal saat Blokhin masuk ke dinas kemiliteran.

Vasily Blokhin sang eksekutor [sumber gambar]
Sebagai prajurit yang mengabdi pada Kekaisaran Tsar Nicholas II, ia berperan penting dalam melenyapkan tahanan yang dianggap sebagai musuh negara. Saat Joseph Stalin memegang kekuasaan tertinggi, Vasily ditunjuk sebagai kepala eksekutor hukuman mati di NKVD (Komisariat Rakyat untuk Urusan Dalam Negeri), yang dilegalkan oleh hukum.

Operasi Great Purge yang melambungkan citranya sebagai algojo profesional

Nama Blokhin mulai tercatat sebagai algojo saat pemerintahan Stalin melancarkan Operasi Great Purge (1936-1938), yakni sebuah gerakan radikal untuk melenyapkan lawan-lawan politik sang diktator yang dianggap mengganggu pemerintah. Sebagai kepala algojo, Blokhin kerap hilir mudik ke dalam penjara untuk mengeksekusi tahanan.

Ilustrasi operasi Great Purge [sumber gambar]
Blokhin dan timnya bekerja tanpa jeda selama sepuluh jam setiap malam dan mengeksekusi rata-rata satu tahanan setiap tiga menit. Sebanyak 24–25 parit berukuran total delapan hingga sepuluh meter, digali oleh buldoser untuk mengubur mayat-mayat pada malam hari yang kemudian diuruk tanah sebelum fajar tiba.

Sosok yang bertanggung jawab di balik peristiwa pembantaian di hutan Katyn

Vasily Blokhin tercatat telah mengeksekusi puluhan ribu tahanan dengan tangannya sendiri. Termasuk pembunuhan sekitar 7.000 tahanan perang Polandia di hutan Katyn pada musim semi 1940. Kelak, peristiwa ini dikenang sebagai The Katyn Massacre atau pembantaian Katyn. Jumlah korban saat itu diperkirakan mencapai sekitar 22.000 orang.

Pada saat itu, Vasily berpangkat mayor NKVD yang bertugas mengeksekusi para perwira Polandia dari kamp Ostashkov. Bahkan, dirinya percaya secara pribadi diminta melakukan pembunuhan yang diperintahkan oleh atasannya dan mengawasi setiap eksekusi yang dilakukan.

Eksekutor  yang tercatat dalam rekor dunia

Selama menjalankan aksinya, Blokhin digambarkan kerap mengenakan seragam khusus, yang terdiri dari topi kulit, celemek kulit panjang, dan sarung tangan hingga siku. Tak lupa, ada tas kerja berisi pistol Walther PPK pribadinya yang digunakan untuk mengeksekusi tahanan.

Vasily Blokhin memanggul senapan [sumber gambar]
Rekor Blokin tercatat pada pembantaian 7.000 orang dalam 28 hari yang dianggap sebagai pembunuhan massal paling terorganisir yang pernah dilakukan oleh satu orang. Ia pun dinobatkan sebagai pemegang Rekor Guinness Dunia sebagai ‘Eksekutor Paling Produktif’ pada tahun 2010.

Akhir hayat yang menyedihkan bagi sang algojo

Meski sempat dianggap ‘berjasa’ bagi negara, karir Blokhin akhirnya terhenti setelah keruntuhan pemerintahan Stalin. Semua pangkat dan posisinya di militer dilucuti dalam kampanye de-Stalinisasi oleh pemerintahan Nikita Khrushchev yang naik ke tampuk kekuasaan. Cap Stalinis pada Blokhin membuat kehidupannya sangat dipersulit pada saat itu.

Vasily semasa hidup (kiri) dan makamnya (kanan) [sumber gambar]
Blokhin yang menjadikan minuman keras sebagai pelarian, akhirnya berubah sebagai pecandu alkohol. Rasa fustrasinya itu semakin bertambah lantaran teringat akan ribuan nyawa yang ia bunuh di masa lalu. Perasaan bersalahnya itu kerap menghantui hingga ia di temukan meninggal dunia pada 3 Februari 1955. Laporan resmi pemerintah yang menyelidiki mencatat hal tersebut sebagai kematian akibat bunuh diri.

BACA JUGA: Ngeri! Inilah 5 Algojo Pembantai Manusia Paling Sadis di Dunia, No.2 dari Indonesia

setelah era Nikita Khrushchev berakhir di penghujung 1960-an, pangkat dan medali Order of the Red Banner yang dianugerahkan pada tanggal 27 April 1940 dikembalikan pada Blokhin. Namanya pun dipulihkan dan direhabilitasi oleh negara sebagai salah satu bagian sejarah Uni Sovyet. Kini, algojo paling produktif dalam sejarah itu dimakamkan di kompleks pemakaman Novodevich secara terhormat.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Tangani Kasus Ahok hingga Novel Baswedan, Inilah Jaksa Fedrik Adhar yang jadi Sorotan

5 Alasan Kenapa Cowok Punya KLX Pasti jadi Incaran Para ABG Zaman Now