in

Dianggap Menjijikan, Bekicot di Prancis Justru Jadi Makanan dengan Harga Selangit

Kracak Vs Escargot [Sumber gambar]

Ada beberapa makanan yang beda penyebutan dan beda harga namun berasal dari bahan yang sama. Misalnya saja, nasi pecel di Indonesia bisa didapat Rp8000-an per porsi, sementara di Negara lain harganya bisa mencekik dompet saking mahalnya.

Fenomena yang sama juga dialami oleh bekicot. Kamu tentu tau bukan hewan berlendir yang lebih sering disebut sebagai hama ini. Di Indonesia bekicot bahkan hanya dijadikan umpan untuk memancing atau makanan ikan, tidak istimewa sama sekali. Tetapi beda lagi jika kamu ingin menyantap makanan ini di Prancis.

Peternakan Bekicot [Sumber gambar]
Walaupun terkesan menjijikkan bagi sebagian orang, di desa-desa Indonesia masih banyak yang menjual dan memakan hewan ini kok. Bekicot lebih sering disebut dengan ‘karacak’. Cara memasaknya mudah, sebelum dimasak mereka harus direbus terlebih dahulu agar hilang lendirnya.

Lalu, hanya dicampur dengan saus yang terbuat dari bawang putih, peterseli, dan mentega rasanya akan sama seperti kerang. Selanjutnya memakannya harus dengan mencongkel agar ia keluar dari cangkangnya.

Berbeda dengan kracak Indonesia yang tak begitu terkenal, di Prancis hewan melata ini malah menjadi menu mewah dan mahal, namanya Escargot. Orang-orang Prancis mengatakan rasanya sangat lezat, bahkan ada restoran-restoran tertentu yang disediakan khusus untuk penikmat escargot.

Kracak Vs Escargot [Sumber gambar]

Selain rasa yang katanya lezat, harganya juga tak kalah mahal. Per  biji yang sudah direbus saja bisa mencapai Rp10000 rupiah. Itu artinya, jika ingin membeli 10 ekor, kamu harus merogoh kocek sebesar seratus ribu. Untuk yang sudah berbentuk hidangan, mereka akan bertambah mahal.

Untuk memenuhi permintaan warganya akan bekicot, Prancis memiliki peternakannya sendiri. Namun, hal tersebut ternyata tetap tidak mencukupi. Oleh karenanya, mereka mengimpor dari berbagai negara termasuk Indonesia (Kediri, Jawa Timur).

Olahan bekicot rebus [Sumber gambar]
Setelah diteliti, bekicot memang memiliki kandungan yang luar biasa bermanfaat untuk kesehatan. Ekstrak daging bekicot dan lendirnya diduga sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti radang selaput mata, sakit gigi, gatal-gatal, jantung, asma, sakit ginjal, TBC, anemia, diabetes, sembelit dan mencegah influenza, seperti dilansir dari khasiat.co.id.

Nah, ternyata tak selamanya yang dianggap hama dan tak berguna itu tak memiliki manfaat ya Sahabat Boombastis, bekicot ini buktinya. Walaupun harganya murah, di Prancis ia malah dianggap makanan mahal dan mewah. Tapi, jika dilihat dari manfaat yang ia berikan, apa salahnya untuk mencoba memakan bekicot ini.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Suka Capture Percakapan di WhatsApp? Ada Hukuman yang Bakal Menghampiri Kalian

Seperti Tertimpa Durian Runtuh, 5 Hadiah Ini Buat Masa Depan Muhammad Zohri Cemerlang