in

Mirip Kejadian di Kongo, Inilah 4 Fakta Kemunculan Emas Secara Misterius di Maluku

Beberapa waktu yang lalu, netizen dunia sempat heboh dengan ditemukannya gunung emas di Kongo. Bagaimana tidak, banyak orang yang akhirnya berburu logam mulia di sana biar jadi kaya. Apalagi banyak yang mengatakan kalau kandungan emasnya sangat tinggi dan pastinya bisa bikin auto kaya.

Namun siapa sangka kalau hal serupa juga terjadi di Indonesia, tepatnya di salah satu daerah di Maluku ditemukan emas yang tersebar di pesisir pantai. Alhasil warga pun berbondong-bondong datang supaya dapat kebagian rezeki dadakan ini. Lalu sebenarnya dari mana emas ini berasal? Nah biar gak penasaran simak ulasan di bawah ini.

Penemuan emas pertama di pantai Maluku

Beberapa waktu yang lalu di sisi selatan Pulau Seram, Pantai Namanan Maluku, sedang ramai dikunjungi warga. Pasalnya ditemukan kandungan emas yang akhirnya memancing warga setempat untuk berburu logam mulia itu di sana. Dilansir dari laman Tribunnews, penemuan pertama emas ini oleh seorang warga bernama Syarifah Arey bersama kedua saudaranya yang tak sengaja menemukan emas.

Emas di Seram [sumber gambar]
Tak lama kemudian, ada warga lain pula yang menemukan logam mulia serupa di pesisir pantai. Akhirnya warga lain pun ikut berdatangan berburu emas di sana setelah dua kejadian sebelumnya. Sampai saat ini daerah dekat pesisir pantai itu masih ramai dikunjungi oleh warga.

Dianggap berasal dari laut hingga mesti diamankan

Banyak warga yang tidak tahu-menahu mengenai asal dari emas itu. Banyak yang menyangka berasal dari laut atau pasir di pantai. Meskipun begitu, hal itu rupanya tidak mengurungkan niat para warga untuk berburu emas di sana. Akhirnya, beberapa personel polisi pun dikirimkan untuk menjaga agar keadaan bisa tetap kondusif.

Ramai didatangi orang [sumber gambar]

Uniknya, warga tidak akan mengaku jika memang menemukan emas pada orang lain, meskipun ditanya oleh pihak berwajib. Takutnya emas yang mereka temukan akan diambil oleh orang asing atau oknum yang mengaku-ngaku sebagai petugas. Mereka baru menunjukkan emasnya ketika sampai di rumah.

Bukan dari laut, kemungkinan dari tebing

Meskipun awalnya warga mengira emas tersebut berasal dari laut, namun beberapa ahli menyangkal hal tersebut. Dilansir dari laman Tribunnews, seorang ahli pertambangan bernama Yusthinus mengatakan kalau tak ada kandungan emas yang berasal dari sedimen laut.

Sampai dikawal Polisi [sumber gambar]
Kemungkinan, emas di Maluku ini berasal dari tebing yang terkikis atau longsor. Akhirnya emas ini terbawa dari atas hingga berada di pesisir pantai hingga seperti sekarang. Teori kedua, mengatakan kalau emas berasal dari aktivitas vulkanik. Meskipun begitu butuh waktu sangat lama, bahkan miliaran tahun hingga bisa terbentuk emas seperti yang terjadi di pesisir pantai di Maluku ini.

Teori emas dari batuan metamorf juga bisa terjadi

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) juga memiliki teori tersendiri mengenai asal dari emas yang tiba-tiba muncul di Maluku ini. Dilansir dari laman CNN, adanya emas di sana diperkirakan dari batuan metamorf yang mengalami beberapa proses.

Teori terbentuknya emas [sumber gambar]
Lalu kandungan emas terlepas dari batuan metamorf dan berkumpul dengan ion emas yang lainnya, kemudian tersebar di sungai atau pesisir pantai. Namun demikian LIPI masih belum mengentahui mengenai berapa jumlah kandungan emas yang ada di sana. Meskipun belum diketahui, tapi hal itu tidak mengurungkan niat warga untuk mencari emas dengan berbekal cangkul, sekrop dan alat-alat sederhana lainnya.

BACA JUGA: Inilah 4 Fakta Gunung Emas di Kongo yang Mendadak Muncul dan Dihubungkan dengan Akhir Zaman

Adanya emas yang tiba-tiba muncul ini memang mengingatkan kita dengan kejadian yang ada di Kongo. Namun demikian, jangan sampai adanya emas ini malah menimbulkan rebutan hingga pertikaian. Apalagi kalau sampai berbuat tindak kejahatan karena ingin merebut milik orang lain.

 

Written by Arief Dian

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

Cara Meraih Untung Jualan Salmon Mentai yang Sedang Diminati

10 Amalan di Bulan Ramadan yang Diyakini Menjadi Penghapus Dosa